fbpx

Bagaimana Menjadi Efektif Saat Kerja Jarak Jauh Dari Bali

 In Article

Bagaimana Menjadi Efektif Saat Kerja Jarak Jauh Dari Bali – Kerja jarak jauh menjadi salah satu solusi tepat yang dapat dilakukan selama pandemi. Karena itulah banyak orang yang melakukan work from bali. Baik itu karena mereka tinggal di kawasan Bali atau memang memiliki penempatan kerja di lokasi tersebut.

Suasana Bali dan Pengaruhnya Bagi Dunia Kerja

Berbicara mengenai Bali, tentunya Anda akan langsung berpikir mengenai liburan dan suasana alam yang menyenangkan. Faktanya Bali bukan hanya digunakan sebagai tempat untuk berlibur saja. Karena banyak pula orang yang mengunjungi atau bahkan tinggal di Bali hanya untuk mendapatkan pekerjaan.

Bagaimana Menjadi Efektif Saat Kerja Jarak Jauh Dari Bali

Akan tetapi, karena Bali identik dengan tempat liburan. Tentunya menyelesaikan pekerjaan dari tempat tersebut pun bukan perkara mudah. Pasalnya banyak sekali godaan yang membuat Anda enggan untuk menyelesaikan pekerjaan.

Tips Melakukan Kerja Jarak Jauh Dengan Lebih Efektif

Merujuk pada hal tersebut berikut ini penulis sajikan beberapa tips yang dapat Anda ikuti ketika bekerja dari jarak jauh. Sehingga Anda yang diharuskan bekerja dari Bali pun dapat menyelesaikan pekerjaan dengan fokus dan lebih mudah. Berikut beberapa tipsnya :

1. Menentukan jadwal kerja

Work from bali tentunya akan berbeda dengan pekerjaan yang Anda lakukan secara langsung. Baik itu jenis pekerjaan yang dilakukan dari kantor atau bahkan tempat kerja lainnya. Dalam hal ini, jenis pekerjaan tersebut dilakukan dari jarak jauh, artinya lokasi pekerjaan tidak dekat dengan kantor utama yang dimilikinya.

Meski demikian, sebagai pekerja Anda tetap harus melakukan pekerjaan sesuai dengan tugas yang Anda miliki. Jangan biarkan Anda terlena dan tidak mengikuti jadwal pekerjaan yang ada. Hal ini umumnya terjadi karena Anda merasa memiliki banyak waktu luang, sehingga banyak waktu terbuang dengan percuma.

Padahal jika Anda ingin melakukan pekerjaan dengan lebih efektif. Tentunya akan sangat baik jika Anda melakukan pekerjaan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Baik itu jadwal yang telah ditetapkan oleh pihak perusahaan atau bahkan jadwal pekerjaan yang Anda buat sendiri.

2. Menjaga rutinitas

Hal lainnya yang juga harus Anda perhatikan untuk melakukan pekerjaan dengan lebih efektif adalah rutinitas. Sekalipun pekerjaan yang Anda miliki dilakukan dari jarak jauh, namun pastikan untuk menentukan rutinitas dengan tepat.

Dalam hal ini, Anda dapat membuat rutinitas lengkap. Dimulai dari rutinitas dalam menyelesaikan pekerjaan kantor, pekerjaan rumah, menentukan waktu istirahat dan lainnya. Dengan rutinitas yang dilakukan secara tepat, tentunya waktu yang Anda miliki pun akan dihabiskan untuk melakukan pekerjaan dengan efektif.

3. Mendapatkan umpan balik dengan jelas dan berkelanjutan

Hal lainnya yang dapat membantu Anda untuk melakukan pekerjaan dengan lebih efektif sekalipun dari jarak jauh adalah adanya umpan balik. Karena dalam pekerjaan itu sendiri tentunya tidak hanya berkaitan dengan proses saja, tetapi juga berkaitan dengan hasil yang diberikan.

Jika Anda melakukan pekerjaan secara terus-menerus. Tanpa tahu seperti apa hasil yang telah Anda kerjakan, kemudian apakah benar atau tidak. Tentunya Anda pun akan merasa malas atau pun enggan untuk melanjutkannya bukan?

Karena itulah pastikan untuk mendapatkan umpan balik dari setiap pekerjaan yang telah Anda lakukan. Dalam hal ini, Anda dapat memeriksakan hasil pekerjaan Anda pada atasan. Bahkan untuk menjadikan hasil pekerjaan Anda lebih baik, Anda juga dapat meminta masukan / saran pada rekan kerja lainnya.

Dengan adanya umpan balik, baik itu dari atasan atau bahkan rekan kerja lainnya. Tentunya akan menjadikan Anda lebih semangat dalam menyelesaikan pekerjaan. Sehingga tidak ada lagi waktu yang terbuang secara sia-sia.

4. Menjaga komunikasi

Hal lainnya yang juga tidak boleh Anda lewatkan ketika work from bali adalah menjaga komunikasi dengan rekan kerja lainnya. Komunikasi menjadi bagian penting, karena bukan hanya berkaitan dengan pekerjaan saja. Tetapi juga dapat melepaskan penat dengan mudah.

Dengan komunikasi yang lancar, tentunya setiap pekerjaan atau bahkan tugas yang dimiliki pun dapat diselesaikan dengan mudah. Pasalnya Anda dapat meminta bantuan, masukan atau bahkan saran dari teman dan orang terdekat.

Selain itu, dengan menjaga komunikasi, Anda juga tidak akan merasa sendiri. Utamanya jika Anda berada dalam jarak yang jauh dengan orang-orang terdekat Anda.

5. Lakukan tatap muka

Tatap muka dikenal sebagai cara paling efektif untuk menjadikan kerja dari jarak jauh berjalan dengan lancar dan mudah. Namun jika hal yang satu ini tidak memungkinkan. Seperti halnya ketika lokasi kerja yang berbeda, misalkan antara Bali dan Bandung.

Tentunya ada cara mudah yang dapat Anda lakukan untuk tetap bertatap muka. Cara tersebut dapat dilakukan dengan mengandalkan penggunaan teknologi canggih. Seperti halnya melakukan rapat secara online atau video call.

Dengan kegiatan tersebut bukan hanya satu atau dua orang saja yang dapat melakukan tatap muka. Tetapi Anda dan seluruh rekan kerja lainnya pun dapat saling menyapa dengan mudah.

Itulah kiranya penjelasan singkat mengenai tips atau pertimbangan cara efektif untuk kerja jarak jauh work from bali.

Leave a Comment

whatsapp Rent Office Space
whatsapp Rent Apartment