fbpx

Tetap Optimal Dalam Bekerja Meski Work from Bali

 In Article

Tetap Optimal Dalam Bekerja Meski Work from Bali – Ketika perusahaan di seluruh dunia dipaksa untuk melakukan telecommuting ditengah pandemi COVID-19, banyak orang bergulat dengan kenyataan bekerja rumah dalam kurun waktu yang cukup lama.

Meski diawal hal ini terdengar melegakan karena kalian tidak perlu datang ke kantor seperti biasanya, namun ternyata ini jauh lebih sulit dari sekedar laptop dan konferensi call. Misalnya, apa pengaruh bekerja dari rumah terhadap kinerja, produktivitas, dan kreativitas Anda?

Setelah maraknya perusahaan menerapkan work from home bagi para karyawannya, kini muncul lagi istilah baru yang sedang digadang-gadangkan pemerintah. Setelah dipantau, ternyata kebanyakan karyawan yang melakukan work from home ”melarikan diri” ke Bali.

Tetap Optimal Dalam Bekerja Meski Work from Bali

Hal ini disinyalir karena selagi bekerja, mereka juga dapat sambil menikmati keindahan dan ketenangan pulau Bali yang tidak ada tandingannya ini.

Lahirlah istilah work from Bali. Kegiatan kerja jarak jauh yang dilakukan di pulau Bali ini tentu sangat menarik minat para karyawan yang mulai jenuh dengan suasana kota besar namun harus tetap menjalankan tugasnya sebagai karyawan.

Tetapi, meski kalian melakukan work from Bali, pasti ada masanya yang akhirnya mengakibatkan kualitas kerja kalian menurun. Memang mungkin tidak semua karyawan yang melakukan work from Bali mengalaminya, namun ada baiknya jika kita mencegah agar kedepannya kinerja kalian dalam bekerja selalu terjaga.

Mengoptimalkan Kinerja Work From Bali

Jadi jika kalian bekerja dari jarak jauh atau bahkan work from Bali, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengoptimalkan kinerja kalian.

Ayo kita simak dibawah ini!

Ingatkan Diri Kalian Untuk Berbicara dengan Tim

Jika kalian sedang dalam posisi sebagai leader dalam suatu tim, sangat disarankan untuk selalu memeriksa dan menanyakan keadaan masing-masing tim kalian. Mungkin memang benar bahwa tidak semua orang unggul dalam tugas-tugas kreatif saat bekerja secara jarak jauh. Maka dari itu, tawarkanlah bantuan jika ada dari mereka yang mengalami kesulitan. Tanyakan bagaimana kabar dan tetaplah untuk selalu menjaga komunikasi antar tim dalam keadaan baik. Bila memang hasilnya tidak optimal, setidaknya kalian sudah berusaha menunjukan kepedulian. Bisa saja ada satu diantara mereka yang memang benar-benar membutuhkan dukungan saat pikiran sedang buntu.

Break Up Your Day

Hal ini sebetulnya lebih mengarah ke jangan pernah menyerah. Semangatlah menjalani hari-harimu. Meski kalian menemukan kesulitan dalam pekerjaan dan bahkan sudah mencoba dengan program work from Bali namun tidak berhasil? Tenanglah!

Selingi pekerjaan kalian dengan hanya mampir untuk berjalan-jalan keluar menghirup udara segar. Banyak tempat yang bisa kalian kunjungi selama work from Bali. Bahkan jika ingin, kalian bisa melakukannya dimana saja kalian mau. Work from Bali konsep tidak sekedar bekerja secara jarak jauh dari tempat penginapan kalian selama di Bali.

Bekerja Dengan Penuh Siasat

Pernahkah kalian mendengar istilah ”work hard”? Hal ini biasa ditujukan kepada karyawan yang disarankan untuk bekerja keras dan selalu totalitas dalam setiap pekerjaannya.

Namun, jika kalian cukup pintar untuk mengerti, yang harusnya diterapkan adalah work smart.

Mengapa demikian? Karena, kitalah yang mengatur pekerjaan kita. Bekerjalah dengan efisien dan efektif. Selama work from Bali, pastinya pikiran kalian akan terbagi dengan pekerjaan yang harus diselesaikan dan daftar tempat yang ingin kalian kunjungi.

Kerjakan yang mana perlu dikerjakan terlebih dahulu, aturlah waktu kalian antara pekerjaan dan kehidupan pribadi. Tetaplah bekerja sesuai porsi dan waktu kerja yang seharusnya. Karena kalian tentu masih membutuhkan waktu untuk menyelingi diri dari beban pekerjaan.

Positif Thinking

Pada saat work from Bali, kalian biasanya akan menemukan diri kalian yang terlalu larut dengan suasana pulau yang damai dan di penghujung hari akan mendapati diri kalian tidak produktif dan maksimal dalam pekerjaan.

Tidak perlu khawatir. Tetaplah fokus dan bekerja dengan porsi yang tepat.

Jalani hari kalian dengan maksimal baik dalam pekerjaan maupun berlibur.

Work from Bali tentu adalah suatu hal yang dapat menyeimbangkan pekerjaan kalian. Meski beban pekerjaan berat namun akan terasa lebih ringan jika dilakukan dengan latar

belakang pemandangan sesuai yang kalian inginkan. Misalnya saja di pantai, sawah, gunung atau mungkin sungai. Bukanlah hal yang sulit untuk menemukan tempat-tempat semacam itu di pulau Bali.

Belajar Dari Pengalaman

Selama work from Bali tentu saja kalian mungkin tidak akan bisa untuk mampir ke kantor meski dalam keadaan darurat. Karena ini berarti kalian melakukan semuanya secara jarak jauh. Inilah saat yang tepat bagi kalian untuk menunjukkan kemampuan kalian kepada atasan. Meskipun melakukan work from Bali, secara online dan disuguhi dengan suasana liburan, kalian tetap bekerja secara maksimal.

Pembuktian kinerja selama work from Bali kepada atasan biasanya dapat memicu motivasi kita dalam bekerja. Namun ingat jangan sampai kalian terobsesi. Tetaplah berpegang pada integritas dalam bekerja.

Leave a Comment

whatsapp Rent Office Space
whatsapp Rent Apartment