fbpx

Tips Tetap Fokus Saat Work From Home

 In Article

Tips Tetap Fokus Saat Work From Home – Ketika bekerja di kantor pasti ada saja hal yang menggangu, sehingga dapat merusak fokus. Entah itu dikarenakan kemacetan di jalan atau masalah pribadi. Hal tersebut juga berlaku jika Anda bekerja secara WFH atau work from home. Yang mana bekerja dari rumah kini sudah diterapkan oleh sebagian banyak perusahaan di Indonesia, seperti halnya di Bali.

Tips Tetap Fokus Saat Work From Home

Bekerja tidak fokus jika dibiarkan terlalu lama akan menjadi sebuah kebiasaan dan tidak akan berdampak baik pada pekerjaan. Nah, maka dari itu penting sekali untuk mengetahui tips agar bisa tetap fokus saat work from Bali (WFB), sebagaimana berikut ini ulasan lengkapnya.

Tips Tetap Fokus Saat Work From Home

Buatlah Suasana Kerja Produktif

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya salah satu faktor penyebab hilangnya fokus saat bekerja yaitu adanya permasalahan pribadi atau hal lainnya. Selain itu, lingkungan yang berantakan atau terlalu ramai juga bisa merusak fokus saat bekerja dari rumah. Nah, maka dari itu pastikan jika lingkungan rumah selalu dalam keadaan tenang. Seperti halnya bekerja di halaman belakang atau membuat ruangan khusus yang kedap suara.

Selain itu, bisa juga untuk sesekali memutuskan bekerja di coworking seperti cafe untuk meningkatkan produktivitas saat bekerja. Pasalnya untuk bekerja dari rumah Anda tidak terikat dengan aturan ketat sebuah perusahaan, sehingga Anda bisa memilih dimanapun tempat kerja asalkan bisa fokus.

Buatlah Rutinitas Harian

Setelah memutuskan mana tempat yang cocok untuk bekerja dari rumah, kini saatnya anda untuk membuat sebuah rutinitas harian. Tips yang dimasukkan di sini yaitu Anda bisa memilih hari apa yang paling tepat untuk membuat ide-ide baru serta menyelesaikan pekerjaan yang berat.

Dengan kata lain bekerja dari rumah bisa dilakukan kapanpun atau secara fleksibel. Yang mana bekerja secara fleksibel ini banyak orang yang membuktikan jika dapat meningkatkan produktivitas dalam bekerja. Lebih tepatnya buatlah jadwal waktu yang paling tepat untuk work from Bali seperti halnya di pagi hari setelah berolahraga.

Berpakaian yang Baik

Tips selanjutnya harus anda perhatikan agar tetap fokus dalam bekerja yaitu dengan berpakaian rapi. Memang Hal ini terlihat sangat sederhana, tetapi sudah banyak orang yang membuktikan cara ini cukup ampuh untuk meningkatkan produktivitas dalam bekerja. Hal ini bertujuan agar anda tetap sadar dan merasa tetap bekerja sekalipun dari rumah.

Berbeda bagi sebagian orang yang justru bekerja dari rumah menggunakan pakaian ala kadarnya seperti piyama, sehingga rasa ingin bermalas-malasan akan selalu terpikirkan. Tidak harus terlalu resmi pakaian yang digunakan. Setidaknya gunakan pakaian yang pantas dan rapi jika digunakan untuk keluar seperti hanya kemeja.

Tetapkan Waktu Kerja

Nah, agar work from Bali bisa tetap fokus, tips selanjutnya harus dilakukan yaitu menetapkan waktu kerja. Yang mana waktu kerja ini bisa anda tentukan mulai dari kapan bangun tidur, mulai bekerja hingga mengakhirinya. Keuntungan yang bisa didapatkan jika anda menerapkan tips ini yaitu dapat membantu agar tetap tepat waktu dalam segala hal.

Disini anda bisa mencatat waktu kerja pada sebuah dinding untuk mengingatkan kapan waktu bekerja dengan tepat. Cara ini memang terlihat cukup sederhana, tetapi jika dilakukan secara terus-menerus bisa meningkatkan efektivitas dalam bekerja.

Minimalisir Gangguan Online

Gangguan online pada saat bekerja dari rumah memang mudah sekali terjadi. Maka dari itu, setelah menentukan waktu kerja alangkah baiknya jika mematikan berbagai perangkat lainnya yang tidak dibutuhkan. Seperti halnya menghapus semua halaman yang dapat menganggu layar monitor. Selain itu, bisa juga menggunakan aplikasi pengatur waktu untuk mengingatkan agar cepat menyelesaikan pekerjaan.

Nah, barulah di saat istirahat dapat menggunakan perangkat lain untuk merefresh pikiran. Ingat ya, meskipun bekerja di rumah tetap dibutuhkan waktu istirahat agar nantinya bisa lebih fokus untuk memulai pekerjaan lagi.

Bangun Komunitas Dalam Satu Pekerjaan

Nah, tips terakhir yang harus diperhatikan agar bisa tetap fokus dalam work from Bali (WFB) yaitu dengan membangun komunitas dalam satu pekerjaan. Pasalnya saat bekerja dari rumah kita akan sering merasa kesepian, sehingga dengan membangun sebuah komunitas yang masih satu lingkup dengan pekerjaan sangatlah dibutuhkan.

Selain itu, bisa juga dengan membangun komunitas dengan hobi yang sama untuk memberikan efek menyenangkan, sehingga dapat meningkatkan fokus dalam bekerja. Setidaknya komunikasi yang ada bangun ini bisa menjadi salah satu tempat untuk saling sharing tentang pekerjaan atau hal lainnya yang dapat mengembangkan pikiran. Apalagi saat ini sudah banyak sekali komunitas-komunitas yang mungkin sesuai dengan hobi yang dimiliki.

Jadi bagaimana, tips menjaga fokus dalam bekerja dari rumah sangatlah mudah bukan? Pasalnya yang membuat sulit untuk fokus yaitu dari niat serta lingkungan yang sama sekali tidak mendukung. Selain itu, Anda juga bisa menjadikan bekerja dari rumah terasa sangat menyenangkan dengan menerapkan beberapa tips tersebut.

Leave a Comment

whatsapp Rent Office Space
whatsapp Rent Apartment