fbpx

5 Tips Lancar Kerja Saat Work From Bali

 In Article

5 Tips Lancar Kerja Saat Work From Bali – Kesempatan untuk melakukan telework atau kerja jarak jauh membuat orang-orang tertarik untuk menghindari hiruk pikuk kawasan urban. Tren work from Bali mulai muncul karena banyak orang yang tinggal di wilayah urban memilih untuk menghabiskan waktu kerja di Bali. Mereka merasa bahwa waktu bekerja akan menjadi tidak terlalu menekan ketika dihabiskan di Pulau Dewata.

5 Tips Lancar Kerja Saat Work From Bali

Namun, tentunya tidak semua hal selalu berjalan sesuai rencana. Terkadang, permasalahan bisa muncul ketika melakukan work from Bali. Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memastikan bahwa kegiatan kerja jarak jauh ini lancar, sekalipun Anda berada jauh dari lokasi. Tips-tips berikut dapat diaplikasikan di dalam pekerjaan sehari-hari:

Melakukan Koordinasi dengan Kolega dan Bawahan Terlebih Dahulu

Seseorang yang bekerja di perusahaan biasanya bukan merupakan pemain tunggal. Di dalam organisasi, terdapat hierarki yang diikuti. Setiap pegawai akan bekerja secara bersamaan untuk mencapai tujuan dari departemen tempat ia bernaung. Karena itu, ketika Anda memutuskan untuk melakukan work from Bali, informasi tersebut tidak bisa disimpan untuk diri sendiri. Semua kolega, atasan, dan bawahan perlu mengetahuinya.

Ketika semua orang mengetahui di mana posisi Anda, maka akan lebih mudah untuk melakukan koordinasi terkait dengan pekerjaan. Hal ini juga memudahkan orang lain yang kemungkinan juga memutuskan untuk melakukan telework dari lokasi lain. Koordinasi kerja yang baik antar anggota organisasi akan membuat proses telework berjalan dengan lancar karena semua saling memahami.

Membuat Sistem Kerja yang Berbasis Online dan Remote

Selain melakukan koordinasi, karena saat ini kerja dilakukan dengan telework, maka selayaknya jika sistem kerja dibuat berbasis online. Hal ini berarti bahwa data-data kantor perlu didigitalisasi. Selain itu, perlu ada sistem sinkronisasi sehingga data selalu diperbarui setiap ada pegawai yang membuat perubahan. Semua orang dalam perusahaan, tergantung levelnya, harus bisa mengakses data tersebut dari mana saja.

Saat ini sudah banyak perusahaan yang menerapkan sistem seperti itu karena lebih hemat secara finansial. Perusahaan tidak perlu mencetak data-data yang diperlukan. Keamanan data menjadi hal pokok yang perlu diperhatikan oleh perusahaan. Sangat banyak platform yang menyediakan sistem group work seperti ini. Platform tersebut bahkan mampu membatasi akses orang di luar institusi.

Menyusun Jadwal danĀ  Kerja Sehari-hari

Agar work from Bali berjalan lancar, Anda perlu menyusun jadwal dan target kerja sehari-hari. Suasana Bali merupakan jenis suasana untuk bersantai dan berlibur. Akan tetapi, jika Anda terlalu banyak menghabiskan waktu bersantai, tugas-tugas penting yang harus dilaksanakan bisa jadi terbengkalai. Hal ini bisa menghambat pekerjaan semua orang.

Cara yang paling mudah adalah menyusun daftar prioritas di awal hari sebelum memulai kerja. Pekerjaan dan target kerja yang perlu dicapai diurutkan sesuai dengan tingkat urgensinya. Setiap kali sebuah tugas berhasil diselesaikan, maka Anda dapat mencoretnya dari daftar. Tujuan utamanya adalah memastikan bahwa pekerja tidak melupakan tugas yang harus dikerjakan. Kedua, hal ini memberikan rasa pencapaian terhadap orang yang melakukan pekerjaan tersebut.

Memilih Tempat Tinggal Sementara dengan Fasilitas Lengkap

Sepertinya hal ini merupakan hal yang tidak bisa dibantah. Ketika tempat tinggal sementara di Bali tidak memiliki fasilitas lengkap, maka akan sulit untuk melakukan work from Bali dengan baik. Fasilitas pendukung kerja yang paling utama adalah ruang yang nyaman serta koneksi internet yang kencang dan stabil. Tanpa itu, Anda tidak akan mungkin bekerja dengan nyaman.

The Ambengan Tenten merupakan salah satu apartemen di Bali yang menawarkan hunian sementara untuk orang-orang yang membutuhkan ketenangan dari hiruk pikuk kota. Meskipun berada di pusat Bali, namun lokasinya cukup tenang. Terdapat fasilitas penunjang rekreasi seperti kolam renang dan area hijau. Tempat seperti inilah yang mendukung telework lebih lancar.

Mencari Space Tambahan untuk Bekerja Jika Mungkin

Ada orang-orang tertentu yang merasa kesulitan untuk melakukan kerja di tempat ia tinggal. Hal ini sebenarnya dapat dijelaskan secara psikologis. Ketika individu melakukan tugas-tugas profesional di ruang pribadinya, terjadi invasi privasi. Batas-batas antara tugas kerja dan kehidupan pribadi orang tersebut menjadi kabur. Jika dibiarkan, justru bisa muncul stres dalam diri orang tersebut.

Ketika memilih tempat tinggal di Bali, disarankan untuk mencari lokasi yang juga menyediakan working space. The Ambengan Tenten merupakan salah satu apartemen yang juga menyewakan working space untuk para tenant. Ukurannya beragam, mulai dari kecil hingga besar, tergantung dari kebutuhan penyewa. Biaya yang dibutuhkan pun lebih rendah dibandingkan harus menyewa ruko sendiri.

Lima tips yang dijelaskan di atas dapat membantu pekerja yang memutuskan untuk melakukan work from Bali tetap menjalankan tugasnya dengan lancar. Teleworking merupakan sebuah tren yang semakin populer terutama di era modern ini. Melakukan kerja dari tempat setenang Bali bisa meningkatkan produktivitas dan menjaga kondisi mental pekerja.

Leave a Comment

whatsapp Rent Office Space
whatsapp Rent Apartment