fbpx

Yuk Tetap Hemat Saat Work From Bali!

 In Article

Yuk Tetap Hemat Saat Work From Bali! – Program yang sedang menjadi usaha pemerintah untuk mengembalikan kehidupan sektor pariwisata Bali adalah work from Bali. Program ini diperkirakan dapat membantu para pelaku dan sektor pariwisata untuk bangkit kembali secara perlahan-lahan.

Sebuah tamparan hebat memang bagi para penduduk di pulau Bali. Sumber penghasilan yang sebagian besar berasal dari pariwisata kini redup. Hal ini pun sudah terjadi sejak awal tahun 2020 lalu dan masih berlangsung hingga kini.

Yuk Tetap Hemat Saat Work From Bali!

Melihat situasi ini, program work from Bali yang diusulkan pemerintah akhirnya menunjukkan titik terang. Para karyawan yang melakukan work from home di kota-kota besar kini mulai berbondong-bondong mengganti suasana kerja jarak jauh mereka menjadi work from Bali.

Namun, selama work from Bali selain melakukan pekerjaan jarak jauh, tentunya menghabiskan waktu dengan berlibur dan mengunjungi destinasi wisata yang ada di Bali adalah suatu keharusan.

Bagaimana caranya menghadapi situasi saat kita menghadapi keadaan finansial yang tidak mencukupi untuk mewujudkannya?

Apakah kita masih bisa tetap menikmati suasana work from Bali tanpa harus takut kehabisan uang?

Tips Tetap Hemat Saat Work From Bali

Berikut beberapa tips yang perlu kalian simak!

Siapkan Tabungan

Mempersiapkan dana di awal untuk kebutuhan pokok, tabungan, investasi ataupun dana untuk memenuhi keinginan sangatlah diperlukan. Hal ini bertujuan untuk menghadapi adanya situasi yang terjadi diluar harapan kita dan secara tiba-tiba. Jadi kalian bisa memanfaatkan dana yang sudah kalian siapkan sejak awal ini untuk hal tersebut.

Meskipun selama work from Bali mungkin kalian tinggal di penginapan yang sudah memiliki fasilitas yang cukup, tetapi ada kalanya kalian ingin mencoba sesuatu yang baru dan tentu membutuhkan biaya tambahan.

Atur Anggaran Work From Bali

Penyisihan dana untuk kebutuhan utama seperti menyewa hunian, biaya transportasi dan juga makan selama work from Bali adalah keharusan. Setelah menyisihkan dana dibagian itu, kalian bisa memulai ke tahap menyisihkan dana untuk tabungan dikala ada kebutuhan yang mendesak.

Jadi setelah kalian menyisihkan dana untuk kebutuhan utama dan tabungan di akan datang, barulah kalian bisa dengan leluasa menggunakan dana yang tersisa untuk kepentingan pribadi. Seperti nongkrong, berbelanja dan juga keperluan tambahan lainnya.

Temukan Akomodasi yang Terjangkau

Saat work from Bali memilih hunian tentu bukan hal yang sulit. Seperti yang kita ketahui, banyak sekali macam pilihan hunian yang tersedia. Mulai dari tipe guest house, villa pribadi, kamar di hotel berbintang bahkan apartment di pusat kota.

Dan tersedia di berbagai lokasi, baik itu dekat dengan pantai, sawah, alam pedesaan dan juga di pusat kota.

Tentukan lokasi hunian juga karena setiap lokasi yang tersedia memiliki kisaran harga yang berbeda. Untuk fasilitas umum dan destinasi yang ada disekitarnya juga berpengaruh tergantung dari lokasi itu sendiri.

Pilihlah hunian yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi finansial kalian. Jadi anggaran yang kalian sisihkan untuk keperluan akomodasi yang ternyata malah lebih sedikit dari yang sudah kalian siapkan, tentu bisa kalian gunakan sisanya untuk keperluan yang lain bukan.

Mengunjungi Destinasi yang Murah

Di Bali beragam destinasi pilihan dapat dikunjungi. Memang kalian pasti akan tergiur untuk selalu berlibur, dan tentu saja bepergian pasti memerlukan biaya ekstra.

Mulailah melakukan pencarian mana saja destinasi-destinasi yang bisa dikunjungi tanpa merogoh kocek terlalu dalam. Atau jika perlu, kalian bisa mengajak teman untuk bepergian bersama sehingga dana untuk biaya transportasi bisa dihemat.

Ajak Keluarga atau Teman

Bila melakukan work from Bali terasa berat dilakukan sendiri dalam segi anggaran, kalian bisa mencoba untuk datang dengan teman atau keluarga. Membagi anggaran secara merata selama work from Bali adalah solusi yang tepat. Tinggal bersama teman atau keluarga pastinya akan menjadi lebih menyenangkan.

Pilih Prioritas

Jangan terlalu hanyut dengan suasana Bali. Kalian disini untuk melakukan work from Bali. Meski kegiatan ini dianggap sebagai workcation, tetapi ingatlah untuk lebih mengutamakan keperluan pokok. Jangan sampai kalian menghabiskan dana untuk bersenang-senang sementara kebutuhan pokok menjadi terbengkalai. Selalu lakukan pemeriksaan kembali setiap kalian mengerluarkan dana apa saja secara berkala.

Ini adalah kiat yang bagus untuk mengaudit pengeluaran yang sudah terlanjur keluar. Pastikan untuk mengatur keuangan lebih baik lagi di masa yang akan datang.

Menjadi Bijak Saat Berbelanja

Tak jarang kalian akan temukan diskon atau potongan harga selama masa bekerja jarak jauh ini. Jadi pastikan kalian menggunakan dana untuk berbelanja keinginan tambahan dengan bijak. Terkadang ketakutan akan kehabisan bahan pokok untuk kebutuhan sehari-hari juga menyebabkan beberapa dari kita menjadi membeli hal yang melebihi kebutuhannya. Jangan sampai panic buying.

Semua bisa kalian lakukan secara bertahap dan sesuai dengan kondisi finansial yang ada.

Jadi, siapkan mental kalian dalam menghadapi kondisi finansial nanti.

Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

whatsapp Rent Office Space
whatsapp Rent Apartment