fbpx

Tips Penting untuk Bekerja dari Jarak Jauh

 In Article

Tips Penting untuk Bekerja dari Jarak Jauh – Beberapa orang adalah juara bekerja dari rumah. Bagi mereka, bekerja dari rumah berarti lebih sedikit gangguan, lebih banyak fleksibilitas, dan produktivitas lebih besar. Mereka memiliki pengaturan rumah-kantor yang sempurna, mereka berpegang pada rutinitas yang cermat, dan mereka menghasilkan pekerjaan berkualitas tinggi hari demi hari. Tetapi tidak semua orang termasuk dalam kategori ini. Bagi sebagian orang, pekerjaan jarak jauh atau semisal work from bali bisa menjadi tantangan yang cukup berat, penuh dengan gangguan yang tak terhitung jumlahnya, waktu yang melelahkan, dan stres yang tinggi.

Tips Penting untuk Bekerja dari Jarak Jauh

5 Tips Penting untuk Bekerja dari Jarak Jauh

Jika Anda termasuk dalam kategori kedua ini, jangan khawatir—Anda tidak sendirian, terutama karena begitu banyak karyawan sekarang diminta untuk bekerja dari rumah untuk pertama kalinya. Kami telah menyusun panduan ini dengan lima tips paling penting untuk bekerja dari jarak jauh untuk membantu Anda melakukan pekerjaan hebat di mana pun Anda berada.

1. Berkomunikasi Berlebihan

Ketika anggota tim dan manajer tidak dapat melihat satu sama lain duduk di meja mereka bekerja keras, sangat mudah untuk mengasumsikan yang terburuk: “Mengapa mereka tidak menjawab pesan obrolan saya?” “Apakah mereka bahkan bekerja sekarang?” “Bekerja dari rumah tidak berarti waktu liburan.”

Kepercayaan sangat penting bagi tim jarak jauh untuk bekerja sama dengan baik, dan tanpa komunikasi yang tepat, kepercayaan itu rusak. Inilah cara Anda dapat menjaga komunikasi yang efektif saat bekerja dari jarak jauh:

  • Tetapkan waktu reguler untuk check-in di chat di pagi hari atau sepanjang hari.
  • Jangan ragu untuk menjadwalkan panggilan video (kamera aktif) untuk mendiskusikan hal-hal ketika email dan obrolan tidak memotongnya.
  • Pertimbangkan untuk menjadwalkan check-in video yang tidak berfokus pada pekerjaan. Pertemuan sosial ini dapat membantu Anda tetap terhubung dan merasa didukung.
  • Jika Anda perlu menjauh dari komputer Anda sesekali (yang kita semua lakukan), berikan catatan di obrolan tim Anda untuk memberi tahu mereka bahwa Anda sedang istirahat dan kapan Anda akan kembali online. Tanda tangan cepat saat makan siang dan penghujung hari juga merupakan ide yang bagus.
  • Jika Anda memerlukan bantuan atau dukungan agar lebih efektif, beri tahu manajer Anda. Pada catatan yang sama, hubungi rekan tim Anda untuk melihat apakah ada cara Anda dapat membantu mereka saat jarak jauh.

Satu-satunya masalah terbesar dalam komunikasi adalah ilusi bahwa itu telah terjadi. Saat bekerja dari rumah, mudah bagi orang untuk menarik diri ke dalam silo mereka sendiri dan menganggap semua orang berada di halaman yang sama—hanya untuk mengetahui bahwa itu bukan masalahnya sama sekali. Baik karyawan maupun manajer dapat membantu tim mereka (dan diri mereka sendiri) menjadi pekerja jarak jauh yang lebih baik dengan berkomunikasi lebih awal dan sering.

2. Kembangkan Rutinitas

Saat Anda bekerja dari rumah, waktu perjalanan Anda menyusut menjadi nol, teman serumah Anda menjadi teman kantor Anda, dan ruang istirahat Anda adalah dapur Anda. Karena kenyamanan bekerja dari rumah, Anda tergoda untuk keluar dari rutinitas normal Anda dan berhenti bangun pagi atau mengganti piyama Anda. Jangan menyerah!

Anda mungkin tidak dapat mempertahankan rutinitas lama Anda persis seperti sebelumnya, tetapi Anda harus tetap menyusun hari Anda. Inilah cara Anda dapat melakukannya saat bekerja dari rumah:

  • Bangun tepat waktu, beri diri Anda cukup waktu untuk bersiap-siap di pagi hari sebelum hari kerja dimulai.
  • Anda tidak harus mengenakan blus atau dasi, tetapi lakukan dasar-dasar untuk bersiap-siap untuk hari yang akan datang, seperti mandi, menggosok gigi, dan berpakaian. Anda bahkan mungkin ingin memakai sepatu untuk membantu masuk ke mentalitas pergi bekerja.
  • Mulailah hari kerja dengan memutuskan apa yang ingin Anda fokuskan pada hari itu. Anda dapat menggunakan daftar tugas tradisional atau sesuatu yang lebih canggih seperti perangkat lunak manajemen proyek.
  • Atur kalender Anda sehingga mencakup semua rapat dan janji temu Anda. Anda dapat memblokir waktu untuk pekerjaan terfokus serta aktivitas waktu istirahat seperti mengajak anjing jalan-jalan atau mencuci pakaian.

Anda tidak perlu memetakan setiap menit setiap hari untuk menjadi pekerja jarak jauh yang efektif, tetapi ini membantu untuk menetapkan rutinitas yang jelas dan konsisten. Hal ini tidak hanya dapat membuat Anda lebih produktif, tetapi juga membantu mereka yang tinggal bersama Anda (seperti anak-anak dan orang penting lainnya) mengetahui kapan Anda tersedia dan kapan mereka perlu membiarkan Anda fokus.

3. Jaga Dirimu

Saat Anda bekerja dari rumah, terutama dalam situasi darurat seperti pandemi, Anda mungkin merasakan tekanan untuk memeras setiap produktivitas dari hari Anda. Dan banyak dari kita mengukur produktivitas kita dengan berapa banyak tugas yang kita periksa dari daftar tugas kita. Ketika hal-hal dibiarkan tidak terselesaikan di penghujung hari, kita merasa bersalah, seolah-olah kita seharusnya melakukan lebih banyak.

Itu mungkin bukan pendekatan terbaik, terutama jika Anda masih melakukan transisi ke pekerjaan jarak jauh dan menyesuaikan diri dengan cara baru dalam melakukan sesuatu. Seringkali, memperlambat dan meluangkan waktu untuk diri sendiri adalah kunci untuk membuka produktivitas yang lebih besar. Berikut adalah beberapa tips perawatan diri untuk bekerja dari jarak jauh:

  • Jadwalkan istirahat teratur untuk berdiri, bergerak, menjauh dari komputer, atau makan. Istirahat dapat membantu Anda mengisi ulang dan memfokuskan kembali, membuat Anda lebih efektif dalam pekerjaan Anda.
  • Berolahraga dan keluar secara teratur. Bahkan berjalan-jalan sederhana di sekitar blok dapat melakukan keajaiban bagi kesehatan Anda baik secara fisik maupun mental.
  • Latih kesadaran untuk menurunkan stres dan membangun fokus Anda. Ini bisa sangat membantu di masa-masa sulit saat Anda menyesuaikan diri dengan keadaan baru seperti bekerja dari jarak jauh.
  • Bersabarlah dengan diri sendiri saat Anda beralih ke bekerja dari rumah. Alih-alih berfokus pada seberapa banyak yang Anda capai setiap hari, tanyakan pada diri sendiri bagaimana Anda berkontribusi. Tidak semua yang bernilai berakhir pada daftar tugas.
  • Tetapkan batas waktu di penghujung hari ketika Anda memutuskan sambungan dan “pulang.” Ini penting untuk menjaga keseimbangan kehidupan kerja yang sehat saat Anda bekerja dari jarak jauh.

Melakukan dasar-dasar untuk mengurus diri sendiri akan membuat Anda menjadi pekerja yang lebih sehat, lebih bahagia, dan lebih efektif baik di kantor maupun di rumah. Anda tidak hanya akan lebih produktif, tetapi Anda juga akan terhindar dari kelelahan seiring waktu meskipun stres dan tantangan lainnya.

4. Ciptakan Lingkungan yang Tepat

Jika Anda belum pernah bekerja dari rumah sebelumnya, atau jika Anda hanya melakukannya sesekali, Anda mungkin tidak memiliki pengaturan rumah-kantor yang ideal. Mungkin “kantor rumah” Anda sebenarnya adalah meja dapur atau meja di ruang bawah tanah Anda yang belum selesai. Ketika Anda tidak memiliki ruang kerja yang tepat, mungkin sulit untuk fokus pada pekerjaan Anda. Berikut adalah beberapa strategi untuk menciptakan pengaturan rumah-kantor terbaik untuk produktivitas tanpa merombak rumah:

  • Tentukan ruang kerja untuk Anda sendiri, betapapun kecilnya, di mana hanya pekerjaan yang dilakukan. Ini bisa berupa satu sisi meja dapur, atau meja pangkuan dan sofa. Yang penting adalah menetapkan batasan yang jelas untuk diri sendiri dan orang lain: Saat Anda di sana, Anda sedang bekerja.
  • Berkomunikasi dengan orang lain di rumah Anda untuk memberi tahu mereka bahwa Anda membutuhkan waktu fokus. Anda bahkan dapat memasang tanda untuk menunjukkan kapan Anda bekerja dan kapan Anda istirahat.
  • Pastikan ruang Anda bersih dengan gangguan minimal. Hal terakhir yang Anda butuhkan saat mencoba untuk fokus pada pekerjaan adalah pengingat terus-menerus tentang pekerjaan rumah yang perlu dilakukan.
  • Jadwalkan waktu fokus tanpa gangguan. Menghilangkan gangguan dari lingkungan rumah Anda tidak akan banyak berguna jika email, obrolan, dan notifikasi telepon Anda tidak akan meninggalkan Anda sendirian. Sisihkan waktu untuk menonaktifkan semuanya (tentu saja memberi tahu tim Anda terlebih dahulu) dan bekerja tanpa gangguan.

Jika Anda memiliki anggaran dan ruang, tentu layak untuk berinvestasi di kantor rumah yang lebih permanen. Namun, bahkan tanpa kantor rumah yang rapi, Anda dapat tetap produktif dan fokus saat bekerja dari jarak jauh jika Anda menetapkan batasan yang tepat.

5. Gunakan Alat yang Tepat

Kiat sebelumnya untuk menciptakan lingkungan yang tepat menjadi lebih mudah jika Anda memiliki alat yang tepat untuk bekerja dari jarak jauh. Ada banyak sumber daya, baik online maupun offline, yang dapat Anda gunakan untuk menyiapkan diri agar sukses saat bekerja di rumah, tetapi ini adalah beberapa favorit kami:

  • Dapatkan headphone peredam bising untuk membantu Anda menutup gangguan dan berkonsentrasi, terutama jika Anda berusaha bekerja saat anak-anak atau teman sekamar Anda ada di rumah.
  • Gunakan meja berdiri atau konverter meja berdiri agar darah Anda mengalir dan meredakan ketegangan karena duduk sepanjang hari.
  • Kursi yang nyaman dapat membuat atau menghancurkan pengalaman kerja dari rumah Anda. Jika anggaran atau ruang Anda terbatas, bantalan kursi dan bantalan punggung juga dapat membantu.
  • Cobalah pengatur waktu telur untuk membantu Anda fokus untuk waktu yang lama. Anda juga dapat menggunakan timer di komputer atau ponsel jika tidak terlalu mengganggu.

Ini hanyalah beberapa alat yang dapat Anda gunakan di rumah untuk membantu bekerja secara efektif, tetapi masih banyak lagi yang online. Dan di tingkat organisasi, perusahaan Anda dapat berinvestasi dalam alat tambahan seperti platform obrolan atau perangkat lunak manajemen proyek untuk membuat semua orang tetap terhubung saat bekerja dari jarak jauh.

Kesimpulan

Belajar bekerja dari rumah atau bekerja secara jarak jauh secara efektif memang sulit bagi siapa saja, apalagi bagi karyawan yang diminta melakukannya secara tiba-tiba dan tidak terduga. Jika Anda merasa kewalahan dengan tantangan unik dari pekerjaan jarak jauh, kurangi kelonggaran diri Anda. Anda tidak harus langsung menyempurnakan kelima area ini. Sebaliknya, fokuslah pada apa yang dapat Anda lakukan hari ini untuk meningkatkan langkah demi langkah saat bekerja dari rumah. Bangun 30 menit lebih awal dan berjalan-jalan. Buatlah daftar prioritas di awal hari Anda. Pilih satu hal untuk dibeli untuk meningkatkan ruang kerja rumah Anda.

Saat Anda melakukannya setiap hari dan menggunakan tips dalam panduan ini, Anda dapat mengubah pengalaman kerja-dari-rumah Anda. Apakah Anda bekerja dari jarak jauh hanya untuk beberapa minggu atau selama sisa karir Anda, Anda akan dapat melakukan yang terbaik.

Leave a Comment

whatsapp Rent Office Space
whatsapp Rent Apartment