fbpx

Work From Bali Tapi Lelah dan Stres Mengintai? Ini Tipsnya!

 In Article

Work From Bali Tapi Lelah dan Stres Mengintai? Ini Tipsnya! Mudah lelah dan merasa tidak fit selama work from Bali? Tentu saja hal ini terkadang menghampiri disela-sela kesibukan kalian. Bahkan menjadi hal yang menggangu jika dibiarkan terus-menerus.

Work From Bali Tapi Lelah dan Stres Mengintai? Ini Tipsnya!

Jangan dibiarkan! Hal ini sangat berpengaruh pada kesehatan mental juga kinerja kalian. Bagaimana cara mengatasinya? Berikut kita simak tips dan kiatnya!

Tetapkan Jadwal Tidur

Jika Anda merasa sangat lesu sehingga Anda tidak dapat melewati hari tanpa tidur siang atau mengalami suasana hati dan motivasi yang menurun, penting untuk memperkenalkan struktur. “Bangun pada waktu yang hampir sama setiap hari,” kata Dr. Browning. “Meskipun Anda mungkin tidak harus bangun untuk pergi ke kantor, tetap atur alarm Anda untuk membantu tubuh Anda mengetahui kapan hari dimulai.” Mandi, berpakaian, dan mencoba makan pada waktu yang teratur.

Selama work from Bali, memang bangun lebih awal untuk bekerja mungkin sudah tidak berlaku lagi. Tidur sesering dan selama mungkin adalah hal yang menggiurkan. Tetapi terkadang menghindari tidur berlebih ternyata malah membuat rasa lebih lelah menghampiri.

Atur alarm, sempatkan untuk tidur siang namun maksimal satu jam dalam sehari dan tidur malam hari juga pastikan sekitar 7-8 jam.

Atur Pola Makan

Berada di Bali dan menekuni work from Bali pastinya tidak terlepas dari makanan khas yang beragam untuk dicoba. Memang mencoba makanan-makanan tersebut adalah hal yang menyenangkan.

Namun pada akhirnya, ada juga yang tetap menerapkan diet tidak sehat saat work from Bali. Pola diet yang salah berakibat pada berkurangnya energi dan rasa mudah lelah pun timbul.

Meski kalian dalam program diet, namun jangan sampai melewatkan sarapan. Biasakan untuk sarapan 30-45 menit setelah jam bangun tidur kalian. Ini juga diyakini membantu menjaga gula darah dan mempertahankan energi sepanjang hari.

Mengkonsumsi sereal pada pagi hari juga bagus dicoba. Karena sereal dipercaya mengandung protein.

Konsumsi Air Lebih Banyak Daripada Kopi

Bagi kalian yang sekarang minum kopi sepanjang hari, pertimbangkan ini: Kopi menyebabkan dehidrasi dan bisa membuat kalian merasa lebih tegang dan gelisah. Kurangi kafein (idealnya tidak lebih dari satu cangkir kopi di pagi hari) dan minum setidaknya dua liter air setiap harinya. Ketika kalian terhidrasi dengan baik, sel-sel dalam tubuh klaian akan dapat berfungsi dengan baik dan kalian akan melihat bagaimana hal ini mampu dalam meningkatkan energi.

Perhatikan Asupan Alkohol

Baiklah, karena begitu banyak bar yang kalian temui di Bali, tentu mengkonsumi alkohol adalah hal yang tak terelakkan.

Setelah seharian work from Bali, mengunjungi bar terdekat atau terkenal menjadi hal yang dinanti-nanti untuk melepas penat.

Bahkan mungkin hal ini dilakukan lebih sering daripada biasanya. Tetapi sekali lagi kami ingatkan, jika kalian merasa mudah lelah ada baiknya memperhatikan asupan alkohol kalian. Efek sedaktif pada alkohol tidak hanya membuat kalian merasa ngantuk, tetapi juga mampu mengurangi kualitas tidur kalian.

Istirahat

Saat work from Bali, lama waktu berada di depan perangkat yang kalian gunakan untuk bekerja pasti lebih sering dan meningkat. Hal ini sangatlah normal karena mengingat pekerjaan kalian dilakukan secara jarak jauh dan semuanya online.

Percaya atau tidak, tubuh kita biasanya bekerja dalam siklus energi 90 menit. Jadi pastikan kalian istirahat beberapa menit dari layar gadget setiap 90 menit. Minum air, berjalan-jalan kecil atau lakukan sedikit peregangan. Ini tentu sangat membantu untuk meningkatkan energi kalian dan juga membuat kalian merasa lebih produktif.

Mencoba Meditasi

Merasa cemas dan berujung stress kerap kita hadapi di musim pandemik ini. Banyak pemicu yang mengakibatkan rasa cemas tersebut. Cobalah untuk berdamai dengan keadaan.

Salah satu cara untuk mencoba tetap tenang dan berdamai dengan keadaan adalah melakukan meditasi. Meditasi diyakini mampu untuk mengelola stress dan memberikan rasa damai. Belajar dalam hal mengatur pernafasan adalah salah satu teknik meditasi yang ampuh. Kalian bisa mencarinya secara online.

Meditasi bahkan katanya lebih efektif daripada kopi.

Bersikap Baik Pada Diri Sendiri

Ingatlah, kalian tidak bekerja keadaan normal, kalian sedang melakukan pekerjaan jarak jauh yaitu work from Bali. Cobalah untuk mengenal diri kalian sendiri, tanyakan apa yang baiknya dilakukan untuk menghadapi situasi tegang selama pandemik ini.

Pastikan apapun pilihannya, hal tersebut akan meninggalkan rasa nyaman pada diri kalian.

Longgar sesekali terhadap diri sendiri pun tidak masalah. Misalnya seperti saat kalian benar-benar merasa lelah, kalian dapat menunda pekerjaan rumah yang lain contohnya mencuci pakaian.

Itu tadi kiat-kita dalam mengelola rasa lelah dan stress yang kerap mengintai saat work from Bali. Kenali diri kalian, cari tahu apa yang paling dibutuhkan oleh tubuh dan berdamailah dengan keadaan.

Kondisi mental yang sehat tentu berdampak pada kondisi fisik juga.

Leave a Comment

whatsapp Rent Office Space
whatsapp Rent Apartment