fbpx

Kesehatan Mental pun Penting Saat Work from Bali

 In Article

Kesehatan Mental pun Penting Saat Work from Bali – Virus corona (COVID-19) membuat kita berada di tantangan baru dan unik. Penting tentunya untuk selalu menjaga kesehatan baik fisik maupun mental. Terutama bagi yang melakukan work from home. Work from home menjadi pilihan bagi beberapa perusahaan yang diberlakukan untuk pekerjanya. Pastinya hal ini dilakukan untuk mendukung program pemerintah dalam menangani dan mengurangi kasus covid-19.

Kesehatan Mental pun Penting Saat Work from Bali

Setelah work from home, muncul program baru dari yang digencarkan pemerintah. Program ini dinamakan work from Bali. Konsep Program work from Bali ini diharapkan dapat menjadi pertolongan pertama bagi pariwisata di pulau Bali.

Seperti yang kita ketahui sendiri, pariwisata di pulau Bali kian meredup sejak adanya pandemi. Meskipun program ini membuat para pekerja memindahkan meja kerjanya ke pulau seribu pura ini, tetap saja mereka perlu untuk tetap memperhatikan kesehatan. Biasanya ada rutinitas yang terkadang terganggu dan beban tambahan secara fisik, mental dan finansial. Hal ini umumya mengacu pada kecemasan dan stres.

9 Tips Selama Melakukan Work From Bali

Mari kita bahas bagaimana menjaga kesehatan mental dan fisik selama menjalani work from Bali. Contohnya seperti berikut ;

1. Buat Jadwal yang Teratur

Tentukan dan pertahankan rutinitas dengan jadwal. Siapkan sudut atau ruangan yang bagi anda nyaman sesuai kebutuhan anda. Jangan lupa juga untuk memasukkan jadwal untuk beristirahat, hal ini diharapkan dapat membantu anda memantau berapa lama istirahat yang anda butuhkan. Misalnya seperti ;

07:00am : Bangun, minum air putih dan peregangan
07:30am : Sarapan
08:30am : Kerja dan luangkan 30 menit untuk istirahat
12:00pm : Istirahat makan siang, sedikit peregangan
01:00pm : Lanjut bekerja diselingi dengan istirahat kecil setiap 30 menit
06:00pm : Makan malam dan istirahat dari gadget
07:00pm : Perawatan untuk diri sendiri

2. Tetap Terhubung Selama Work From Bali

Tetaplah terhubung dengan keluarga, teman dan siapapun yang bisa kalian jadikan motivasi untuk memulai hari anda. Menggunakan teknologi yang sudah canggih dan bermacam-macam jenisnya tentu tidak akan sulit untuk melakukannya. Biasakanlah untuk selalu membagi apa saja yang anda pikirkan, entah itu tentang rasa takut atau khawatir dengan orang yang anda percaya pastinya.

3. Jaga Sistem Kekebalan Tubuh

Buatlah komitmen untuk selalu tetap fit dengan cara mencuci tangan dengan sabu, tidur yang cukup, mengkonsumsi vitamin, makan makanan yang bernutrisi dan tetap dalam keadaan terhidrasi.

4. Utamakan Kebersihan Diri dan Minimalisir Kontak dengan Orang Lain

Ini tentu menjadi hal dasar yang dilakukan untuk menghindari penyebaran virus. Hal yang dilakukan biasanya seperti ;

  • Cuci tangan anda dengan sabun cuci tangan dan air mengalir selama 20 detik
  • Gunakan hand sanitizer sesering mungkin
  • Gunakan tisu untuk menutupi bersin dan batuk anda. Jika tidak ada, kalian biasa gunakan siku
  • Hindari kontak langsung dengan mereka yang sedang sakit dan hindari juga menyentuh area wajah, mata, hidung dan mulut
  • Minimalisir bepergian jika bukan hal yang mendesak

5. Berolahraga dan Tetap Aktif

Bukan hanya baik untuk kesehatan fisik, berolahraga juga bagus untuk kesehatan mental anda. Secara rutin dan konsisten, bangun dan pergilah ke gym yang disediakan oleh tempat anda menginap. Lakukanlah olahraga jenis apapun yang cocok dan sesuai dengan tubuh anda. Hal ini diyakini juga mampu mengurasi stres dan meningkatkan hormon endorphin.

6. Cari Udara Segar

Selama work from Bali pasti bukan hal yang sulit dalam mencari tempat menghilangkan kejenuhan. Anda bisa mencoba untuk mengunjungi daerah sesuai keinginan anda. Seperti suasana pantai atau alam pedesaan.

7. Batasi Konsumsi Media

Minimalisir menonton atau mencari informasi terhadap berita. Baik melalui media sosial maupun media cetak. Terkadang mengetahui berita yang berlebihan, dapat menimbulkan kecemasan, stres dan panik. Tetaplah berpikiran positif namun terus menerapkan protol kesehatan sesuai standard.

8. Tetapkan Jadwal Kerja Saat Work From Bali

Meskipun work from Bali, pastikan anda bekerja dengan jam kerja yang wajar. Mungkin ada beberapa pekerja yang tergiur untuk bekerja lebih banyak saat merasa masih memiliki waktu yang lebih banyak dari saat dikantor. Namun, hal ini umumnya membebani kesehatan dan kesejahteraan anda sebagai pekerja. Tetaplah bekerja dengan porsi yang wajar dan seimbangkan dengan kehidupan pribadi anda.

9. Alihkan Perhatian

Lakukanlah kegiatan yang bermanfaat bagi kesehatan mental kalian. Isilah dengan kegiatan yang merupakan hobi kalian. Seperti mungkin juga mengikuti aktifitas-aktifitas yang biasanya ditawarkan oleh pihak tempat anda menginap selama work from Bali. Pastikan hal-hal tersebut menciptakan kegembiraan dan mengalihkan perhatian anda dari kabar yang dapat meniumbulkan stres.

Melakukan workation atau work from Bali pada dasarnya hal yang menyenangkan. Bagaimana tidak, melakukan pekerjaan jarak jauh dari pulau Bali adalah salah satu obat yang dapat mengurangi kejenuhan selama bekerja. Banyaknya penginapan mulai dari hotel berbintang maupun apartment dapat kalian temukan untuk menjadi akomodasi selama work from Bali.

Leave a Comment

whatsapp Rent Office Space
whatsapp Rent Apartment