fbpx

Tertarik Ikut Tren Work from Bali? Persiapkan Dulu 4 Hal Ini

 In Article

Tertarik Ikut Tren Work from Bali? Persiapkan Dulu 4 Hal Ini – Akibat pandemi, membuat sektor-sektor di bidang kehidupan termasuk sektor ekonomi mengalami banyak perubahan. Pemerintah juga melakukan berbagai macam upaya untuk menyelamatkan perekonomian Indonesia termasuk di bidang pariwisata seperti yang ada di Bali. Salah satu yang dilakuan adalah dengan memberangkatkan sekitar 25% Aparatur Sipil Negara atau ASN ke Pulau Dewata ini untuk melakukan pekerjaan secara jarak jauh.

Tertarik Ikut Tren Work from Bali Persiapkan Dulu 4 Hal Ini

Kenapa hal tersebut dilakukan, salah satu tujuannya adalah untuk menyelamatkan industri pariwisata yang ada di Bali. Sebab keberadaan ASN nantinya dapat meningkatkan okupansi di hotel yang berada di Pulau Dewata supaya tidak terlalu anjlok saat masa pandemi. Kondisi seperti inilah yang bisa juga disebut sebagai tren work from Bali yang kini mulai ramai diperbincangkan.

4 Persiapan Untuk Work From Bali

Nah, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika kita diberi kesempatan untuk menjalankan pekerjaan jarak jauh seperti bekerja dari Bali. Yakni paling tidak harus melakukan 4 persiapan berikut.

1. Pastikan Rumah Aman Ketika Ditinggal

Adanya tren work from Bali yang bisa saja kita ikuti, membuat kita harus meninggalkan rumah tercinta dalam waktu yang terbilang tidak sebentar. Nah, ketika seseorang meninggalkan rumah untuk jangka waktu lama, tentu terdapat beberapa persiapan yang tidak boleh diabaikan. Pasalnya, memastikan rumah untuk tetap aman menjadi salah satu kewajiban yang harus dilakukan seseorang ketika hendak pergi jauh. Bukan hanya memastikan keamanan dari hal-hal besar saja. Melainkan bisa dimulai dari kegiatan-kegiatan yang biasanya sering dilupakan seperti membuang sampah yang masih bersarang di dalam rumah, sesuaikan pengaturan listrik, dan perhatikan pula perihal masalah instalasi listrik di rumah Anda.

Lantas, bagaimana ketika kita memiliki tanaman kesukaan atau hewan peliharaan? Cari orang terpercaya untuk menjaga rumah termasuk merawat tanaman dan hewan peliharaan selama Anda pergi. Selain itu, jika memungkinkan, pasang juga kamera pengintai atau CCTV di rumah Anda dan sediakan penjaga rumah untuk menjaga rumah Anda dari berbagai macam tindakan kriminal yang bisa saja terjadi.

2. Memburu Akomodasi yang Cocok

Hal lain yang harus dilakukan ketika mengikuti tren work from Bali adalah dengan memperhatikan akomodasi di tempat kerja nantinya. Ingat, bahwa tujuan Anda pergi ke Bali adalah untuk bekerja, bukan semata-mata untuk jalan-jalan atau berwisata. Jadi, salah satu hal yang perlu dipastikan terlebih dahulu adalah akomodasi yang cocok untuk bekerja. Seperti kebutuhan jaringan internet yang memadai, dan posisi atau ruang kerja yang benar-benar nyaman serta sesuai dengan harapan. Jadi, perhatikan dulu hal-hal penting dan abaikan hal-hal yang justru malah menghambat kenyamanan Anda dalam bekerja. Sebab, hal tersebut justru akan mengurangi efektifitas kerja yang membuahkan hasil menjadi tidak maksimal.

3. Tetap Memperhatikan Protokol Kesehatan

Meskipun perintah work from Bali bisa saja terjadi akibat tuntutan dinas, bukan berarti kita bisa seenaknya mengabaikan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah Indonesia. Justru, pekerjaan jauh yang akan kita lakukan menjadi suatu tantangan bagi kita berkaitan dengan bagaimana caranya tetap menjalankan hal tersebut. Nah, caranya bisa dimulai dengan memastikan kondisi diri apakah benar-benar aman atau tidak. Selain itu, pastikan juga perihal kondisi di tempat tujuan yang akan kita datangi untuk menjalankan tren bekerja di Bali. Gali informasi yang banyak perihal kondisi pandemi di tempat tersebut sehingga kita bisa bijak dalam menyikapinya. Bila perlu, konsultasikan juga dengan ahlinya atau pihak kesehatan perihal apa-apa saja yang harus kita lakukan saat berada di tempat tersebut. Dengan mengonsultasikan hal ini kepada dokter, kita juga bisa tahu apa yang harus kita siapkan untuk diri kita dan apa saja yang harus dibawa untuk menunjang kesehatan sebelum melakukan pemberangkatan ke Bali.

4. Melakukan Packing Seperlunya Saja

Nah, biasanya, kerja jarak jauh menjadi alasan kenapa seseorang menjadi repong untuk membawa barang-barang bawaan. Termasuk dalam hal tren bekerja dari Bali. Seperti yang sudah kita singgung sebelumnya, pahwa bepergian ke Bali kali ini adalah untuk kepentingan bekerja di tengah pandemi, maka, sebaiknya yang harus dilakukan adalah packing seperlunya saja atau jangan berlebihan. Cukup mengemas baju atau kebutuhan seperlunya saja. Tidak perlu membawa banyak barang atau seluruh koleksi pakaian meskipun akan mengalami hari-hari cukup panjang di Bali. Pastikan barang-barang yang dibawa merupakan barang-barang yang dibutuhkan atau merupakan penunjang pekerjaan di sana. Bukan merupakan barang-barang kurang penting yang bisa meningkatkan biaya bagasi saat berada di pesawat. Justru, yang harus diperhatikan adalah apakah kelengkapan kebutuhan kesehatan seperti obat-obatan, masker, vitamin, dan lain sebagainya sudah terpenuhi atau belum.

Nah, itulah 4 hal yang harus diperhatikan saat kita tertarik maupun memiliki kewajiban untuk ikut terjun pada tren work from Bali. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

whatsapp Rent Office Space
whatsapp Rent Apartment