fbpx

Kekurangan Dari Work from Bali Itu Sendiri, Apa Ya?!

 In Article

Kekurangan Dari Work from Bali Itu Sendiri, Apa Ya?! Disamping kelebihan work from Bali yang selalu digadang-gadangkan saat work from Bali, pastinya hal ini tidak luput dari kekurangan.

Work from Bali yang selalu terdengar menggiurkan dan pasti sarat akan kehidupan yang tidak biasa terutama bagi para penghuni kota-kota besar, ternyata memiliki beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan bagi karyawan dan juga perusahaan itu sendiri.

Kekurangan Dari Work from Bali Itu Sendiri, Apa Ya?!

Kali ini mari kita membahas tentang bagaimana kekurangan yang diciptakan oleh program yang baru diresmikan oleh pemerintah selama musim pandemi ini.

Kelemahan work from Bali

Tidak cocok untuk semua orang

Bekerja jarak jauh atau bahkan work from Bali mungkin tidak sesuai dengan kepribadian atau kemampuan setiap orang. Beberapa karyawan mungkin lebih menyukai rutinitas dan struktur yang disediakan untuk bekerja di lingkungan kantor. Beberapa staf mungkin lebih menyukai interaksi pribadi dengan rekan kerja dan juga menemukan bimbingan secasra langsung dengan manajer mereka yang dapat membantu mereka menyelesaikan tugas dan mencapai tujuan mereka. Perhatikan juga karyawan dengan disabilitas. Bekerja secara daring mungkin berdampak negatif pada dukungan yang mereka butuhkan untuk melakukan pekerjaan mereka bahkan mungkin juga tidak cocok dengan struktur akomodasi yang ditinggali seperti ruang khusus atau akses khusus yang dapat dimanfaatkan selama bekerja.

Merasa terisolasi saat work from Bali

Pribadi yang melakukan work from Bali mungkin merasa terputus dari kolega dan organisasi mereka secara keseluruhan yang secara alami ditemukan karena lingkungan kantor. Untuk mengatasi masalah ini, perusahaan disarankan untuk memastikan bahwa komunikasi lebih teratur. Jadi, dengan menjadwalkan pertemuan online melalui telepon atau rapat tim reguler melalui teknologi lain seperti Skype dan lain-lain, staf bisa diberi lebih banyak kesempatan untuk merasa terlibat dan menjadi bagian dari tim. Pertemuan yang lebih informal dan sosial juga akan membantu mengatasi perasaan terisolasi.

Kesulitan memantau kinerja

Bagi perusahaan, mereka terkadamng kesulitan untuk memantau kinerja karyawannya sendiri saat work from Bali. Kepribadian yang berbeda juga dapat mempengaruhi tingkat kepositifan. Perusahaan dapat melihat penentuan tujuan dan memberi target kepada pekerja yang mudah untuk digunakan sebagai acuan penilaian sehingga jika target mereka tidak terpenuhi, perusahaan dapat mengidentifikasi dan memperbaiki masalah kinerja pada tahap awal.

Potensi kelelahan

Di mana kantor memberikan perbedaan fisik yang jelas antara pekerjaan dan kehidupan diluar kantor, work from Bali dapat menyebabkan staf lupa untuk membedakan antara kehidupan kerja dan berlibur. Hal ini dapat menyebabkan karyawan merasa sulit untuk mengetahui kapan harus berhenti dari pekerjaan yang mengarah ke jam kerja yang lebih lama, peningkatan stres dan kelelahan yang tak terhindarkan. Perusahaan disarankan untuk mendorong staf mereka untuk beristirahat secara teratur dan mengingatkan mereka tentang pentingnya mengambil cuti.

Biaya selama work from Bali

Biaya awal pelatihan dan penyediaan peralatan yang sesuai seperti laptop, ponsel, dan peralatan IT lainnya. Perusahaan juga harus mempertimbangkan dalam hal memenuhi standar kesehatan dan keselamatan.

Risiko keamanan informasi

Masalah keamanan informasi lebih mungkin terjadi ketika staf bekerja jarak jauh. Ada peningkatan risiko keamanan dengan laptop yang dibawa pulang dan kebutuhan staf untuk mengakses server secara remote dan bekerja dari jarak jauh. Perusahaan diharapkan memastikan bahwa mereka menerapkan langkah-langkah untuk melindungi data perusahaan dengan menginstal perangkat lunak enkripsi dan aplikasi penghapusan jarak jauh jika perangkat seluler yang perusahaannya sediakan hilang. Jaringan pribadi virtual juga mengenkripsi data perusahaan dan menyediakan akses aman ke komputer jarak jauh melalui internet. Ini membantu menjaga file dan data tetap aman namun tetap dapat diakses oleh si karyawan.

Dampak negatif pada kesehatan mental

Beralih ke bekerja secara online dapat berdampak negatif pada kesehatan mental pekerja jika anda tidak dapat menemukan rutinitas yang sesuai untuk anda, berjuang untuk memisahkan pekerjaan dan suasana untuk berlibur atau mungkin ada yang merasa terbebani dengan beban pekerjaan yang tiada henti. Disarankan untuk membantu memotivasi karyawan dalam mengembangkan rutinitas kerja, menyiapkan ruang kerja khusus dan menetapkan batasan untuk waktu berlibur diluar jam bekerja.

Ciptakanlah lebih banyak peluang bagi karyawan untuk tetap terhubung dengan berkomunikasi melalui obrolan reguler dan pertemuan tim. Makan dengan sehat dan berolahraga secara teratur juga dapat membantu meningkatkan kesehatan mental, terutama jika dijalin menjadi rutinitas yang teratur.

Tidak semua pekerjaan cocok dilakukan online

Work from Bali lebih cocok untuk beberapa pekerjaan daripada yang lain. Sama halnya, bekerja jarak jauh lebih cocok untuk beberapa tipe kepribadian tetapi tidak untuk yang lain. Beberapa orang mungkin lebih menyukai kontak rekan kerja melalui komunikasi tatap muka.

Kesimpulan

Pandemi covid 19 ini memberi pandangan terhadap pengusaha atau karyawan bahwa ada saja yang berpikir bekerja jarak jauh bukanlah pilihan. Hal ini tentu saja juga bisa berdampak pada bisnis dan tingkat kualitas karyawan itu sendiri.

Leave a Comment

whatsapp Rent Office Space
whatsapp Rent Apartment