fbpx

Hal Dasar yang Perlu Diketahui Sebelum Work from Bali

 In Article

Hal Dasar yang Perlu Diketahui Sebelum Work from Bali – Work from Bali, apakah istilah ini terdengar asing ditelinga kalian? Kami yakin jawabannya tidak. Bagaimana tidak, hal ini terdengar sangat menggiurkan. Seperti angin segar yang diberikan bagi para pekerja kantoran yang telah berpindah mengerjakan pekerjaan mereka secara jarak jauh namun terpenjara dirumah.

Sejatinya, work from Bali ini diusung oleh Keputusan itu disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno. Work from Bali diharapkan dapat mendongkrak ekonomi bagi pelaku pariwisata di pulau Bali.

Hal Dasar yang Perlu Diketahui Sebelum Work from Bali

Telah kita sadari, efek pandemi COVID-19 yang melanda negeri kita sejak awal tahun 2020 ini sangat berdampak buruk bagi kita semua tak terkecuali warga Bali.

Karena penghasilan penduduk Bali sebagian besar berasal dari pariwisata, tentu program work from Bali ini sedang digancangkan oleh pemerintah.

Sejak munculnya tren work from Bali, banyak para digital nomad yang memindahkan kursi kerja mereka ke pulau yang terkenal sebagai pulau seribu pura dan kental akan budayanya ini.

Saat memutuskan untuk menjalani perkerjaan jarak jauh dari pulau Bali, tentu kalian akan ada petimbangan yang harus dipikirkan.

Apa sajakah pertimbangan work fom Bali? Mari kita simak!

Packing selama work from Bali

Meskipun secara teknis kalian pindah untuk jangka waktu yang signifikan, jangan membawa banyak barang. Percayalah, kalian tidak akan memerlukannya. Mengingat cuaca panas yang mendominasi di pulau ini. Semakin sedikit yang kalian bawa, semakin banyak yang dapat kalian beli. Di Bali kalian akan menemukan apaun yang kalian butuhkan dan bahkan dengan harga yang relative jauh lebih murah daripada di kota-kota besar.

Dari sudut pandang keamanan, hal yang paling tepat dilakukan adalah dengan membawa lebih dari satu kartu debit/kredit, dan menyimpannya di tempat terpisah. Kehilangan satu-satunya kartu atau tertinggal saat di ATM tentu adalah hal yang tidak menyenangkan yang dihadapi saat workation ini.

Akomodasi

Keputusan terpenting yang perlu kalian tentukan saat berada di Bali adalah tempat menginap. Tidak peduli daerah mana yang kalian pilih, kalian akan menemukan banyak sekali pilihan untuk menjadi tempat tinggal selama work from Bali.

Untuk setiap fasilitas dan pilihan lokasi yang ditawarkan tentu akan berbanding lurus dengan harganya. Meskipun banyak tempat menawarkan diskon untuk masa tinggal yang lebih lama, kalian tidak perlu memesan akomodasi lebih dari satu minggu diawal, karena kemungkinan besar kalian ingin pindah dan mencoba penginapan dengan suasana yang baru.

Selain memesan akomodasi berjenis hotel atau guest house karena dirasa terjangkau, tidak ada salahnya untuk mencoba apartment. Work from apartment kedengarannya tidak buruk. Apalagi jika kalian menemukan apartment yang cocok untuk mendukung  pekerjaan kalian selama work from Bali.

Jika saat memutuskan untuk pindah dari satu akomodasi ke akomodasi yang lain, cobalah untuk bertanya langsung terhadap orang bali yang biasa kalian temukan disekitar penginapan sebelumnya. Tentu memilih akomodasi secara online juga disarankan namun terkadang mendapat informasi tambahan tentang akomodasi di akan datang yang akan kita tinggali tersebut tentu akan sangat bermanfaat.

Tidak perlu khawatir, kalian dapat mempercayai orang-orang Bali. Mereka bahkan bersedia membantu pengaturan kepindahan kalian, mulai dari transportasi, dan mungkin saja mengatur pengiriman baran yang tidak bisa kalian tangani seorang diri.

Keamanan

Kejahatan bukanlah masalah besar dan dominan yang biasa terjadi di pulau Bali. Sejauh ini bahaya terbesar yang akan kalian umumnya lihat adalah yang disebabkan oleh sepeda motor. Dengan mengandalkan sepeda motor adalah cara populer untuk berkeliling di Bali, tetapi juga merupakan penyebab utama cedera. Kemacetan jalan bercampur dengan pengemudi yang tidak sabar dan kurangnya trotoar adalah pemicu terjadinya kecelakaan tersebut. Lain halnya jika kalian memiliki pengalaman mengendarai sepeda motor, mulailah berlatih dengan menyusuri jalan-jalan di Bali yang terkadang sedikit susah untuk dilalui bahkan dengan sepeda motor.

Nah, jika membicarakan orang asing yang banyak akan kalian temui di Bali, masalah yang terjadi kadang adalah penipuan. Memang tidak sering terjadi namun hal itu benar-benar dapat kalian temui disana. Kesenjangan ekonomi antara penduduk Bali dan orang asing terkadang menimbulkan ide bagi mereka untuk meraup insentif yang lumayan tinggi dari beberapa aktifitas untuk mereka yang sedang berlibur disana.

Pro Tips ;

  • Pilihlah akomodasi yang mengutamakan protokol kesehatan sesuai standar
  • Tetaplah membawa obat-obatan yang dirasa cocok bagi kalian untuk kebutuhan mendadak
  • Pilih lokasi akomodasi dengan tepat sehingga kalian tidak perlu pergi berlama-lama atau jauh jika ada hal yang mendesak
  • Pastikan menyewa kendaraan yang kalian kuasai, tidak sulit untuk ditemukan disana. Karena transportasi umum sangat jarang dan sulit ditemukan di Bali.

Itu tadi hal dasar yang perlu kalian pertimbangan sebelum melakukan work from Bali. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment

whatsapp Rent Office Space
whatsapp Rent Apartment