fbpx

5 Cara Menata Ruang Kerja Kantor Anda Agar Nyaman

 In Article

5 Cara Menata Ruang Kerja Kantor Anda Agar Nyaman – Setiap perusahaan tentu memiliki keunikan dan ciri khasnya masing-masing. Begitu pula dengan penataan ruang kerjanya. Ruang kerja menjadi salah satu bagian terpenting yang perlu diperhatikan, mulai dari konsep hingga desain ruangan. Tujuannya sudah pasti agar karyawan yang bekerja bisa merasa nyaman. Suasana kantor yang nyaman dan menyenangkan akan membuat karyawan menjadi lebih produktif dan bersemangat dalam bekerja.

Meski saat ini banyak perusahaan yang memilih untuk menyewa kantor di gedung tertentu, namun bukan berarti penataan kantor dikesampingkan. Justru pihak perusahaan tetap harus memperhatikan ruangan yang menjadi tempat bekerja para karyawan ini. Kini sudah banyak kota-kota besar di Indonesia yang menyediakan gedung untuk disewakan sebagai kantor, seperti gedung sewa kantor di Bali yang banyak digunakan oleh berbagai perusahaan, baik lokal maupun asing.

Nah, jika Anda berencana untuk melakukan penataan ulang terhadap ruang kerja kantor, berikut ini adalah

Penerapan 5 Cara Penataan Ruang Kerja Kantor

1. Tempatkan Ruangan Per Divisi

Beberapa tahun belakangan ini, tren ruangan dengan konsep coworking space memang sedang banyak diminati. Konsep ini menggunakan meja tanpa kubikal yang berada di satu ruangan besar. Tentu Anda boleh menggunakan konsep seperti ini. Namun, pastikan jika posisinya tidak berdekatan. Jadi, terdapat jarak antara posisi untuk satu divisi dengan divisi lainnya. Hal ini bertujuan untuk menjaga efektivitas dan kenyaman karyawan. Cara yang satu ini perlu menjadi perhatian bagi Anda karena dengan memisahkan ruangan sesuai divisi akan membuat komunikasi terjalin dengan lebih mudah.

2. Tambahkan Tanaman Hidup atau Foto Keluarga

Agar ruang kerja terasa semakin nyaman, maka Anda bisa menambahkan tanaman hidup sebagai hiasan. Kini ada banyak tanaman hias berukuran kecil yang bisa Anda letakkan di meja kerja, seperti kaktus, sukulen, ataupun bambu cina. Selain membuat meja kerja terlihat lebih menarik, meletakkan tanaman hidup juga bisa memberi energi positif selama Anda bekerja. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan foto keluarga sebagai penyemangat saat bekerja. Jika Anda senang dengan barang-barang penuh warna, maka bisa berikan beberapa hiasan di ruang kerja supaya lebih berenergi.

3. Fasilitas Cermin Besar

Setiap perusahaan tentu menuntut para karyawannya agar selalu berpenampilan rapi, formal, dan menarik. Untuk menunjang peraturan tersebut, Anda bisa memberikan fasilitas berupa kaca besar di bagian pintu masuk ruang kerja agar para karyawan bisa mengecek dan merapikan penampilannya sebelum masuk ke ruangan kerja. Penampilan yang rapi mampu meningkatkan performa pekerjaan dan semangat para karyawan. Selain itu, suasana ruang kantor pun menjadi lebih nyaman karena semua orang berpenampilan rapi. Gedung sewa kantor di Bali sudah banyak yang memberi fasilitas kaca besar bagi perusahaan yang ingin menyewa kantor di gedung mereka.

Selain kaca besar, ruang kerja pun sebaiknya terbuat dari kaca agar para karyawan bisa melihat pemandangan di luar. Cara ini terbukti mampu menurunkan stres yang dialami karyawan selama jam kerja. Tidak hanya itu, karyawan juga menjadi lebih rileks dan nyaman berada di ruang kerja. Menggunakan kaca juga dapat mengurangi biaya listrik karena terbantu dengan penerangan alami.

4. Sediakan Ruangan untuk Beristirahat

Bekerja dari pagi hingga sore dan selalu berada dalam satu ruangan tentu membuat karyawan merasa lelah dan juga bosan. Oleh karena itu, perusahaan bisa menyediakan ruangan khusus untuk istirahat para karyawannya. Ruang istirahat ini bisa sekaligus menjadi ruangan bermain yang mampu menyegarkan pikiran karyawannya. Tidak hanya itu, ruang istirahat yang didesain dengan konsep menyenangkan juga mampu memberi inspirasi bagi karyawan. Ruangan ini sangat cocok bagi perusahaan yang menuntut para karyawannya untuk bekerja di bawah tekanan dengan tenggat waktu yang ketat.

Agar ruangan terasa lebih nyaman, Anda bisa menambahkan kursi santai, sofa, dan berbagai hiasan, seperti buku-buku yang berkaitan dengan bidang perusahaan.  Jadi, nantinya karyawan akan lebih bersemangat dan memiliki motivasi baru untuk melanjutkan pekerjaannya.

5. Menempatkan Barang Sesuai dengan Posisinya

Cara ini terbukti mampu membuat karyawan merasa nyaman meski harus duduk lama di ruang kerja. Beberapa hal yang perlu diperhatikan, layar komputer yang sejajar dengan mata. Sebaiknya layar komputer atau laptop memiliki kemiringan 10-15 derajat supaya mata tidak cepat lelah saat harus menatap layar terlalu lama. Penempatan meja kerja juga menjadi hal yang berpengaruh terhadap nyaman atau tidaknya sebuah ruang kerja. Sangat disarankan untuk menggunakan meja kerja yang fleksibel supaya karyawan dapat menata meja sesuai dengan keinginan dan kenyamanan masing-masing.

Demikian penjelasan tentang 5 cara menata ruang kerja kantor Anda agar nyaman. Kini sudah banyak gedung sewa kantor di Bali yang bisa Anda pilih sebagai kantor untuk perusahaan Anda.

Leave a Comment

whatsapp Rent Office Space
whatsapp Rent Apartment