fbpx

Tips & Trik Sebelum Menjatuhkan Pilihan Tempat Tinggal yang Sempurna (PPDS)

 In Article

Tips & Trik Sebelum Menjatuhkan Pilihan Tempat Tinggal yang Sempurna (PPDS) – Berapa banyak waktu dan usaha yang harus dikeluarkan oleh seorang mahasiswa untuk mencari tempat sewa? Apa yang harus dilakukan mahasiswa yang sibuk untuk menciptakan pengalaman masa kuliah yang luar biasa seperti halnya dalam menemukan tempat yang sempurna untuk belajar, bersantai, dan bersenang-senang?

Tips & Trik Sebelum Menjatuhkan Pilihan Tempat Tinggal yang Sempurna (PPDS)

Tips Bagi Mahasiswa Dalam Memilih Tempat Tinggal Sementara

Berikut adalah beberapa tips bagi mahasiswa dalam memilih tempat tinggal sementara selama masa kuliah;

1. Mulai pencarian Anda sebulan lebih awal dari yang direkomendasikan universitas

Mengapa? Karena Anda dapat memulai lebih awal dari siapa pun yang tidak membaca tips ini dan dapat mengamankan tempat sementara orang lain memulai pencarian mereka.

Periksalah ulasan secara online, lingkungan, pemilik properti, dan manajer properti.

Lihat situs yang menawarkan kamar yang bisa disewa untuk kos, rumah untuk dikontrak atau apartemen.

Beberapa situs juga memiliki fitur peta yang menunjukkan segalanya mulai dari lalu lintas hingga kondisi jalan hingga jalur sepeda dan jalan setapak hingga taman.

Namun, umumnya universitas atau perguruan tinggi memiliki kantor perumahan atau yang biasa kita kenal dengan asrama yang disediakan namun tentunya dengan ketentuan yang berbeda-beda.

2. Manfaatkan keluarga, teman, dan media sosial Anda

Jadilah cerdas, jangan menandatangani apa pun atau terutama jangan menyangupi pembayaran deposit sampai Anda meninjau dan menandatangani sewa, memeriksa unit, lingkungan, dan mungkin menelurusi bagaimana situasi tempat sewa dengan tetangga yang sudah menempati tempat tersebut lebih awal.

3. Lakukan perhitungan anggaran selama PPDS

Ya, bayangkan tempat yang sempurna di lingkungan yang bagus. Tetapi Anda harus hidup sesuai dengan kemampuan Anda atau orang tua Anda.

Meskipun mendambakan tempat tingal sementara yang nyaman dan ditunjang dengan fasilitas yang menarik, namun bila anggaran yang anda punya tidak mencapai, baiknya lakukan pencarian dan perbandingan lebih banyak lagi.

Ingat, selain kebutuhan untuk tempat sewa, anda akan merogoh kocek untuk kebutuhan hidup sehari-hari dan juga selama masa pendidikan berlangsung

4. Persempit pencarian Anda

Sekarang saatnya berjalan kaki ke beberapa tempat terdekat untuk mencari tahu berapa menit jarak tempuh jika ada keperluan mendadak yang kalian butuhkan seperti ke pusat perbelanjaan, ATM, rumah sakit atau hanya sekedar warung makan.

Cari tahu juga tingkat kenyamanan lingkungan dan suasana sekitarnya. Contohnya keamanan, penerangan, tingkat kebisingan lingkungan, lahan parkir dan lalu lintas yang akan dilalui.

5. Pelajari semua tentang sewa

Jangan menandatangani sampai Anda memahami semua detail perjanjian atau dijelaskan kepada oleh pihak ketiga. Yang perlu Anda perhatikan sebelum menandatangani perjanjian adalah;

  • Keakuratan data
  • Sistem deposit
  • Perawatan Unit
  • Yang termasuk dalam biaya sewa
  • Waspada penalti
  • Tanda tangan diatas materai

6. Pengecekan detail pada unit

Lakukan penelusuran dengan pemilik atau manajer properti, ambil foto apa pun yang perlu diperbaiki atau memerlukan cat baru ada yang tergores, atau bisa juga jika ada perlatan yang disediakan tidak berfungsi. Pastikan air menyala, toilet berfungsi, memeriksa semua stopkontak, jendela, dan kunci.

Bila perlu Anda bisa mencoba seberapa bagus sinyal jaringan seluler di unit tersebut.

7. Persiapan saat akan menandatangani perjanjian sewa

Jika Anda sudah menemukan tempat impian dan cocok dalam segala aspek yang dijadikan pertimbangan, kini saatnya untuk menandatangani perjanjian sewa.

Bersikaplah ramah, sopan dan terlihat baik dalam menjaga komunikasi dan kerja sama selama menghuni unit tersebut nantinya.

Hal-hal tersebut umumnya menunjukkan rasa hormat dan merupakan indikasi bawah Anda akan menjaga tempat tersebut.

Gunakan waktu sebanyak yang Anda butuhkan untuk membaca kontrak atau perjanjian sewa dengan teliti dan cermat.

8. Beberapa tambahan

Pertimbangan lain adalah saat memilih teman sekamar yang baik, memastikan transportasi akan mudah dan cepat, tidak terlalu jauh dari tempat rekreasi dan olahraga.

Manfaatkan aplikasi untuk mengatasi lalu lintas jika Anda melakukan perjalanan jauh atau berkendara di dalam dan di sekitar kota besar.

Anda mungkin berpikir ini adalah pekerjaan yang menyita waktu. Tapi ciptakanlah pikiran seperti ini : Anda ingin tinggal di tempat terbaik selama belajar, bergaul dengan teman dan bersenang-senang. Ingat: Anda dalam proses membuat kenangan yang tak akan terlupakan.

Dan, kemungkinan besar, Anda akan menyewa lebih lama dari yang Anda perkirakan.

Mengintip beberapa tips diatas sebelum memilih unit yang tepat, The Ambengan Tenten adalah solusinya. Tanpa perlu pergi jauh meninggalkan tempat tinggal Anda, apartemen yang berlokasi di pusat kota Denpasar ini sudah memiliki semua fasilitas yang Anda butuhkan.

Segi keamanan, kebersihan dan protokol kesehatan yang diterapkan sesuai standar pun tidak perlu diragukan lagi.

Apalagi jika anda adalah calon mahasiswa yang akan mengikuti PPDS (Program Pendidikan Dokter Spesialis) UNUD Bali, apartemen ini menjadi rekomendasi yang sempurna.

Comments
pingbacks / trackbacks

Leave a Comment

whatsapp Rent Office Space
whatsapp Rent Apartment