fbpx

Tips Menata Dapur Apartemen Yang Mungil Dan Nyaman

 In Article

Tips Menata Dapur Apartemen Yang Mungil Dan Nyaman – Memiliki dapur yang fungsional, rapi, dan hiegienis adalah dambaan semua orang, apalagi untuk yang memiliki hobi memasak. Dapur yang cantik dipadukan dengan desain interior ruang yang lain tentu membentuk satu kesatuan yang indah dan menawan.

Tips Menata Dapur Apartemen Yang Mungil Dan Nyaman

Bila dapur memiliki luas ruangan yang relatif sempit tentu memerlukan banyak pertimbangan terutama untuk tata letak perabotan dan alat memasak serta sirkulasi orang maupun barang di dalam dapur, sehingga dapur yang didesain bisa terlihat indah dan berfungsi dengan optimal. Nah, untuk kalian yang memiliki dapur yang tidak terlalu luas di apartemen di bali, berikut triknya bisa dibaca dibawah ini:

Tips Menata Dapur Apartemen 

Mencari Inspirasi Dan Referensi Desain Dapur

Langkah awal yang perlu dilakukan  dalam mendesain sebuah dapur adalah dengan mencari inspirasi dan referensi menata dapur apartemen yang disukai sebanyak-banyaknya. Dengan perkembangan internet yang begitu pesat tentu bukanlah hal yang sulit untuk mencari contoh-contoh desain dapur yang disukai. Bila sudah mendapatkan beberapa contoh desain, cobalah untuk mengkombinasikan desain tersebut untuk menjadi sebuah desain dapur yang cantik dan nyaman. Menggunakan jasa kitchen designer yang memang profesional dalam mendesain dapur tentu bisa menjadi salah satu pilihan yang bisa dilakukan untuk menata dapur apartemen di bali, namun harus diingat untuk biaya desain seorang profesional kitchen designer tentu tidaklah murah.

Buat Rincian Daftar Peralatan Yang Digunakan

Pentingnya membuat rincian daftar peralatan dan perlengkapan memasak adalah untuk bisa mendesain ruang yang cukup untuk penyimpanan. Hal ini terlihat simple dan terkadang sering dilupakan, padahal memiliki dampak yang signifikan untuk tampilan dapur kalian. Bisa dibayangkan jika ruang penyimpanan tidak cukup untuk menyimpan semua peralatan, maka akan terjadi penumpukan peralatan di beberapa sudut, bila hal itu terjadi tentu membuat dapur kalian terlihat berantakan, tidak enak dipandang dan bisa mempengaruhi mood saat memasak.

Rencanakan Tata Ruang Dan Tata Letak Yang Optimal

Ada beberapa bentuk desain dapur yang bisa digunakan untuk di apartemen di bali, seperti bentuk L atau bentuk U, pertimbangkan juga ukuran dapur yang dimiliki serta sirkulasi di dalam dapur. Bila sudah menentukan bentuk desain dapur, saatnya untuk merencanakan tata letak peralatan dan perlengkapan memasak. Penataan peralatan dan perlengkapan bertujuan untuk membuat dapur terlihat rapi dan tertata dengan baik, dan juga memudahkan mencari peralatan saat akan digunakan. Hal ini tentu akan membuat fungsi dapur menjadi lebih optimal.

Menggunakan Kabinet Dinding Sebagai Tambahan

Pada era modern seperti sekarang penggunaan kabinet adalah hal yang sangat penting ada di dapur karena berfungsi untuk menyimpan peralatan dan perlengkapan dapur. Jika dapur kalian di apartemen di bali relatif sempit dan kekurangan ruang untuk penyimpanan, maka bisa mempertimbangkan untuk menggunakan kabinet dinding sebagai storage tambahan.

Rencanakan Pencahayaan Yang Tepat Untuk Dapur

Pencahayaan yang tepat akan mempercantik tampilan dan penataan dapur serta membuat aktivitas atau kegiatan di dapur bisa optimal. Tentu pencahayaan alami dari cahaya matahari perlu dimaksimal, karena cahaya matahari bisa membuat ruang dan penghuni apartemen di bali bisa lebih sehat. Bila cahaya matahari tidak maksimal menyinari dapur, maka bisa disiasati dengan pencahayaan buatan dari lampu. Gunakanlah watt lampu yang cukup terang sehingga ativitas memasak tidak terganggu.

Perhatikan Sirkulasi Udara

Salah satu ciri-ciri ruangan yang sehat adalah sirkulasi udara yang baik. Dengan sirkulasi udara yang baik bisa membuat dapur tidak berbau, tetap segar dan higienis. Semakin banyak jendela maka sirkulasi udara juga akan berlangsung dengan optimal.

Kombinasi Warna Yang Tepat Menata Dapur Apartemen

Kombinasi warna yang tepat akan menentukan tampilan dapur yang indah dan menawan. Kombinasi ini bukan hanya pada pemilihan warna saja tapi juga material yang digunakan, mulai dari lantai, dinding, plafon hingga furnitur dan kabinet dapur. Warna-warna cerah dan warna netral akan memberikan efek yang ceria dan energik, warna-warna gelap akan memberikan nuansa yang mewah dan elegan.

Tambahkan Dekorasi Untuk Mempercantik Ruang Dapur

Untuk mempercantik tampilan dapur bisa ditambahkan beberapa dekorasi sebagai aksen. Banyak pilihan dekorasi yang bisa digunakan, seperti vas bunga, koleksi toples atau gelas unik yang memiliki nilai estetika yang tinggi.

Hindari Mengoleksi Banyak Peralatan

Jika dapur kalian di apartemen di bali relatif sempit tentu ruang untuk penyimpanan peralatan menjadi terbatas, maka hindari mengoleksi banyak peralatan yang jarang digunakan untuk menghindari penumpukan peralatan yang bisa membuat dapur terlihat berantakan.

Semoga artikel tips menata dapur apartemen yang mungil dan nyaman ini bisa menginspirasi buat kalian yang memiliki apartemen di bali. Nantikan artikel-artikel kami selanjutnya yang tentunya akan tetap menarik dan bisa menambah wawasan kalian tentang dunia arsitektur dan interior.

Leave a Comment

whatsapp Office
whatsapp Rent Apartment