fbpx

Ternyata Hal Ini yang Menyebabkan Work from Bali Menjadi Masuk Akal

 In Article

Ternyata Hal Ini yang Menyebabkan Work from Bali Menjadi Masuk Akal – Stay home, tidak bepergian jika tidak diperlukan, menjaga jarak, semua hal yang dihimbau oleh pemerintah telah kita lakukan demi mencegah penyebaran COVID-19. Tetapi hal ini memang juga tidak dipungkiri berdampak pada ekonomi yang jatuh, mata pencaharian yang hancur dan kesehatan mental menjadi terganggu.

Dunia telah hidup dengan ketakutan ini selama satu tahun lebih  dan tidak ada yang  benar-benar tahu berapa lama lagi akan pulih seperti semula.

Wajar untuk mengatakan, industri pariwisata Bali mungkin mengalami pukulan terberat yang pernah ada dan jumlah kedatangan para wisatawan menurun drastis.

Namun segala peraturan yang telah diberlakukan oleh pemerintah, dan akhirnya diterapkan di Bali, tidak membuat suasana pulau ini meninggalkan pengalaman yang traumatis.

Memang banyak hotel, toko, restoran, dan bar yang tutup dan masa depannya tidak terlihat cerah, namun ada juga yang berhasil tetap beroperasi meski dengan pembatasan sosial “new normal” dan bahkan ada beberapa orang yang berani membuka usaha baru. Mereka mungkin belum berkembang (belum) tetapi mereka melayani komunitas lokal yang membantu menjaga tingkat kenormalan dalam situasi yang kurang kondusif ini.

Ternyata Hal Ini yang Menyebabkan Work from Bali Menjadi Masuk Akal

Mengapa Work from Bali Masuk Akal?

Peluang untuk mendapatkan harga sewa jangka panjang yang terjangkau sangatlah banyak. Jangankan di daerah pusat kota seperti Denpasar, daerah yang biasa dikunjungi turis seperti Canggu, Seminyak, Kuta atau Ubud pun juga menawarkan hal yang mirip.

Work from Bali adalah waktu yang tepat bagi kita pelaku pariwisata untuk sedikit demi sedikit membangun apa yang telah hilang sejak pandemi. Meski tingkat hunian tidak sebaik biasanya, namun hal ini tentu menjadi langkah awal yang bagus.

Menghabiskan waktu di Bali saat sedang karantina ataupun work from Bali sangatlah layak. Pulau ini mampu membantu mempertahankan tingkat kewarasan kalian.

Menurut Gapura Bali, ada empat aspek utama mengapa tren work from Bali menjadi sangat diidam-idamkan dan populer;

  1. Ekosistem Kreatif di Bali mendukung pendirian dan pengembangan startup, yang secara intrinsik terkait dengan kreativitas dan inovasi teknologi.
  2. Lokasi – Bali secara fisik terletak dengan baik dan memiliki akses yang bagus untuk dengan mudah memasuki pasar dan peluang di ekonomi digital Indonesia serta seluruh Asia Tenggara.
  3. Kualitas Hidup di Bali baik dan kondusif bagi mereka yang berkecimpung di industri kreatif. Perumahan juga relatif murah jika dibandingkan dengan kota-kota besar Asia lainnya.
  4. Destinasi Wisata Terbaik – Posisi Bali sebagai destinasi wisata kelas dunia menarik investor asing dan mereka yang tertarik untuk mendanai dan membesarkan startup dalam negeri.

Beberapa Persiapan work from Bali

Namun, terlepas dari alasan mengapa work from Bali menjadi tren saat ini, perlu kalian perhatikan juga beberapa kesiapan seperti;

Perhitungkan anggaran work from Bali

Selama hidup di Bali,  biasanya kalian akan tergoda untuk memulai gaya hidup yang berbeda dari kota besar. Bepergian hanya sekadar duduk di coffee shop, menghabiskan sore di salah satu beach club, mengunjungi destinasi wisata yang masuk ke dalam bucket list kalian  adalah hal yang dinanti-nantikan.

Tapi ingatlah tujuan awal, kalian disana untuk bekerja dan bisa kalian selingi untuk berekreasi di hari libur.  Perhitungan ini juga termasuk saat kalian menentukan penginapan untuk tinggal saat work from Bali. Cobalah mencari penginapan yang member harga sewa jangka panjang yang masuk akal namun tetap dengan fasilitas yang memadai.

Mencari tahu daerah yang aman

Saat kalian mempunyai waktu untuk mengunjungi daerah wisata, pastikan untuk mencari tahu apakah daerah tersebut aman untuk dikunjungi. Mengingat kondisi pandemi seperti ini, tetaplah untuk menerapkan protokol  kesehatan sesuai standar. Tentu kalian tidak ingin terpapar virus setelah melakukan liburan bukan?

Tetap profesional selama work from Bali

Tetaplah pada pola pikir bahwa kalian datang kesana untuk bekerja bukan untuk berlibur. Meski work from Bali terdengar seperti workcation, tetap saja kalian memiliki beban pekerjaan yang perlu diselesaikan. Bekerjalah sesuai jam yang seharusnya. Jangan juga bekerja melebihi kemampuan tubuh kalian, tubuh pada dasarnya memerlukan istirahat agar bisa tetap berenergi dan semangat.

Tinggalkan rumah kalian dalam keadaan aman

Jika memilih work from Bali dalam jangka panjang, pastikan untuk meniggalkan rumah kalian dalam keadaan aman. Seperti misal  memastikan tidak ada sampah yang menumpuk, tanaman atau hewan peliharaan yang perlu rutin untuk dirawat dan listrik yang perlu diatur. Memilih seseorang yang tepat dan dapat dipercaya dalam menangani hal ini adalah solusi yang baik. Jadi kalian bisa meninggalkan rumah saat work from Bali tanpa takut keadaan rumah akan terbengkalai.

Jika kalian adalah satu diantara orang-orang yang ingin melakukan work from Bali, semoga bacaan diatas bermanfaat. Dari manapun melakukan pekerjaan tentu akan terasa lebih menyenangkan jika dibarengi dengan suasana yang tenang dan damai.

Leave a Comment

whatsapp Rent Office Space
whatsapp Rent Apartment