fbpx

Masalah Kesehatan yang Bisa Menghantui Saat Work from Bali

 In Article

Masalah Kesehatan yang Bisa Menghantui Saat Work from Bali – Bukankah rasanya seperti mimpi saat akhirnya pekerjaan yang melelahkan di kantor berubah suasana menjadi work from Bali? Tidak ada lagi macet selama perjalanan, tidak ada lagi kelelahan, tidak ada lagi rapat yang tegang seperti biasanya.

Tetapi setelah melakukan work from Bali untuk kurun waktu yang cukup lama, kita menjadi malas dan rentan terhadap beberapa penyakit kesehatan.

Selama work from Bali yang kalian selingi dengan liburan ini, apakah kalian memperhatikan adanya perubahan pada kesehatan fisik atau mental kalian?

Masalah Kesehatan yang Bisa Menghantui Saat Work from Bali

Apakah kalian merasa lebih stress daripada saat bekerja di kantor?

Apakah karantina atau mungkin segala peraturan pemerintah yang membatasi ruang gerak kita akhirnya mengambil alih kewarasan kalian?

Jika iya, maka kalian adalah salah satu dari orang yang terkena dampak negatif dari situasi yang tak terhindarkan ini. Dan tanpa kita sadari, hal ini telah mengubah hidup kita.

Bekerja secara jarak jauh terkadang mengubah kita menjadi orang yang cepat tersinggung. Tidak hanya itu saja, tetapi kesehatan mentral dan fisik kalian pun menurun.

Masalah Kesehatan Saat Work from Bali

Berikut ini adalah masalah kesehatan paling umum yang mungkin kalian hadapi saat work from Bali dan cara mengatasinya ;

Kesendirian selama work from Bali

Kita adalah makhluk sosial, jadi tentu saja kita membutuhkan orang lain untuk berkembang. Terkurung di satu tempat dapat menimbulkan perasaan depresi dan kesedihan. Sangat penting bagi kalian untuk tetap terhubung dengan seseorang yang kalian kenal dan terlibat dengan orang-orang yang dapat membuat kalian bersemangat setiap harinya.

Burnout

Kalian mungkin tidak pernah menyadarinya. Karena burnout ini merupakan masalah pada kesehatan mental yang terjadi secara berulang lalu berakibat pada kesehatan fisik juga.

Terkadang hal ini terpicu saat bekerja secara jarak jauh, sulit untuk mematuhi jadwal yang telah ditetapkan. Terjadilah kelelahan yang menumpuk karena dirasa tidak sanggup menjalankan tanggung jawab pekerjaan.

Tidak peduli seberapa sibuk dan banyaknya pekerjaan kalian, hindarilah bekerja diluar jam yang seharusnya. Bekerjalah sesuai porsi dan jam kerja yang berlaku. Hal ini mampu untuk menghindari stress dan kelelahan yang berlebih.

Nafsu Makan Berlebih

Masalah keuangan, work from Bali yang dilakukan dengan keluarga atau teman, dan mengajar anak-anak secara online menggantikan tugas guru di sekolah, semua itu dapat menambah tingkat stres dan menyebabkan kalian mendambakan makanan padat kalori.

Apalagi jika hal ini dikombinasikan dengan kurang olahraga dapat mendatangkan malapetaka pada tubuh kalian. Cobalah untuk makan makanan yang sehat, olahraga, dan jaga tingkat stres kalian untuk menghindari komplikasi kesehatan.

Berat Badan

Duduk dalam waktu yang cukup lama, tidak berolahraga dan memilih cara diet yang salah dan tidak sehat, hal ini tentu saja memicu penambahan berat badan yan tidak diinginkan. Setelah berat badan bertambah, pastinya akan menyebabkan masalah pada kesehatan.

Pastikan kalian mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi, juga berolahraga setidaknya 5 jam setiap minggu. Dan jangan lupa untuk tidur minimal 7-8 jam sehari.

Back Tension

Duduk dalam posisi yang tidak seimbang dapat menyebabkan otot leher, bahu, lengan yang terlalu banyak digunakan menjadi dan menyebabkan rasa sakit. Penting bagi kalian untuk duduk dalam posisi yang benar dengan siku kira-kira 90 derajat saat duduk di depan komputer. Pastikan kalian berdiri dan melakukan peregangan setiap jam untuk menghindari kekakuan, dan minum banyak air agar tetap terhidrasi.

Nyeri otot

Postur tubuh yang buruk juga dapat menyebabkan nyeri pada otot. Sangat penting untuk kalian menyadari posisi tubuh dan duduk dengan punggung lurus dan melakukan peregangan setiap jam untuk menghindari komplikasi tersebut.

Insomnia

Melihat layar sepanjang hari tanpa tujuan dapat menghambat pola tidur kalian dan menyebabkan insomnia. Saat kalian selesai melakukan pekerjaan, jauhkan ponsel, laptop, dan gadget appaun setidaknya dua jam sebelum tidur agar tubuh kalian masuk ke mode tidur.

CTS (Carpal Tunnel Syndrome)

Istilah kesehatan yang satu ini mungkin masih asing di telinga kalian. Yang satu ini terjadi karena adanya saraf yang terjepit di bagian pergelangan tangan. Lalu berakibat pada mati rasa dan kesemutan pada tangan dan lengan.

Jika kalian cenderung menghabiskan waktu dengan duduk berlama-lama di depan komputer dan menggerakkan tangan secara intens saat mengetik atau menggerakkan keyboard, berujung pada sindrom ini.

Istirahatlah sejenak, gerakkan atau kibaskan pergelangan tangan kalian dengan perlahan. Atau kalian bisa mencoba dengan kompres air hangat.

Pro Tips ;

  • Pola tidur tetap dijaga 7-8 jam sehari
  • Selalu menerapkan posisi duduk secara benar
  • Selalu melakukan peregangan sesekali selama 30 menit sekali
  • Terapkan pola makan yang sehat dan teratur
  • Rajin berolahraga
  • Membatasi cemilan dengan kandungan yang tidak sehat
  • Selalu berkomunikasi dengan orang-orang terdekat

Leave a Comment

whatsapp Rent Office Space
whatsapp Rent Apartment