fbpx

Ide Dan Trik Memaksimalkan Area Ruangan Kecil

 In Article

Ide Dan Trik Memaksimalkan Area Ruangan Kecil – Saat kalian menempati sebuah rumah atau apartemen yang kecil, tentu sulit untuk menyesuaikan semua keperluan kalian bisa ditempatkan di ruangan yang relatif kecil. Mencari solusi untuk tantangan dan rintangan tersebut memang tidak mudah, karena ingin kebutuhan bisa terpenuhi namun ruangan tidak terasa penuh sesak. Beberapa ide dan trik yang sudah kami rangkum ini semoga bisa menjadi salah satu solusi untuk kalian yang memiliki apartemen di bali.

Ide Dan Trik Memaksimalkan Area Ruangan Kecil

Ide dan Trik Memaksimalkan Area Ruangan Kecil

Gabungkan Material Yang Reflektif

Gunakan cat dinding yang glossy atau mengkilap dan juga ubin dengan permukaan yang mengkilap. Bahan yang berkilau dan bersifat reflektif akan menghasilkan efek seperti cermin dengan maksimal, memantulkan cahaya dan ruangan serta furnitur yang membuat ruangan apartemen di bali terkesan lebih luas.

Gunakan Pintu Geser

Memilih pintu geser dengan panel jendela kaca mampu memisahkan ruangan namun cahaya matahari tetap bisa meneranginya ruangan-ruangan tersebut. Menggunakan pintu geser juga lebih baik daripada pintu ayun pada umumnya, karena lebih sedikit menghabiskan ruang saat di buka.

Siasati Barang Yang Sudah Tidak Terpakai

Jilka ruang tidur kalian terbatas dan kalian tidak ingin membeli furnitur baru, kalian bisa mengakalinya dengan menggunakan barang-barang yang sudah tidak terpakai. Sebagai contoh kalian bisa menggunakan sebuah kursi sebagai meja samping untuk tempat tidur dan pasang lampu baca pada dinding untuk menghemat ruangan. Kemudian pilih warna pastel yang ceria untuk dinding kamar tidur untuk menciptakan suasana yang bahagia.

Kamuflase Furnitur Seperti Dinding

Untuk menyiasati ruang yang sempit memang diperlukan ide-ide yang kreatif. Salah satunya adalah mengecat furnitur kalian seperti lemari, rak, hingga lemari es yang menempel dengan dinding. Gunakanlah warna cat yang sama dengan dinding sehingga furnitur kalian berkamuflase seperti menyatu dengan dinding dan membuat kesan ruangan yang lebih luas.

Gunakan Meja Makan Yang Lebih Kecil

Karena fungsinya hanya sebagai tempat saat makan bukan ativitas dengan durasi yang lama, kalian bisa menggunakan meja makan bundar yang berukuran kecil. Selain fungsi sebagai tempat untuk menikmati hidangan masih terpenuhi, ruangan yang diperlukan untuk menempatkan meja makan ini lebih sedikit.

Pasang Televisi Pada Dinding

Jika ruangan kalian di apartemen di bali relatif sempit, jangan menggunakan rak konsol sebagai tempat dudukan televisi karena akan menghabiskan tempat yang cukup banyak. Kalian bisa memasang televisi kalian pada dinding menggunakan bracket, saat ini hampir semua produsen televisi memberikan bracket pada paket pembelian untuk menggantung televisi pada dinding.

Gunakan Furnitur Yang Berfungsi Ganda

Jika ruangan kalian relatif sempit dan tidak cukup untuk meletakkan banyak furnitur, kalian bisa menggunakan furnitur-furnitur yang memiliki fungsi ganda, hal ini tentu akan membuat ruangan kalian yang sempit menjadi lebih lega. Contohnya kalian bisa menggunakan meja yang bisa berfungsi sebagai meja kopi dan meja makan, atau mencari sofa yang berfungsi ganda sebagai tempat duduk dan tempat tidur jika ada tamu yang menginap.

Memasang Cermin

Ini adalah trik terlama dalam desain interior. Dengan memasang beberapa cermin di titik-titik yang tepat akan membuat ruangan kalian lebih luas, lebih lega, dan lebih terbuka, karena cermin dapat memantulkan segala sesuatu yang ada di dalam ruangan.

Gunakan Warna-warna Netral

Ruangan-ruangan yang menggunakan warna netral dan lembut dapat memberikan kesan ruangan yang lebih luas daripada yang sebenarnya. Pastikan kalian menambahkan beberapa tekstur agar ruangan tidak terkesan datar.

Sesuaikan Ruang Penyimpanan

Semakin banyak rak dan lemari yang kalian gunakan untuk menyimpan barang maka akan semakin banyak pula ruangan yang dihabiskan. Untuk mengatasinya, salah satu trik yang dapat kalian lakukan dengan memesan sebuah bangku dengan rak penyimpanan di bawahnya.

Gunakan Semua Permukaan Yang Tersedia

Bahkan ambang atau kusen jendela bisa kalian manfaatkan sebagai tempat penyimpanan ekstra. Kalian bisa meletakkan lampu baca, koleksi buku, dan dekorasi yang berukuran kecil lainnya tanpa memerlukan lemari penyimpanan tambahan yang menghabiskan banyak tempat di apartemen di bali.

Manfaatkan Ruang Vertikal

Jika langit-langit ruangan kalian di apartemen di bali cukup tinggi dan masih memiliki banyak ruang kosong, kalian bisa memanfaatkannya sebagai tempat penyimpanan tambahan. Trik ini sering digunakan untuk area dapur yang luasnya relatif sempit.

Gunakan Teknik Pencahayaan Yang Tepat

Sebuah teknik pencahayaan baik akan menciptakan nuansa tertentu pada suatu ruangan. Dengan teknik pencahayaan tepat kalian juga bisa membuat ruangan yang sempit terlihat lebih luas.

Semoga artikel ide dan trik yang akan memaksimalkan area ruangan kecil ini bisa menginspirasi buat kalian yang memiliki apartemen di bali. Nantikan artikel-artikel kami selanjutnya yang tentunya akan tetap menarik dan bisa menambah wawasan kalian tentang dunia arsitektur dan interior.

Leave a Comment

whatsapp Rent Office Space
whatsapp Rent Apartment