fbpx

Inspirasi Panel Dinding Untuk Mempercantik Ruangan Apartemen

 In Article

Inspirasi Panel Dinding Untuk Mempercantik Ruangan ApartemenDinding dari sebuah apartemen di bali adalah suatu bidang yang menjadi salah satu syarat terbentuknya ruang pada sebuah bangunan yang membagi tiap-tiap ruangan di dalam bangunan dan juga membatasi ruang antara ruang dalam dengan ruang luar.

Dalam sebuah bangunan baik itu bangunan rumah tinggal, gedung perkantoran, ataupun apartemen di bali, dinding mempunyai fungsi yang sama, antara lain sebagai penyangga beban struktur di atasnya seperti langit-langit dan atap, memberikan perlindungan dan privacy yang berada di dalam bangunan, memisahkan ruangan yang satu dengan ruangan yang lain, memberi nilai estetika jika dilapisi beragam material finishing.

Dinding bisa dibagi menjadi dua jenis, yaitu dinding struktural dan dinding non struktural. Dinding struktural adalah dinding yang menopang beban struktur di atasnya dan dinding yang menahan tekanan dari arah samping. Adapun contoh dinding struktural antara lain bearing wall, load bearing wall, dan foundation wall. Dinding non struktural adalah dinding yang digunakan untuk membagi ruang menjadi dua ruang atau lebih, penahan api akibat kebakaran, dan tambahan untuk mengisi kekosongan akibat struktur. Adapun contoh dinding non struktural antara lain partition wall, fire wall, dan panel wall.

Panel wall atau panel dinding merupakan produk modern yang saat ini sedang populer. Penggunaan panel dinding ini akan membuat ruangan terkesan indah dan memiliki nilai artistik. Banyak dan beragamnya pilihan bahan, motif dan desain membuat panel dinding mulai banyak digunakan termasuk untuk apartemen di bali.

SISTEM PANEL DINDING

Panel dinding bisa dibagi menjadi dua sistem yang berbeda. Sistem yang pertama adalah dengan menempel langsung panel pada dinding, sistem ini berlaku untuk permukaan dinding yang rata dan menggunakan bahan panel yang ringan. Sistem yang kedua adalah sistem grid, ukuran grid bisa bervariasi tergantung bahan dan pola dari panel yang digunakan. Sistem grid ini sangat membantu untuk menutupi apabila ada permukaan dinding yang miring atau bergelombang dan juga menutupi pipa-pipa maupun instalasi listrik yang kurang rapi. Bahan bingkai grid bisa menggunakan logam atau kayu tergantung bahan panel yang digunakan.

JENIS PANEL DINDING BERDASARKAN BAHANNYA

  • Panel dinding beton, terbuat dari campuran material beton, memiliki sifat yang kuat, tahan lama, tidak mudah rusak dan tahan terhadap cuaca ekstrim
  • Panel dinding kayu, bisa menggunakan berbagai jenis kayu mulai dari kayu solid maupun kayu olahan. Penggunaan panel dinding kayu memberikan nuansa yang alami dan hangat.
  • Panel dinding batu alam, terbuat dari beberapa jenis batu alam, seperti marmer, granit dan lain sebagainya. Penggunaan panel dinding batu alam memberikan nuansa yang mewah dan elegan.
  • Panel dinding kaca, terbuat dari material kaca, mempunyai beragam ukuran dan variasi warna. Penggunaan panel dinding kaca memberikan nuansa yang dinamis dan membuat kesan ruang yang luas. Biasa digunakan untuk gedung bertingkat seperti hotel, kantor maupun apartemen di bali.
  • Panel dinding polikarbonat, terbuat dari material plastik atau termoplastik. Panel dinding polikarbonat mempunyai bobot yang cukup ringan dan harganya terjangkau.

PANEL DINDING BERDASARKAN PERMUKAANNYA

1. Panel dinding dekoratif

Panel dinding dekoratif adalah salah satu panel yang banyak digunakan karena tersedia dalam berbagai bahan dan ukuran serta bisa dikombinasi menjadi banyak bentuk. Bahan-bahan yang bisa digunakan sebagai penutup seperti papan kayu, papan gypsum, logam, lembaran pvc, dan lain-lain. Panel dinding dekoratif banyak digunakan untuk interior rumah tinggal, cafe, restauran, hotel, maupun apartemen di bali.

2. Panel dinding tile board

Tile board adalah papan MDF (medium density fiberboard) yang diberikan lapisan melamin di atasnya. Pemasangannya ditata rapi sehingga nampak seperti ubin keramik. Kelebihan panel ini adalah lebih praktis dan lebih cepat dalam pemasangan. Tile board sering diaplikasi pada dinding area dapur dan kamar mandi.

3. Panel dinding utilitas

Panel utilitas adalah panel dari papan yang berlubang untuk menggantung atau memegang sesuatu. Panel ini lebih cocok ditempatkan di ruangan yang sempit karena bisa sebagai tambahan tempat penyimpanan. Panel utilitas sering diaplikasi pada ruang dapur, garasi maupun gudang.

4. Panel dinding akustik

Panel dinding akustik mempunyai banyak fungsi terutama yang berhubungan dengan suara, seperti mengurangi gema, menyerap suara sehingga tidak terdengar di ruangan lain, mengendalikan tingkat kebisingan di suatu ruangan. Bahan-bahan yang bisa digunakan sebagai penutup dinding akustik, seperti kain, busa, papan berlubang dan lain-lain. Panel dinding akustik sering digunakan di bioskop, ruang pertunjukan atau teater, dan ruang pertemuan atau meeting room.

Semoga artikel inspirasi panel dinding untuk mempercantik ruangan ini bisa menginspirasi buat kalian yang memiliki apartemen di bali. Nantikan artikel-artikel kami selanjutnya yang tentunya akan tetap menarik dan bisa menambah wawasan kalian tentang dunia arsitektur dan interior.

Leave a Comment

whatsapp Office
whatsapp Rent Apartment