fbpx

Coworking Space dan Keuntungan Dibaliknya

 In Article

Coworking Space dan Keuntungan Dibaliknya – Istilah coworking space sudah sering kita dengar dan tidak asing lagi. Terutama di kota-kota besar misalnya Jakarta, Surabaya dan masih banyak lagi kota besar lainnya.

Bahkan di Bali yang merupakan pulau kecil pun sudah tidak sulit lagi untuk ditemukan. Tetapi, apa arti dari istilah coworking space ini? Coworking space sebenarnya adalah istilah yang berasal dari serapan bahasa Inggris yaitu Coworking dan Space. Co-working ini memiliki arti pekerjaan yang dilakukan bersama, baik itu dengan rekan kerja dalam satu perusahaan atau juga bisa diluar perusahaan.

Coworking Space dan Keuntungan Dibaliknya

Untuk space, kata ini memiliki arti area, lokasi atau bisa juga tempat. Jadi dengan kata lain coworking space ini bisa diartikan sebagai sebuah ruangan yang terbuka dan dimanfaatkan oleh para pegawai yang mengusung gaya modern.

Umumnya, lokasi yang dimanfaatkan untuk tempat coworking space ini sendiri identik dengan dekorasi sebuah meja dan kursi yang nyaman dan tentunya dengan tema apa saja yang sedang naik daun saat ini.

Dengan pencahayaan yang cukup, kenyamanan dalam bekerja juga sangat diutamakan dalam pembuatan coworking space ini sendiri.

Keunggulan dari Coworking Space yang Sedang Marak

Budaya gotong royong ini muncul sebagai bentuk transformasi gaya kerja, teknologi, dan budaya disebuah daerah (daerah/kota). Seiring dengan berkembangnya teknologi, akhir-akhir ini pegawai kantoran jarang ditemukan bekerja dengan memanfaatkan PC di meja mereka.

Tentu saja sudah ada perangkat keras baru yang lebih modern seperti laptop atau perangkat pintar lainnya. Laptop yang dinilai lebih fleksibel dari segi perawatan, ekonomis dari biaya, dan yang mudah dibawa kemana-mana, namun tetap dapat digunakan untuk berbagai macam kebutuhan kerja.

Fleksibilitas ini yang kemudian mengubah kebiasaan seorang pekerja, dia bisa membawa pekerjaan kemanapun tanpa harus berada di kantor. Mereka bisa berada di kedai kopi untuk sekadar menyelesaikan laporan setelah bertemu dengan rekan kerja di luar, atau menghilangkan rasa kantuk karena bosan berada di dalam kubikel kantor.

Dikarenakan terjadinya perubahan terhadap gaya bekerja seperti itu, maka muncul lah konsep bekerja di coworking space seperti sekarang ini. Yang dimana orang dari bermacam-macam bidang dan kegemaran yang berbeda bekerja dalam satu meja atau lingkungan. Hal ini dipercaya mampu menciptakan budaya atau lingkungan yang saling mendukung satu sama lain dalam pekerjaan mereka masing – masing.

Dongkrak produktifitas, coworking space didukung dengan fasilitas yang menunjang

Terciptanya peluang untuk membuat kolaborasi dari berbagai pihak. Misalnya penyedia – penyedia fasilitas – fasilitas pendukung untuk menciptakan suasana dan lingkungan kerja yang lebih menyenangkan dan mampu mempengaruhi produktifitas kerja.

Ruangan dengan pencahayaan yang cukup, desain interior yang menginspirasi, akses internet yang tinggi, hingga musik yang diputar melalui pengeras suara sekeliling area kerja menjadi fasilitas pendukung lain yang membuat ruang kerja sebagai tempat yang sesuai dalam melepaskan kepenatan yang selama ini muncul sebagai akibat budaya kerja tradisional.

Pada intinya, lingkungan dan suasana dari sarana ini sendiri memang diciptakan khusus untuk menunjang segala macam aktivitas yang menjadikan coworking space sebagai jawaban untuk memaksimalkan kualitas kerja setiap penggunanya.

Coworking menawarkan fleksibilitas & penghematan biaya

Coworking space memungkinkan pekerja lepas atau pekerja tetap memiliki kebebasan untuk membayar hanya untuk apa yang mereka butuhkan, saat mereka membutuhkannya.

Fleksibilitas ini sangat penting bagi perusahaan, terutama bagi mereka yang berada dalam tahap pertumbuhan tinggi untuk dengan mudah memperluas ruangan atau pindah saat mereka membutuhkannya tanpa tekanan sewa jangka panjang.

Selain itu, perusahaan yang merangkul solusi coworking space tidak akan menanggung biaya hunian yang besar. Biaya seperti menyiapkan pekerjaan listrik, pengadaan furnitur, atau membangun infrastruktur jaringan.

Hal-hal ini bisa saja terbilang mahal di kantor normal. Tapi dalam pengaturan coworking space ini sendiri, hal-hal tersebut sudah diurus.

“An hourly workspace”

Untuk beberapa profesional solo dan tim jarak jauh, ruang kerja per jam bisa menjadi pilihan yang baik. Ruang kerja ini terkadang dapat ditempatkan di coworking space.

Cowoking space juga bisa menjadi ruang pertemuan setiap jam dan kantor pribadi juga. Manfaat dari ruang kerja per jam adalah Anda hanya membayar ruang kantor yang Anda butuhkan, saat Anda membutuhkannya. Inilah alasan yang menjadikan kantor ini pilihan tepat bagi pekerja jarak jauh dan pada saat mereka membutuhkan ruang kerja untuk tugas – tugas tertentu.

Jadi itu dia tadi beberapa pandangan terhadap keunggulan dan keuntungan dengan adanya coworking space bagi para pekerja.

Coworking space ini menjadi semakin marak sejak masa pandemi berlangsung dan banyak perusahaan yang memutuskan karyawannya untuk melakukan pekerjaan jarak jauh.

Demi meningkatkan kualitas bekerja dan mendukung suasana dalam melakukan tugas penting tertentu seperti meeting dan hal lainnya, coworking space akhirnya mulai menjarah disetiap sudut kota tidak terkecuali di pulau Bali.

Leave a Comment

whatsapp Rent Office Space
whatsapp Rent Apartment