fbpx

Buat Pengantin Baru, Ini Alasan Kenapa Sewa Apartemen Dulu Sebelum Beli Rumah

 In Article

Buat Pengantin Baru, Ini Alasan Kenapa Sewa Apartemen Dulu Sebelum Beli Rumah – Ketika menjadi pasangan pengantin baru, tentu masalah tempat tinggal menjadi hal yang harus dipertimbangkan berdua. Agar tidak menumpang pada rumah mertua atau orang tua, banyak pasangan pengantin baru yang memilih langsung membeli rumah. Apakah langsung membeli rumah ini menjadi pilihan yang paling tepat untuk pengantin baru?

Faktanya sebelum membeli rumah, pengantin baru sebaiknya menyewa apartemen terlebih dahulu. Ada banyak alasan mengapa menyewa apartemen di Bali menjadi salah satu pilihan yang cerdas dibandingkan dengan langsung membeli rumah. Berikut ini beberapa alasan mengapa pengantin baru sebaiknya menyewa apartemen terlebih dahulu sebelum membeli rumah.

Harga Rumah Yang Mahal

Tidak dipungkiri harga rumah yang mahal tentu menjadi beban finansial terutama pada pengantin baru. Setelah mengadakan pesta pernikahan dan juga honeymoon, tentu keuangan menjadi sedikit goyah. Agar keuangan tidak berantakan, sewa apartemen tentu jauh lebih murah daripada harus membeli rumah secara langsung.

Kesempatan Menabung

Menyewa apartemen dalam beberapa waktu sebelum akhirnya membeli rumah bisa memberikan kesampatan untuk menabung. Tidak dipungkiri bila setelah pesta pernikahan tabungan pasti menipis. Mengembalikan tabungan keluarga menjadi stabil tentu membutuhkan waktu. Bila setelah menikah langsung membeli rumah, tentu keuangan akan menjadi berantakan. Dengan menyewa apartemen, anda mempunyai kesempatan menabung karena harga sewa apartemen cenderung masih lebih murah dibanding dengan cicilan rumah biasa.

Menentukan Target Jangka Panjang

Selama waktu yang digunakan untuk menyewa apartemen, anda bisa membuat pandangan dan target masa depan. Hal ini karena membeli rumah membutuhkan pemikiran yang panjang untuk masa depan. Misalnya lokasi rumah yang strategis untuk bekerja dan sekolah atau dekat dengan rumah sakit. Selain itu, misalnya anda dan pasangan adalah perantau, anda perlu memikirkan lokasi rumah masa depan. Apakah ingin rumah di lokasi tempat kerja atau rumah di kampung halaman untuk investasi masa tua.

Lokasi Tempat Kerja

Hal lain yang perlu dipertimbangkan ketika membeli rumah adalah lokasi tempat kerja. Banyak orang yang asal saja membeli rumah padahal jauh dari tempat kerja. Akibatnya biaya akomodasi perjalanan dari dan ke tempat kerja menjadi membengkak. Namun bila menyewa apartemen, anda bisa mencari apartemen yang lokasinya dekat dengan tempat kerja. Selain itu, selama menyewa apartemen anda juga bisa mempertimbangkan apakah sekarang sudah nyaman dengan karir yang sekarang. Jangan sampai anda sudah mendapatkan rumah impian dekat dengan tempat kerja namun mendadak tidak menyukai tempat kerja yang sekarang dan berpikir untuk resign.

Baca Juga: Bagaimana Cara Work From Home di Bali?

Pertimbangan Biaya

Sebagai pengantin baru tentu banyak hal yang menjadi pertimbangan termasuk masalah biaya hidup. Sebelum membeli rumah, anda harus mempertimbangkan apakah penghasilan yang sekarang bisa menutupi semua biaya hidup termasuk untuk membayar cicilan rumah. Bila dirasa masih berat, pilihan menyewa apartemen jelas menjadi yang lebih baik. Hal ini karena apartemen mempunyai banyak fasilitas termasuk bebas biaya listrik, air, dan internet serta biaya perawatan dan kebersihan. Semua fasilitas ini bisa digunakan tanpa biaya tambahan lain diluar biaya sewa bulanan. Namun bila memilih membeli rumah sendiri, anda harus mempertimbangkan masalah biaya bulanan ini.

Tanggung Jawab Yang Ringan

Mempunyai rumah sendiri tentu membutuhkan tanggung jawab yang tidak sedikit. Misalnya masalah perbaikan rumah yang harus dipertimbangkan karena kemungkinan atap bocor atau terkena banjir selalu ada. Namun bila memilih sewa apartemen, anda tidak perlu khawatir lagi masalah perbaikan karena manajemen apartemen sudah menyiapkan semuanya. Anda tidak perlu repot lagi mencari orang untuk memperbaiki apartemen.

Ukuran Yang Pas

Ukuran apartemen yang pas menjadi pertimbangan selanjutnya. Mencari rumah dengan ukuran yang pas tentu bukan hal yang mudah. Rumah dengan harga murah biasanya sempit namun bila besar tentu harganya mahal. Unit apartemen sudah mempunyai semua ruangan yang dibutuhkan mulai ruang tamu, kamar tidur, dapur, dan kamar mandi. Semuanya dengan ukuran yang pas, tidak terlalu besar atau terlalu kecil. Untuk pengantin baru, ukuran apartemen dirasa sudah pas bahkan ketika nanti sudah mempunyai anak.

Baca juga: Hal Yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Memilih Apartemen di Bali

Privasi

Kelebihan unit apartemen adalah privasi yang terjaga. Banyak pasangan muda yang tidak tinggal di rumah kampung asal atau perumahan karena masalah tetangga yang suka basa basi. Bila anda ingin hunian dengan suasana yang tenang tanpa hiruk pikuk tetangga, apartemen bisa menjadi pilih yang tepat. Selain itu, apartemen juga memberikan jaminan keamanan yang lebih bagus dengan adanya satpam, akses masuk satu arah, dan juga kamera CCTV. Sebagian besar unit apartemen juga sudah dilengkapi dengan kunci smart lock untuk membatasi akses masuk ke dalam apartemen. Sehingga anda tidak perlu khawatir dengan privasi dan juga ketenangan selama tinggal di apartemen.

Leave a Comment

whatsapp Rent Office Space
whatsapp Rent Apartment