fbpx

Pro Dan Kontra Dari Coworking Space

 In Article

Pro Dan Kontra Dari Coworking Space – Coworking telah menjadi tren global di dunia bisnis saat ini. Usaha kecil, pengusaha muda, startup teknologi, pekerja jarak jauh, dan pekerja lepas sering kali lebih memilih coworking space daripada kantor tradisional. Coworking jelas memiliki banyak manfaat dan keuntungan, tetapi itu tidak selalu menjadi solusi yang sempurna. Saat membandingkan keduanya, pastikan Anda mempertimbangkan semua keadaan.

Pro Dan Kontra Dari Coworking Space

Kelebihan Coworking Space

Coworking dapat menjadi salah satu solusi terbaik untuk banyak masalah dan tantangan di tempat kerja modern. Ini semakin populer karena berbagai alasan. Mari kita bahas bersama pro dan kontra dari coworking space.

Fleksibel dan Harga yang Terjangkau

Salah satu fitur terpenting dari coworking adalah harganya yang relatif lebih rendah dibandingkan dengan kantor biasa. Penyedia coworking space mendapatkan penawaran bagus dari pemilik properti dan mendesain ulang bangunan untuk mengakomodasi anggotanya.

The Ambengan Tenten misalnya, menawarkan harga yang terjangkau untuk sebuah coworking space yang fasilitasnya tidak usah diragukan lagi kualitas dan kelengkapannya.

Bahkan jika kalian ingin mengganti suasana hunian, The Ambengan Tenten menyediakan beragam tipe akomodasi sesuai kebutuhan masing-masing individu.

Lelah bekerja, kalian bisa memanfaatkan fasilitas lain untuk menyegarkan badan dan mengembalikan energy yang terkuras saat melakukan pekerjaan.

Penskalaan Ruangan Sesuai Permintaan

Jika Anda adalah anggota dari startup atau tim, kemungkinan ukuran grup Anda akan berfluktuasi. Harus terus-menerus mengatur ulang kantor tradisional agar sesuai dengan anggota baru adalah kerumitan nyata terutama jika bisnis Anda sedang berkembang. Di coworking space, ini bukan masalah.

Kantor pribadi, yang ditawarkan oleh banyak ruang, dirancang dengan mempertimbangkan penyesuaian. Baik Anda adalah tim yang terdiri dari 20 atau 100 orang, coworking space dapat membuat desain yang masuk akal untuk tim Anda sehingga Anda dapat bekerja se-efisien biasanya.

Rendahnya Biaya Perawatan

Saat pindah ke kantor baru, kebanyakan orang ingin segera bekerja, tanpa khawatir memindahkan furnitur atau menyiapkan printer dan segala alat pendukung lainnya. Coworking space menangani semua tugas itu untuk Anda, ditambah banyak tugas lainnya, kebanyakan coworking space saat ini juga menawarkan makanan ringan dan layanan surat.

Mereka juga mengurus tugas – tugas administratif seperti membayar internet dan memesan perlengkapan kantor. Anda bisa mulai bekerja tanpa kesulitan.

Kreativitas dan Kolaborasi

Ketika orang-orang yang termotivasi duduk di bawah satu atap, mereka membentuk lingkungan kerja keras dan kreativitas. Di coworking space, orang-orang biasanya bekerja berjam-jam dan melontarkan ide satu sama lain atau sekadar mengobrol sebagai cara untuk melepas lelah.

Bekerja bersama sesama startup, pengusaha, dan pekerja lepas adalah mimpi yang menjadi kenyataan jika Anda membutuhkan saran. Kemungkinan ada seseorang di sekitar yang dapat menjawab bahkan pertanyaan paling spesifik yang mungkin Anda miliki.

Acara dan Fasilitas

Anda tidak sendirian saat bekerja di coworking space, dan rasa kebersamaan ini ada untuk membantu anggota tumbuh bersama. Banyak penyedia ruang menawarkan akses ke diskusi panel, pembicara tamu, dan pakar industri untuk berbagi wawasan dan membantu anggota di ruang tersebut untuk belajar dan berkembang. Beberapa coworking space bahkan menawarkan sesi konsultasi.

Kekurangan Coworking space

Meskipun coworking cepat berkembang, itu tidak selalu sempurna untuk semua orang. Sebelum pindah ke coworking space baru, pertimbangkan faktor-faktor ini;

Privasi yang Dikorbankan

Tingkat privasi yang tinggi mungkin sulit dicapai di coworking space. Bagaimanapun, Anda berada di coworking space. Misalnya, beberapa coworking space menggunakan sekat kaca dan bukan dinding biasa, sementara beberapa lainnya berfokus terutama pada tata letak kolaboratif tanpa banyak area pribadi.

Anda mungkin harus berurusan dengan orang lain yang mendengar panggilan telepon Anda atau duduk di tempat yang dapat dengan mudah mengalihkan perhatian Anda.

Mempengaruhi Tingkat Konsentrasi

Acara berjejaring dan aktivitas menyenangkan sangat bagus untuk kebanyakan pekerja, tetapi beberapa orang di ruang tersebut mungkin menganggapnya sangat mengganggu, terutama ketika pekerjaan mereka menuntut tingkat konsentrasi yang tinggi.

Kecuali Anda memiliki tingkat keanggotaan kantor swasta, kemungkinan besar Anda akan terpengaruh sampai tingkat tertentu ketika peristiwa semacam itu terjadi. Pikirkan dua kali jika pekerjaan Anda membutuhkan fokus. Mungkin kantor pribadi adalah solusi yang lebih baik untuk Anda.

Kerumunan dan Keributan

Di beberapa coworking space, terutama yang terletak di area kota yang populer, bisa menjadi sangat ramai pada hari atau jam tertentu. Saat Anda memilih opsi hot desk, atau di mana Anda tidak memiliki meja khusus, Anda mungkin harus menunggu orang lain pergi untuk menemukan meja terbuka.

Kesimpulan

Jika Anda seorang pekerja lepas, pekerja jarak jauh, atau menjalankan startup, coworking memberikan lebih banyak manfaat daripada kerugian, terutama jika Anda memilih opsi yang memungkinkan Anda memiliki ruang pribadi. Di sisi lain, jika sifat bisnis Anda melibatkan informasi sensitif atau tingkat kerahasiaan tertentu, maka evaluasi faktor privasi sebelum Anda mendaftar ke coworking space.

Leave a Comment

whatsapp Rent Office Space
whatsapp Rent Apartment