fbpx

Pilih Kos atau Sewa Apartemen? Tips Buat Milenial

 In Article

Pilih Kos atau Sewa Apartemen? Tips Buat Milenial – Kebutuhan akan hunian juga menjadi masalah bagi banyak anak muda milenial terutama bagi mereka yang memilih merantau dari tempat kelahiran. Bahkan banyak anak muda milenial yang memang sengaja memilih hidup mandiri ketika sudah mendapatkan pekerjaan. Pilihan tempat tinggal yang paling umun bagi kaum milenial adalah kos-kosan. Namun seiring dengan perkembangan zaman, kos-kosan kini sudah tidak lagi menjadi pilihan yang paling populer karena berbagai alasan.

Umumnya anak muda milenial memilih mengontrak rumah daripada menyewa kamar kos karena dirasa lebih menjaga privasi. Namun setelah apartemen di Bali menjadi populer, sebagian besar anak muda milenial memilih menyewa apartemen. Sebenarnya antara menyewa kamar kos dan apartemen, mana sih yang lebih menguntungkan?

Pertimbangan Tips Pilih Kos Atau Sewa Apartemen

Privasi

Privasi menjadi faktor yang membedakan kamar kos dan apartemen. Kamar kos yang terdiri beberapa kamar dalam satu rumah tentu mempunyai privasi yang lebih terbuka karena harus hidup bersama dengan orang lain dalam satu rumah. Hal ini berlaku untuk hampir banyak hal misalnya penggunaan dapur, mesin cuci, jemuran, dan sebagainya. Penghuni kamar kos menggunakan fasilitas tersebut secara bersama-sama.

Di apartemen fasilitas tersebut biasanya digunakan secara pribadi dan tidak digunakan bersamaan dengan orang lain. Selain itu, suasana di apartemen juga cenderung sepi dan lebih individual dimana satu penghuni bisa saja tidak saling mengenal dengan penghuni lainnya. Hal ini tentu tidak berlaku dengan kondisi kamar kos yang cenderung lebih ramai dan kekeluargaan.

Baca Juga: Cek Dulu 5 Hal Ini Sebelum Sewa Apartemen

Semua pilihan tentu kembali pada preferensi masing-masing. Ada orang yang membutuhkan ketenangan dan privasi. Namun ada pula yang lebih menyukai suasana yang ramai dan hangat.

Lokasi Yang Strategis

Keunggulan apartemen di Bali adalah lokasi yang strategis. Kamar kos dengan harga yang murah biasanya cenderung berada di daerah yang jauh dari tempat kerja. Sehingga banyak kaum muda milenial lebih memilih apartemen yang lokasinya dekat dengan tempat kerja. Sehingga tidak perlu lagi mengeluarkan ongkos dan waktu ekstra untuk perjalanan dari kos ke kantor.

Pemandangan Yang Bagus

Selain lokasi yang strategis, apartemen juga menyuguhkan pemandangan yang bagus dibanding kamar kos karena bangunanya yang tinggi. Biasanya kamar kos terletak pada daerah yang padat penduduk sehingga pemandangannya yang seperti rumah pada biasanya. Bagi beberapa orang pemandangan dari apartemen ini menjadi faktor penentu karena membantu menghilangkan penat setelah lelah bekerja seharian.

Lebih Aman

Dibanding dengan kamar kos, sistem keamanan di apartemen jelas lebih bagus. Setiap apartemen sudah mempunyai satpam dengan sistem satu gerbang atau one gate system untuk akses masuk dan keluar penghuni apartemen. Selain itu, apartemen juga menggunakan sistem kunci smart lock atau kunci pintar. Smart lock ini menggunakan kunci otomatis yang hanya dibuka menggunakan kode PIN, sidik jari, atau kartu magnetic. Hal ini memberikan kenyamanan ekstra karena selain penghuni apartemen orang lain tidak bisa masuk secara sembarangan.

Lain halnya dengan kamar kos yang masih menggunakan sistem kunci konvensioal. Hal ini membuat sistem keamanan kamar kos lebih rentan pembobolan terutama karena akses masuk yang mudah bagi siapa saja.

Fasilitas

Fasilitas kamar kos tentu standar saja misalnya mesin cuci dan dapur untuk bersama. Namun apartemen ini memberikan fasilitas yang jauh berbeda dengan kamar kos. Misalnya apartemen di Bali menawarkan fasilitas kolam renang, gym, laundry, minimarket, hingga kantin. Untuk setiap apartemen juga sudah dilengkapi dengan dapur mini sehingga tidak perlu repot lagi bila ingin memasak.

Baca Juga: Hal Yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Memilih Apartemen di Bali

Selain itu, beberapa apartemen juga sudah dilengkapi dengan furniture sehingga penghuni tinggal masuk saja dan tidak repot membeli perabotan. Beberapa biaya sewa apartemen juga sudah termasuk listrik dan air. Yang tidak kalah penting adalah apartemen sudah dilengkapi dengan akses WiFi. Meskipun banyak kos-kosan juga sudah dilengkapi dengan WiFi, namun akses interent di apartemen di Bali ini lebih cepat.

Perawatan Apartemen

Banyak kaum milenial muda memilih apartemen di bali karena sistem perawatan yang bagus. Misalnya ketika ada kebocoran atau kerusakan dalam apartemen, pengelola sudah menyediakan jasa perawatan. Sehingga penghuni tidak perlu repot-repot lagi mencari orang untuk memperbaiki kerusakan yang ada. Hal ini juga berlaku untuk jasa kebersihan apartemen yang biasanya dilakukan oleh cleaning service. Tentu saja hal ini tidak berlaku untuk kamar kos karena sebagian besar anak kos pasti menghabiskan waktu libur unruk bersih-bersih atau sekedar memperbaiki kerusakan di kamar.

Sewa kamar kos dan apartemen tentu saja berbeda mulai dari fasilitas, tingkat kenyamanan, dan juga harganya. Setiap orang tentu mempunyai prefensi tersendiri dalam memilih tempat tinggal. Pastikan memilih hunian yang sesuai dengan kebutuhan dan tidak hanya berdasarkan gengsi saja.

Leave a Comment

whatsapp Rent Office Space
whatsapp Rent Apartment