fbpx

Coworking Space dan Segala Hal yang Berkaitan Dengan Tren Ini

 In Article

Coworking Space dan Segala Hal yang Berkaitan Dengan Tren Ini – Dengan semua pembicaraan tentang coworking space, mari kali ini kita bahas mengenai coworking space lebih dalam dan apa perbedaan coworking space ini dengan kantor tradisional. Tidak itu saja, kali ini kita akan membicarakan siapa saja pengguna-pengguna coworking space yang sedang marak dibicarakan ini?

Nah, ayo kita bahas lebih lengkap!

Coworking Space dan Segala Hal yang Berkaitan Dengan Tren Ini

APA ITU COWORKING SPACE?

Berjalanlah ke coworking space dan Anda akan segera menyadari bahwa itu terasa berbeda dari kantor biasa. Aroma kopi segar di udara adalah yang kedua setelah atmosfer elektrik yang dibawa oleh penghuni yang energik dan bersemangat ke ruangan itu. Anda akan melihat campuran dari mereka yang sangat fokus di meja pribadi dan yang lainnya memulai percakapan yang menarik di meja bersama yang besar. Ini adalah budaya coworking space.

Coworking space pada dasarnya adalah ruang kerja bersama. Mereka menawarkan ruang kantor yang terjangkau bagi mereka yang ingin melarikan diri dari isolasi rumah kantor atau kedai kopi.

Coworking space ini menawarkan serangkaian fasilitas seperti kantor seperti meja administrasi, ruang pertemuan pribadi, dapur, kopi, dan banyak lagi. Seringkali, mereka juga menawarkan komunitas. Penghuninya biasanya adalah pekerja lepas, pengusaha, pemula, dan tim kecil yang ingin memanfaatkan ruang fleksibel.

Selain budaya, biaya adalah daya tarik besar lainnya. Salah satu keuntungan dari ruang ini adalah kemampuan untuk menyewakan hanya apa yang Anda butuhkan vs seluruh ruang kantor pribadi, yang bisa mahal. Melalui berbagai model berbasis keanggotaan, biaya bervariasi dan memungkinkan fleksibilitas. Ini termasuk opsi untuk biaya harian atau biaya bulanan. Biaya keanggotaan juga berbeda berdasarkan kebutuhan dari masing-masing pengguna.

SIAPA YANG MENGGUNAKAN COWORKING SPACE?

FREELANCER

Coworking space menciptakan yang terbaik dari kedua dunia untuk pekerja lepas. Fleksibilitas memilih jam dan jadwal Anda sendiri tanpa isolasi. Coworking space ini sangat bagus untuk pekerja lepas. Perasaan kebersamaan tercipta bagi mereka yang terpaksa bekerja sendiri di rumah, atau di kedai kopi.

STARTUP

Start-up menghargai fleksibilitas coworking space. Coworking space tidak datang dengan biaya tinggi dan komitmen sewa kantor tradisional. Mereka juga memberikan kesempatan bagi tim kecil untuk berinteraksi dengan orang lain di ruang tersebut.

Ruang-ruang ini juga dapat membantu wirausahawan menemukan co-founder untuk start-up mereka dengan menghubungkan orang yang tepat pada waktu yang tepat. Coworking space sangat cocok untuk jenis organisasi kecil ini. Ada keselarasan yang melekat antara apa yang ditawarkan ruang dan tujuan freelancer dan start-up.

MENIRU COWORKING SPACE KONSEP DI KANTOR TRADISIONAL

Begitu organisasi besar menerima tren baru, perkembangan logis mereka adalah menginternalisasi praktik tersebut. Apakah kita akan melihat manajer fasilitas dan ahli strategi tempat kerja menciptakan coworking space di dalam ruang kerja mereka sendiri?

Mereka pasti melihat ini adalah suatu peluang yang bagus untuk ditiru. Faktor keberhasilan yang paling penting adalah kemampuan untuk menirukan dan mencontoh budaya coworking space.

Apa yang memungkinkan coworking space adalah kebebasan dan mobilitas sejati. Budaya kondusif untuk kolaborasi dan percakapan yang benar-benar organik. Di satu sisi, ini adalah nilai dari coworking space. Mereka memungkinkan inovasi dengan memungkinkan orang yang berbeda dengan keterampilan dan bakat unik untuk terhubung dan berkolaborasi.

Tetapi keuntungan lainnya adalah kenyataan bahwa budaya dibentuk dari konsep kebebasan dan fleksibilitas. Asal usul coworking space didasarkan pada melayani kebutuhan organisasi kecil dan pekerja lepas untuk terhubung.

Yang membuat coworking space berbeda adalah budaya. Beberapa organisasi mungkin memiliki ruang yang sama di kantor mereka tetapi tidak memiliki budaya yang mendorong fleksibilitas untuk bangun dan bergerak atau berkolaborasi dengan departemen yang berbeda.

REKAN KERJA TERUS BERKEMBANG

Ekonomi freelance tumbuh. Anggota angkatan kerja yang lebih muda, seperti Milenial atau Gen Z semakin menemukan diri mereka dalam pekerjaan lepas.

Kebanyakan dari mereka ditemukan sebagai pekerja lepas sekarang ini atau yang kita kenal dengan istilah freelancer. Freelancer ini sendiri ada yang terdiri dari bekerja dengan penuh waktu atau paruh waktu. Tentu saja hal ini mengarah pada akan lebih banyaknya ditemukan coworking space disekitar kita.

Selain itu coworking space efektif untuk organisasi kecil yang berkisar dari satu hingga beberapa karyawan dan juga melayani tujuan bagi organisasi yang lebih besar yang ingin berinovasi.

Desain dan budaya berfungsi sebagai contoh bagi organisasi mana pun yang ingin memunculkan ide-ide segar dan berkembang. Tidak heran kita telah mendengar banyak desas-desus tentang ruang-ruang ini dalam beberapa tahun terakhir.

Jika Anda adalah salah satu calon pengguna coworking space atau bahkan sudah mempunyai satu coworking space yang menjadi pilihan, mungkin melihat beberapa pilihan coworking space yang lain dan baru tersedia menjadi hal yang patut dipertimbangkan.

Leave a Comment

whatsapp Rent Office Space
whatsapp Rent Apartment