fbpx

Strategi Memilih Kantor Sewaan yang Tepat Buat Pekerjaanmu

 In Article

Strategi Memilih Kantor Sewaan yang Tepat Buat Pekerjaanmu – Meskipun perusahaan anda masih tergolong baru, namun mempunyai kantor permanen bukan sesuatu yang bisa ditawar. Kantor menjadi tameng utama bagi sebuah bisnis sehingga terlihat profesional. Klien cenderung lebih memilih bekerjasama dengan perusahaan yang mempunyai kantor. Selain menarik minat klien, ruang kantor juga memberikan karyawan keleluasaan untuk bekerja.

Strategi Memilih Kantor Sewaan yang Tepat Buat Pekerjaanmu

Masalah memilih perkantoran ini memang tidak mudah apalagi untuk perusahaan baru. Ketika, membeli gedung perkantoran bukan pilihan yang bijak, menyewa ruang kantor menjadi solusi cerdas. Lantas, bagaimana memilih sewa kantor yang tepat untuk pekerjaan anda?

Memilih sewa kantor yang tepat

Memilih ruang kantor bukanlah hal yang mudah. Banyaknya pilihan perkantoran terutama di kota besar membuat pilihan menjadi lebih sulit. Agar bisa memilih ruang kantor yang sesuai dengan kebutuhan, pertimbangkan beberapa hal berikut ini.

Perhatikan lokasi

Lokasi menjadi kunci utama ketika memilih ruang kantor. Semua orang pasti ingin perkantoran di lokasi pusat kota yang strategis. Apakah anda juga mempunyai keinginan yang sama? Meskipun lokasi pusat kota sangat menggiurkan namun ada hal lain yang perlu anda pertimbangkan seperti tempat tinggal dan transportasi yang mudah. Daripada hanya mengincar lokasi pusat kota, pilihlah perkantoran yang dekat dengan rumah anda. Sehingga anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu di jalan serta lebih hemat transportasi. Selain itu, pilihlah perkantoran yang terjangkau oleh transportasi umum untuk mempermudah akses karyawan yang tidak memiliki kendaraan sendiri.

Bandingkan fasilitas kantor

Fasilitas kantor juga menjadi pertimbangan utama ketika memilih ruang perkantoran. Ada beberapa ruang kantor yang disewakan secara kosongan sehingga anda perlu membawa perlengkapan kantor sendiri. Ada pula ruang kantor yang disewakan lengkap dengan perabotan dan juga cleaning service dan resepsionis. Perkantoran model ini dikenal dengan serviced office. Anda yang tidak mau pusing dengan perlengkapan kantor bisa memilih serviced office. Jadi, anda hanya tinggal membayar sewa kantor saja dan langsung bisa ditempati. Fasilitas yang ditawarkan serviced office ini berbeda-beda sehingga anda harus mempertimbangkan sesuai dengan kebutuhan.

Fasilitas disekitar kantor

Selain fasilitas kantor, anda juga perlu memperhatikan fasilitas di sekitar kantor. Jangan memilih ruang kantor yang terlampau jauh dari fasilitas umum seperti minimarket, ATM, stasiun, halte bus, dan sejenisnya. Ruang kantor yang dekat dengan fasilitas umum akan mempermudah mobilitas anda dan karyawan.

Fitur keamanan

Mempunyai kantor dengan fasilitas mewah bisa jadi impian anda tapi jangan berkompromi masalah keamanan. Ruang kantor idealnya sudah dilengkapi dengan sistem keamanan yang bagus termasuk CCTV dan satpam. Selain itu, anda juga harus memperhatikan bagaimana kondisi lingkungan sekitar apakah kantor aman dari tindak kejahatan atau kriminal dari warga sekitar. Pertimbangkan juga apakah kantor berada di lokasi yang bebas bencana seperti banjir, kebakaran, longsor, dan sebagainya.

Sesuaikan dengan anggaran

Persaingan dalam sewa menyewa ruang kantor sangat ketat. Anda pun juga mempunyai kriteria tertentu dalam memilih ruang kantor. Namun percayalah tidak ada yang lebih baik daripada memilih ruang kantor sesuai dengan anggaran. Sesuaikan pilihan ruang kantor dengan perkembangan perusahaan anda. Bila perusahaan masih dalam tahap berkembang dengan kondisi keuangan yang belum stabil, sebaiknya pilih perkantoran dengan harga yang terjangkau meski anda harus berkompromi dengan fasilitasnya. Daripada anda memaksa memilih kantor dengan harga mahal namun budget perusahaan menjadi kocar-kacir.

Akses transportasi

Meskipun kantor mempunyai fasilitas mewah namun lokasinya sulit dijangkau dengan transportasi umum sebaiknya pertimbangkan ulang. Mungkin ada beberapa karyawan yang menggunakan transportasi umum untuk bekerja sehingga ruang kantor yang jauh menjadi beban bagi mereka. Hal ini tentu akan berpengaruh pada kinerja karyawan dan berdampak pada perusahaan.

Manajemen gedung

Memilih ruang kantor juga harus mempertimbangkan manajemen gedung. Anda perlu melihat bagaimana manajemen gedung bila ada fasilitas yang rusak. Manajemen gedung yang baik akan selalu menjaga ruang kantor fungsional dan layak pakai. Selain itu, anda juga perlu memastikan bila manajemen gedung mengizinkan kerja lembur atau overtime bila diperlukan. Hal ini karena ada beberapa ruang kantor yang tidak mengizinkan kerja lembur bagi karyawannya.

Leave a Comment

whatsapp Rent Office Space
whatsapp Rent Office Space