fbpx

Perbedaan Hotel dan Apartemen? Pilih Mana?

 In Article

Perbedaan Hotel dan Apartemen? Pilih Mana? – Bepergian keluar daerah memerlukan banyak pertimbangan yang harus dipersiapkan. Mulai dari kebutuhan yang akan dibawa, hingga tempat tinggal untuk menginap sementara. Pertimbangan untuk tempat menginap menjadi salah satu hal terpenting dalam proses bepergian. Biasanya, orang-orang dalam situasi ini akan mempertimbangkan tempat menginap mereka sesuai budget, kapasitas, dan kenyamanan mereka.

Perbedaan Hotel dan Apartemen Pilih Mana

Ada banyak pilihan tempat menginap yang bisa dipilih untuk traveller seperti hotel, apartemen, maupun hostel, namun, pilihan yang paling sering dipertimbangkan yaitu antara memilih hotel atau apartemen karena jarang ditemukan traveller yang tertarik menginap dengan turis-turis asing lainnya seperti di hostel. Perbedaan hotel dan apartemen tentu ada walaupun sekilas terlihat hampir sama, namun jika diperhatikan, hotel dan apartemen memiliki beberapa perbedaan yang signifikan. Berikut adalah perbedaannya:

Perbedaan Hotel dan Apartemen Signifikan

1. Berdasarkan definisi

Berdasarkan definisinya, hotel merupakan sebuah tempat dimana didalamnya terdapat fungsi-fungsi untuk menyediakan jasa dan tempat penginapan, menjual makanan dan menjual minuman, dan juga melayani kebutuhan-kebutuhan lainnya yang diregulasikan secara komersil dan ditujukan untuk seluruh lapisan masyarakat.
Sedangkan, apartemen merupakan sebuah hunian menyerupai rumah yang bentuk bangunannya dibangun secara vertikal dan bertingkat. Dalam sebuah apartemen biasanya berisi satu, dua, hingga tiga kamar tidur didalamnya beserta ruang tamu dan dapur.

2. Segi Fasilitas

Para developer hotel maupun apartemen pasti akan menawarkan fasilitas wajib yang berbeda – beda. Tentunya berbagai fasilitas yang tersedia di lingkungan hotel atau apartemen menjadi hal penting yang perlu diperhatikan untuk anda. Khususnya bagi Anda yang membeli atau menyewa sebuah Apartemen di Bali untuk dijadikan sebagai tempat tinggal atau menyewa hotel pada saat bepergian atau sekedar staycation.

Sebelum memilih apartemen atau hotel, Anda harus mengetahui apa saja fasilitas yang akan anda dapatkan. Dan juga anda perlu melihat fasilitas apa saja yang tersedia di seandar apartemen atau hotel yang menjadi pertimbangan anda. Jangan sampai nanti anda menyesal ketika sudah memutuskan untuk memilih apartemen atau hotel tetapi fasilitasnya kurang lengkap atau kurang memuaskan.

Fasilitas yang ada di hotel dan apartemen tidak jauh berbeda, namun, ada beberapa detail fasilitas yang menjadi pembeda antara hotel dan apartemen. Misalnya fasilitas di hotel meyediakan perlengkapan untuk menyeduh teh dan kopi sendiri dan sebagian besar hotel dilengkapi dengan fasilitas sarapan. Dibandingkan dengan hotel, apartemen di bali memiliki keunggulan dimana ruangannya lebih luas dan menyediakan dapur untuk memasak sesuai dengan keinginan anda.

Jika anda menyewa hotel anda tidak perlu khawatir akan kebersihan dan kerapian kamar hotel yang anda sewa karena sudah ada petugas yang membersihkan dan merapikannya. Jadi pada saat anda keluar meninggalkan kamar hotel saat anda kembali ke kamar, kamar anda sudah tertata rapih dan bersih. Sedangkan, jika anda menyewa apartemen kebersihan dan kerapian ruangan menjadi tanggung jawab pribadi.

3. Tarif harga

Tarif harga permalam untuk menyewa kamar hotel biasanya terbilang lebih mahal daripada tarif harga permalam sewa apartemen. Hal ini disebabkan hotel memiliki fasilitas yang sangat lengkap hingga detail-detail kecilnya. Namun, untuk para traveller yang membawa teman atau keluarga lebih disarankan untuk menyewa apartemen karena tempat yang lebih luas dan harga yang lebih terjangkau. Terutama, bila Anda ingin bepergian dengan kurun waktu lebih dari satu minggu, menyewa apartemen akan lebih murah dibandingkan biaya untuk membayar satu kamar hotel per malam.

Meskipun Anda sudah memilih hotel yang paling harga per malamnya paling murah, biaya menginap untuk satu minggu tetap saja akan cukup besar. Sedangkan, jika Anda menyewa apartemen anda bisa menggunakan jumlah uang yang sama untuk menyewa apartemen dengan kurun waktu satu bulan. Untuk menyewa apartemen di Bali, anda hanya perlu mengeluarkan budget sebesar 500.000 rupiah hingga 1.000.000 rupiah saja. Apalagi jika anda ingin bepergian ke Malaysia anda hanya perlu mempersiapkan budget 400.000 rupiah hingga 500.000 rupiah per malam untuk biaya penginapan dan tempat tinggal.

4. Fungsi investasi

Tentu banyak pebisnis dan pelaku marketing yang berinvestas di bidang property seperti hotel dan apartemen. Namun, ada perbedaan dalam fungsi investasi dari berinvestasi hotel maupun apartemen, yaitu, jika anda berinvestasi di sebuah apartemen, anda berhak untuk menghuni unit apartemen yang anda investasikan atau anda sewakan kepada orang lain. Sedangkan, jika anda berinvestasi di hotel, anda tidak bisa dengan bebas untuk menempatinya karena unit yang anda miliki dikelola menjadi sebuah kamar yang disewakan. Mungkin saja anda bisa untuk menggunakan hotel tersebut untuk pribadi namun hanya dalam beberapa waktu tidak untuk selamanya.

5. Lokasi

Lokasi hotel biasanya bertempatan di lokasi yang komersil sehingga biasanya anda tidak bisa dengan leluasa mencari area publik dan mencari makanan-makanan yang murah. Sedangkan, lokasi apartemen biasanya bertempatan di lingkungan yang berdekatan dengan perumahan, berdekatan dengan akses pejalan kaki, serta dekat dengan restoran, kafe, dan juga taman.

Leave a Comment

whatsapp Rent Office Space
whatsapp Rent Apartment