fbpx

Memilih Apartemen Untuk Mahasiswa, Ini Tipsnya

 In Article

Memilih Apartemen Untuk Mahasiswa, Ini Tipsnya – Kuliah menjadi tahapan pendidikan yang lebih tinggi. Banyak calon mahasiswa yang menginnginkan kampus impiannya menjadi kampus untuk mereka berkuliah nanti. Tak jarang mereka ingin berkuliah dikampus yang berada diluar kota maupun diluar negeri. Selain untuk menempuh Pendidikan, kuliah merantau juga menjadi pilihan calon mahasiswa untuk hidup mandiri, menata diri, dan mengeksplor diri. Mahasiswa juga harus beradaptasi dengan lingkungan baru saat memilih untuk merantau terutama beradaptasi di tempat tinggal yang baru saat mulai merantau. Banyak pilihan tempat tinggal untuk mahasiswa saat merantau, mulai dari asrama mahasiswa, kos, rumah kontrakan, dan beberapa pesantren mahasiswa yang bisa ditemui di sekitar kompleks kampus.

Memilih Apartemen Untuk Mahasiswa, Ini Tipsnya

Seiring berjalannya waktu, pilihan tempat tinggal untuk rantauan mahasiswa mulai berkembang dan merambat ke apartemen. Apartemen dinilai menjadi tempat yang lebih nyaman dan lebih privasi dibandingkan kos dan asrama mahasiswa pada biasanya. Sekarang ini, sebagian besar apartemen menawarkan harga sewa yang efisien dan terjangkau yang membuat mahasiswa rantauan lebih tertarik untuk bertempat tinggal di apartemen dibandingkan di kos-kosan. Apabila anda bercita-cita berkuliah diluar kota maupun diluar negeri, apartemen menjadi salah satu solusi yang tepat untuk dijadikan tempat tinggal.

Tips Memilih Apartemen Untuk Mahasiswa

1. Mengetahui kriteria apartemen

Sebelum menentukan apartemen yang ingin anda huni, anda harus mencari tahu terlebih dahulu kriteria yang anda miliki dalam memilih tempat tinggal. Kriteria tempat tinggal sangatlah penting untuk disusun sedemikian rupa, apalagi jika anda ingin tinggal di apartemen. Hal ini menjadi sangat penting karena apartemen di bali memiliki berbagai macam pilihan tipe unit, mulai dari studio hingga berbagai jumlah kamar tidur. Misalnya, memilih ukuran unit apartemen apakah harus luas atau secukupnya saja karena luas unit di apartemen pun berbeda-beda, untuk unit dengan tipe yang sama di komplek apartemen yang berbeda bisa memiliki luas unit yang berbeda. Pertimbangan lainnya seperti harus dilengkapi dengan AC dan perabot lengkap, serta apakah unit harus memiliki balkon dan memiliki view perkotaan.

Untuk mengetahui kriteria apartemen seperti apa yang anda inginkan, anda bisa menyusun list-list kriteria apartemen yang anda butuhkan. Sehingga, anda akan lebih mudah dalam mencari apartemen dan menentukan tipe unit apartemen yang akan anda butuhkan.

2. Memikirkan lokasi apartemen

Lokasi apartemen di bali menjadi hal yang paling penting untuk dipertimbangkan terlebih dahulu. Karena sebagai mahasiswa pasti akan mempertimbangkan tempat tinggal yang tidak jauh dari kampus dan pusat pembelanjaan kebutuhan pokok sehari-hari. Selain mendapat keuntungan jarak yang berdekatan dengan kampus, memilih apartemen yang jaraknya tak jauh dari kampus juga akan menghemat biaya transportasi maupun bahan bakar. Dengan begitu, anda tidak perlu khawatir dengan padatnya jalanan.

3. Memperhatikan lingkungan sekitar apartemen

Memperhatikan lingkungan sekitar apartemen berarti anda harus mensurvei apakah lokasi apartemen yang ingin anda tempati strategis atau tidak sesuai dengan kebutuhan anda. Biasanya, mahasiswa akan memilih lokasi apartemen yang berdekatan dengsn kampus dan pusat pembelanjaan kebutuhan pokok sehari-hari. Contoh lokasi apartemen strategis yaitu apartemen di Bali yang biasanya berada di pusat kota yang berdekatan dengan kampus dan supermarket. Selain itu, mahasiswa juga akan memilih lokasi apartemen yang berada disekitar warung makan atau restoran yang harganya terjangkau. Fasilitas umum juga sangat perlu ada disekitar lokasi apartemen, maka dari itu anda perlu memperhatikan apakah ada fasilitas umum disekitar lokasi apartemen yang anda pilih.

4. Mempertimbangkan biaya sewa dan biaya lainnya

Sebagai mahasiswa, tentu akan ada kebutuhan-kebutuhan yang harus dipenuhi. Maka dari itu, mahasiswa pasti akan mencari apartemen dengan biaya sewa yang terjangkau agar bisa menghemat untuk biaya kebutuhan hidup lainnya. Contoh biaya sewa apartemen yang terjangkau yaitu jika anda sewa apartemen di bali khususnya sewa apartemen di Denpasar biasanya bertarif 500.000 rupiah hingga 1.000.000 rupiah saja.

Bukan hanya biaya sewa perbulan, anda pun harus memperkirakan biaya-biaya lain yang kira-kira perlu dikeluarkan saat menyewa apartemen. Salah satunya yaitu biaya deposit.

Biaya deposit merupakan uang jaminan yang harus dibayarkan di awal bersamaan dengan uang sewa pertama. Uang ini akan digunakan sebagai jaminan jika sewaktu-waktu terjadi kerusakan di unit apartemen saat anda menyewa. Untuk jumlah besaran biaya deposit biasanya sebesar 10% dari harga sewa apartemen setahun atau seharga biaya sewa apartemen satu bulan.

Selain itu, ada pula biaya maintenance yang diminta oleh pengelola apartemen. Biaya ini digunakan untuk biaya tanggungan pengelolaan gedung, kebersihan, keamanan, dan untuk biaya gaji staf yang bertugas di gedung apartemen.

5. Melihat review apartemen

Di era digital ini anda bisa memanfaatkan teknologi online untuk membaca review apatrtemen yang ingin anda sewa. Hal ini berguna untuk anda mengetahui nilai dari orang-orang yang pernah menyewa apartemen tersebut sehingga anda bisa mempertimbangkan Kembali apakah apartemen tersebut cukup baik untuk anda sewa atau tidak.

Mudah bukan? Kini para calon mahasiswa tidak perlu kesulitan lagi untuk memilih apartemen jika sudah mengikuti tips-tips diatas.

Leave a Comment

whatsapp Rent Office Space
whatsapp Rent Apartment