fbpx

Keuntungan dan Kerugian Work From Home Dari Coworking Space

 In Article

Keuntungan dan Kerugian Work From Home Dari Coworking Space – Semenjak pandemi Covid-19 banyak perusahaan yang mulai menerapkan kebijakan untuk bekerja dari rumah atau work from home. Tentunya menjadi tantangan bagi kalian yang pertama kali merasakan kondisi seperti ini. Kebijakan work from home sebenarnya tidak membatasi para pekerja untuk terbatas bekerja di rumah, mereka bisa juga bekerja dari cafe, restoran, juga co-working space yang menjamur di berbagai tempat. Bekerja dari rumah diharapkan dapat menjadi solusi efektif dan tepat untuk memperlambat laju penularan virus.

Keuntungan dan Kerugian Work From Home Dari Coworking Space

Coworking Space

Satu pilihan tempat yang populer untuk bekerja adalah coworking space yang tersedia dalam sewa harian, bulanan, hingga tahunan. Sejak ramainya startup, konsep bekerja bersama ini mulai banyak dicari. Beberapa perusahaan coworking biasanya memiliki beberapa kategori tempat, seperti runagan khusus startup atau perusahaan; ruangan meeting yang disewakan untuk umum; atau common room yang bisa disewa harian. Bagi yang mencoba work from Bali, kalian bisa juga menyewa coworking space di Argos Coffee TAT.

Kelebihan Coworking Space

Beberapa kelebihan ditawarkan ketika kita bekerja di coworking space mulai dari harga sewa yang rasanya lebih murah hingga banyaknya fasilitas yang didapat.

Fasilitas yang Disediakan

Yang pasti pilihlah tempat kerja yang sesuai dengan bisnis yang kalian jalankan. Coworking space menyediakan fasilitas lengkap dari koneksi internet cepat, ruang rapat, juga peralatan kantor. Beberapa bahkan punya fasilitas unik seperti area minum dan snack, dilengkapi dengan lounge room. Jadi, kalau kalian memiliki perusahaan kecil dan ingin membuat karyawan nyaman, coworking space bisa jadi pilihan.

Biaya Lebih Murah

Untuk menyewa ruang kantor, tentunya membutuhkan dana yang tidak sedikit. Bayangkan ketika kalian harus merenovasi agar sesuai dengan bisnis yang kalian jalankan, belum ditambah biaya perawatan peralatan. Menyewa tempat kerja bersama bisa menjadi solusi tepat, karena kalian bisa memilih tempat yang sesuai dengan kebutuhan kalian. Tentu saja pilihan ini juga datang dengan berbagai range harga. Sebagai contohnya, coworking space di Argos Coffee TAT yang memiliki pilihan harga bahkan di bawah IDR 5 juta untuk persewaan ruang kerja. Tentunya bisa menjadi pertimbangan menarik.

Membangun Komunitas Baru

Bekerja dari rumah bisa jadi terasa menyenangkan tapi lama kelamaan bisa membuat bosan. Bergabung dengan komunitas pekerja di coworking space adalah kesempatan untuk berjejaring dengan perusahaan lain, saling mendukung bisnis, dan berbagi ide. Hal ini bisa jadi motivasi, bahkan juga dapat memperluas pasar bisnis kalian.

Kekurangan Coworking Space

Karena coworking space adalah hal yang cukup baru, tentu saja ada beberapa hal yang perlu dijadikan pertimbangan.

Bertemu dengan Kompetitor

Karena tempat bekerja bersama bisa disewa siapapun, maka tidak menutup kemungkinan kalian akan bertemu perusahaan kompetitor yang menyewa tempat yang sama. Jadi, hal ini bisa menjadi pertimbangan, utamanya ketika perusahaan kalian sedang membangun brand atau upaya promosi.

Sulit Menjaga Privasi

Di tempat kerja bersama, kalian bisa jadi kesulitan untuk membangun privasi. Pasalnya, walaupun ada ruangan yang memang diperuntukkan untuk masing-masing kantor, namun tidak menutup kemungkinan suasana working space akan berisik dan banyak orang berlalu lalang. Ya, tentu pilih tempat yang betul-betul menjamin keamanan dan kenyamanan ketika bekerja, seperti yang ada di coworking space di Argos Coffee TAT.

Rawan Terjadi Konflik

Konflik bisa saja terjadi antar pengguna coworking space. Untuk mengatasi hal ini tentunya pihak pemilik sewa harus menyediakan solusi dan mencegah hal-hal pemicu masalah terjadi.

Tempat yang terbatas bisa menjadi sumber masalah, utamanya jika ruang kerja bersama yang dipilih menawarkan hanya tempat publik tanpa privasi. Maka, baiknya pilih perusahaan penyedia yang mempunyai ruang pribadi dengan kunci yang bisa disewa atau meja khusus yang hanya untuk kalian.

Pertimbangkan hal-hal di atas, sebelum kalian memilih coworking space mana yang sekiranya sesuai dengan kebutuhan. Juga pertimbangkan apakah coworking space lebih solusional dibandingkan menyewa lahan perkantoran. Jika dirasa terlalu mahal, kalian juga bisa bekerja dari kafe atau perpustakaan yang tidak membebankan biaya sewa. Pilih kedai kopi atau kafe dengan layanan internet agar membantu pekerjaan kalian.

Leave a Comment

whatsapp Rent Office Space
whatsapp Rent Office Space