fbpx

Jenis-Jenis Tanaman Hias Yang Membuat Interior Kalian Seperti Oasis

 In Article

Jenis-jenis Tanaman Hias Yang Membuat Interior Kalian Seperti Oasis – Jika kalian ingin interior ruangan kalian terasa sejuk, segar dan asri, meletakkan beberapa tanaman hias di dalam ruangan adalah solusinya. Tanaman hias indoor memiliki fungsi yang sama dengan tanaman yang berada di outdoor, selain membuat mata sejuk untuk memandang, tanaman hias indoor juga mampu memproduksi udara segar yang membuat ruangan menjadi lebih segar.

Tanaman hias berukuran kecil memang menggemaskan saat diletakkan di meja atau dapur, namun tren saat ini tanaman hias yang berukuran besar sangat diminati. Biasanya semakin besar ukuran tanaman hias, harganya pun semakin mahal. Tapi hati-hati dalam memilih tanaman hias untuk di dalam ruangan, jangan sampai memilih tanaman hias yang bisa tumbuh terlalu tinggi dan sangat lebat yang membuat ruangan kalian di apartemen di bali menjadi sesak. Berikut rangkuman beberapa jenis tanaman hias indoor yang saat ini sedang populer.

Jenis-Jenis Tanaman Hias Yang Membuat Interior Kalian Seperti Oasis

Jenis Tanaman Hias Indoor

Tanaman Hias Bambu

Tanaman bambu di dalam pot akan menjadi indah jika diletakkan di pintu masuk apartemen di bali, atau diletakkan di sudut-sudut kosong sebuah ruangan. Menyimpan tanaman bambu di sebuah pot akan mencegah pertumbuhannya menjadi sangat tinggi, karena di alam liar tanaman bambu bisa tumbuh sangat tinggi dan lebat. Perawatan tanaman bambu cukup mudah, hanya perlu sedikit penyiraman setiap hari dan berikan sedikit sinar matahari.

Tanaman Hias Lidah Mertua (Snake Plant)

Jika kalian adalah seorang pemula sebagai penghobi tanaman, ada baiknya kalian memilih tanaman lidah mertua sebagai koleksi. Karakter tanaman lidah mertua adalah daunnya yang keras, tegak dan ujungnya meruncing. Beberapa manfaat tanaman lidah mertua antara lain, sebagai filter udara, mengurangi sick building syndrome, mengeluarkan bau aroma yang khas seperti aroma terapi, dan menyerap gelombang radiasi. Perawatannya pun sangat mudah, cukup disiram satu atau dua kali dalam seminggu, karena jika terlalu sering disiram akan menumbulkan bakteri dan penyakit.

Tanaman Hias Monstera

Tanaman monstera telah menjadi tren yang sangat besar selama beberapa tahun terakhir. Dengan bentuk daun yang unik dan permukaannya yang hijau mengkilap, tanaman monstera dapat memberikan nuansa yang sejuk khas hutan tropis ke dalam ruangan. Di daerah Tiongkok tanaman monstera dianggap sebagai simbol kemakmuran, kesehatan dan penghormatan. Selain mempercantik ruangan apartemen di bali, tanaman monstera juga mampu memperbaiki kualitas udara di dalam ruangan. Tanaman monstera bisa tumbuh subur di daerah yang lembab walaupun sedikit mendapatkan sinar matahari.

Tanaman Hias ZZ Plant

Zz plant memiliki nama latin Zamioculcas zamiifolia, di kalangan pecinta tanaman hias sering disebut dengan tanaman dolar. Tanaman indoor ini memiliki karakter daun yang berbentuk oval dan permukaannya yang mengkilap, konon tanaman ini dapat mendatangkan keberuntungan bagi yang memeliharanya. Walaupun terlihat sangat cantik dan mampu menyaring udara, ternyata tanaman dolar adalah tanaman yang beracun, jauhkan dari jangkauan anak-anak dan usahakan mencuci tangan setelah menyentuh daunnya. Karena perawatannya yang mudah dan ukurannya yang tidak terlalu besar jika diletakkan di dalam pot, tanaman dolar ini banyak dimanfaatkan sebagai tanaman hias indoor.

Tanaman Hias Fiddle Leaf Fig

Fildde leaf fig memiliki nama latin ficu lyrata, di Indonesia lebih dikenal dengan sebutan pohon ara biola. Tanaman yang berasal dari Afrika ini memiliki karakteristik daun kaku yang lebar dan berbentuk seperti biola. Sangat cocok diletakkan di salah satu sudut ruangan karena ukurannya yang cukup besar dan daunnya yang lebat. Pohon ara biola ini cukup sulit untuk dirawat, karena harus banyak mendapatkan sinar matahari, penyiramannya pun harus tepat agar permukaan tanah tetap kering namun lembab di dalamnya, jika kelebihan atau kekurangan air bisa menyebabkan daunnya rontok.

Tanaman Hias Parlor Palm

Parlor palm atau Chamaedorea elegans adalah salah satu jenis tanaman tropis yang menjadi favorit untuk tanaman hias indoor. Selain mudah dalam perawatan, dan bisa memberikan nuansa tropis yang sejuk, parlor palm juga dapat menghilangkan polusi udara di dalam ruangan, sangat cocok untuk ruangan apartemen di bali yang memiliki alam tropis.

Tanaman Hias Dracaena

Dracaena memiliki lebih dari 120 spesies tanaman. Tanaman yang berasal dari Kamerun ini mungkin masih asing didengar, tapi kenyataannya saat ini banyak dibudidayakan di Indonesia dan menjadi tanaman hias yang diekspor ke beberapa negara Asia dan Eropa. Selain bisa mendatangkan rejeki dan keberuntungan, dracaena juga mampu menyerap polusi yang berbahaya seperti gas nitrogen dioksida, karbondioksida dan karbonmonoksida. Karena manfaat dan potensinya yang besar serta sangat mudah dirawat, dracaena menjadi salah satu tanaman indoor favorit di luar negeri.

Semoga artikel jenis-jenis tanaman hias yang membuat interior kalian seperti oasis ini bisa menginspirasi buat kalian yang memiliki apartemen di bali. Nantikan artikel-artikel kami selanjutnya yang tentunya akan tetap menarik dan bisa menambah wawasan kalian tentang dunia arsitektur dan interior.

Leave a Comment

whatsapp Rent Office Space
whatsapp Rent Apartment