fbpx

Cek Dulu 5 Hal Ini Sebelum Sewa Apartemen Di Bali

 In Article

Cek Dulu 5 Hal Ini Sebelum Sewa Apartemen – Memilih bekerja menetap di pulau pariwisata seperti Bali, tempat tinggal adalah salah satu hal yang perlu dipersiapkan sematang mungkin. Menyewa apartemen di Bali, bisa jadi solusi terbaik apalagi bagi Anda yang bekerja seharian dan butuh tempat yang nyaman untuk beristirahat di malam hari.

Banyak pilihan apartemen di bali yang ditawarkan mulai dari yang paling murah sampai termahal. Jika tidak jeli memilih, tentu Anda bisa saja mendapatkan yang tak sesuai dengan keinginan. Daripada rugi dan menyesal, ada baiknya cek dulu hal-hal penting berikut sebelum memutuskan untuk menyewa sebuah apartemen.

Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Sewa Apartemen Di Bali

1. Lokasi

Hal pertama yang harus di cek adalah lokasi dari apartemen tersebut, apakah dekat dengan kantor atau tempat Anda beraktivitas setiap hari. Begitu juga dengan bangunan penting lainnya seperti rumah sakit, apotik, kantor perbankan, dan gedung-gedung yang menurut Anda penting dan harus mudah diakses dari tempat tinggal.

Kemudian cek apakah akses menuju apartemen mudah atau malah akan mempersulit dan memakan banyak waktu. Pertimbangan lainnya saat melakukan cek lokasi adalah, adakah jalur kendaraan umum di kawasan tersebut sehingga tidak menyulitkan ketika harus mencari kendaraan umum. Baik itu angkot, bus, dan lainnya.
Ketika semua pertimbangan tersebut memenuhi standar Anda, maka saatnya lanjut pada pengecekan berikutnya.

2. Anggaran

Apartemen biasanya tidak hanya mengharuskan penyewa membayar uang sewa saja, tapi juga biaya lain yang menyangkut keberadaan Anda. Makanya, cek sedetail mungkin berapa total biaya yang akan dikeluarkan selama Anda tinggal di sana nanti.

Termasuk biaya tak terduga ketika harus memperbaiki bagian interior rusak, kran kamar mandi macet dan lain-lain. Dengan begitu, Anda bisa lebih tenang saat mengkalkulasikan anggaran yang ada.

Baca Juga: Cari Sewa Apartemen di Bali

Selanjutnya, bandingkan kebutuhan dana yang harus dikeluarkan tersebut dengan budget yang Anda siapkan untuk menyewa apartemen. Apakah masih bisa ditolerir atau sudah terlalu tinggi, jika masih bisa ditolerir maka tak ada salahnya memasukkan apartemen tersebut ke dalam daftar incaran tempat tinggal terbaik Anda selama menetap di daerah tersebut.

3. Cek Kondisi

Sama halnya dengan menyewa rumah, Anda juga perlu melakukan pengecekan menyeluruh kondisi apartemen tersebut. Jangan hanya tergiur dengan iklan tampilan luarnya saja. Lakukan pengecekan mulai dari fungsi semua pintu, jendela, kran air, toilet, dan fasilitas lainnya yang ada di dalam apartemen.

Bukan hanya itu, Anda juga perlu mengecek akses keluar masuk apartemen terutama jika Anda berada di lantai yang cukup tinggi. Bagaimana ketersediaan lift, tangga darurat ketika ada bencana atau masalah lainnya, termasuk ketersediaan alat pemadam kebakaran yang merupakan salah satu hal penting di dalam setiap hunian.

Jadi, ketika bencana melanda maka Anda bisa lebih siap untuk menghadapinya karena dibantu dengan berbagai akses yang ada pada apartemen tersebut.

Satu hal yang juga tak boleh ketinggalan adalah akses internet di lingkungan apartemen, termasuk bagaimana sinyal HP di unit yang akan Anda pilih. Jika bermasalah, maka ketika negosiasi dengan pemilik bisa dijadikan bahan diskusi agar bisa dicarikan solusinya.

4. Lengkap Atau Kosong

Yang tidak boleh dilewatkan adalah, apakah apartemen tersebut Anda sewa dalam kondisi kosong sehingga perlu diisi sendiri dengan furniture atau sudah termasuk semua perabotan yang ada di dalamnya.
Akan lebih menguntungkan ketika Anda menyewa lengkap dengan isinya, jadi tak perlu biaya tambahan lagi untuk membeli perabotan

5. Cek Surat Perjanjian

Ketika Anda sudah mantap ingin menyewa satu unit apartemen di Bali, jangan lupa untuk mengecek isi perjanjian sewa menyewanya. Jangan sampai Anda menjadi pihak yang dirugikan, akibat tidak teliti saat membaca surat tersebut.

Hal-hal penting yang perlu digaris bawahi adalah, berapa jumlah sewa sesuai lama waktu yang Anda inginkan, kemudian biaya-biaya lain yang perlu dikeluarkan secara rutin setiap bulan juga harus tercantum di dalam surat perjanjian tersebut. Tak lupa, soal fasilitas apa saja yang bisa Anda pakai di lingkungan apartemen, dan mana yang harus berbayar.

Setelah itu, cek juga apakah kerusakan yang nantinya timbul pada unit apartemen sewaan Anda akan dibebankan renovasinya kepada pemilik atau pengguna. Jadi, kesiapsiagaan Anda menyisihkan dana akan lebih tepat guna. Terakhir adalah ketentuan tambahan dan kemungkinan yang bisa saja terjadi selama Anda menyewa.

Misalnya, apa yang akan terjadi pada Anda jika dalam rentang sewa pemilik ternyata ingin menjual apartemen tersebut. Kemudian bagaimana jika penyewa merusak fasilitas, apa sanksi yang akan diberikan pemilik. Termasuk juga jaminan keamanan dan kenyamanan Anda selama berada di sana nanti.

Berbekal pengecekan yang lengkap di atas, Anda akan mendapatkan satu unit apartemen di Bali dengan kondisi sesuai yang diinginkan. Sehingga akan memaksimalkan kepuasan Anda menetap di daerah tersebut, tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan dan tanpa harus mengalami kerugian baik secara finansial maupun kerugian lainnya.

Leave a Comment

whatsapp Office
whatsapp Rent Apartment