fbpx

Cara Menciptakan Ruang Kerja Bersama yang Nyaman

 In Article

Cara Menciptakan Ruang Kerja Bersama yang NyamanCoworking space jadi pilihan menarik akhir-akhir ini utamanya ketika banyak startup menjamur ditambah masa pandemi. Namun, dengan banyaknya jumlah ruang kerja bersama, tidak mudah untuk menemukan tempat yang tepat dengan suasana mendukung untuk bekerja.

Untungnya coworking space punya satu keunggulan utama yaitu fleksibilitas. Jadi, tidak sama seperti kantor pada umumnya, bisnis ruang kerja bersama cenderung ke arah desain yang inovatif dan gesit. Hal ini memungkinkan setiap industri atau pekerja bisa menyesuaikan lingkungan dengan kebutuhan spesifik mereka. Jika kalian tertarik dengan bisnis ini, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menciptakan ruang kerja bersama yang nyaman.

Cara Menciptakan Ruang Kerja Bersama yang Nyaman

Area yang Berkembang

Coworking space yang nyaman baiknya harus fleksibel terhadap keadaan atau perubahan tidak terduga. Kalau sedang memulai bisnis ini, mungkin area yang dibangun untuk ruang kerja bersama tidak terlalu besar. Namun, semakin banyaknya jumlah bekerja dan berkembangnya bisnis, pastikan bahwa area yang tersedia mampu mengantisipasi perubahan ini.

Pun masih memulai bisnis, penting untuk melihat jauh ke depan. Apabila memungkinkan cari tempat yang bisa berkembang, yang mudah diatur, dan nyaman untuk jumlah pekerja banyak maupun sedikit.

Sirkulasi Udara dan Cahaya Baik

Agar ruang kerja nyaman pastikan juga sirkulasi udara dan pencahayaan cukup baik. Hal ini akan meningkatkan kinerja dan menciptakan ruang yang hemat energi, seperti yang ada di coworking space di Argos Coffee TAT. Bangunan yang didominasi kaca atau cermin bisa jadi solusi, karena cahaya alami lebih nyaman dan aman di mata dibanding cahaya dari terang lampu.

Agar pekerja tidak penat, tambahkan taman di sekitar bangunan. Jika lahan cukup luas, buat taman dengan beberapa tempat duduk. View sekitar bisa dimanfaatkan jadi arena untuk memancing ide.

Suasana Tenang

Tenang tidaknya suasana sekitar ruang bekerja bersama juga merupakan kunci coworking space yang aman dan nyaman. Suasana tenang dan tidak berisik adalah kunci utama untuk menarik minat pekerja. Tapi pastikan juga lokasi yang dipilih berada di pusat perkantoran atau bisnis, dan mudah dijangkau oleh calon konsumen. Seperti coworking space di Argos Coffee TAT yang dekat dengan pusat keramaian, membuat akses kemanapun jadi lebih mudah.

Pilihan Ruang yang Beragam

Coworking space yang ideal adalah yang bisa menampung sebagian besar kebutuhan pengguna. Sediakan workstation individu, juga area lebih besar untuk grup yang lebih besar. Dengan cara ini, akan lebih mudah untuk menarik minta calon konsumen karena pilihan yang ditawarkan lebih banyak.

Workstation pribadi sangat berguna untuk pekerja perorangan yang membutuhkan privasi untuk webinar, panggilan telepon, juga pekerjaan sensitif lainnya. Agar efektif, tawarkan workstation ini dengan cara reservasi atau dengan harga khusus, sehingga bagus untuk pemanfaatan ruang.

Atau solusi lain, sediakan juga ruang kolaboratif pribadi yang bisa digunakan untuk grup pekerja. Ruangan ini akan ideal untuk bisnis kecil, perusahaan rintisan, atau kelompok belajar yang butuh ruang pribadi tanpa gangguan untuk bekerja kolektif. Agar tenang, jauhkan ruang kolaboratif pribadi ini dari area kerja utama.

Pilihan Furnitur

Karena mayoritas konsumen coworking space adalah generasi Y, pilihan furnitur akan juga berpengaruh pada minat generasi ini untuk menggunakan layanan ruang kerja bersama yang kalian tawarkan. Bangku terbuka bisa dipilih. Karena di era tablet, smartphone, dan laptop kegunaan untuk kantor berukuran penuh atau meja akan berkurang. Hanya saja sediakan ruang untuk dokumen dan laptop.

Bangku terbuka akan efektif bagi kalian yang memiliki ruang kerja yang terbatas. Jenis kursi ini akan menghilangkan banyak kebutuhan dari perencanaan ruang. Hitung jumlah kursi yang ada dan isi ruang sesuai kebutuhan.

Bentuk ruang dan furnitur yang fleksibel akan membantu para pekerja untuk bekerja dan berkoordinasi secara efektif. Misal, satu perusahaan rintisan memiliki pekerja-pekerja yang punya latar belakang beda tapi memiliki tugas spesifik yang berkaitan. Melihat kondisi ini, coworking space yang tepat diharapkan bisa menciptakan ruang privasi yang mempermudah konsentrasi, namun juga bisa menyediakan area bersama untuk menuangkan semua ide.

Pada dasarnya, ruang kerja bersama harus mengkomunikasikan ruang kerja terbuka dan privat, juga menyeimbangkan pekerjaan masing-masing dengan ketersediaan area kerja yang fleksibel. Furnitur yang multifungsi dengan pengaturan fleksibel akan sangat membantu ruang kerja yang nyaman, aman, dan dinamis.

Leave a Comment

whatsapp Rent Office Space
whatsapp Rent Office Space