fbpx

Cara Menata Ruang Keluarga Yang Mungil Terasa Lebih Luas

 In Article

Cara Menata Ruang Keluarga Yang Mungil Terasa Lebih LuasRuang keluarga adalah salah satu ruangan yang sangat penting keberadaannya di dalam sebuah rumah atau apartemen di bali, karena ruang keluarga menjadi tempat berkumpul semua anggota keluarga, bersenda gurau, menonton televisi dan menghabiskan banyak waktu luang mereka di sana. Jika ruang keluarga di rumah atau apartemen sempit dan berantakan tentu para penghuninya tidak akan merasa nyaman untuk berkumpul dan berlama-lama di ruang keluarga. Untuk mendapatkan ruang keluarga yang terasa lebih luas dan nyaman perlu strategi perencanaan penataan lampu, penataan tata letak furnitur dan dekorasi yang tepat.

Cara Menata Ruang Keluarga Yang Mungil Terasa Lebih Luas

Tips Cara Menata Ruang Keluarga Yang Mungil Terasa Lebih Luas Dan Nyaman

KURSI BERLENGAN (ARM CHAIR) SEBAGAI ALTERNATIF SOFA

Ruang keluarga di sebuah rumah maupun apartemen di bali terasa tidak lengkap jika tidak memiliki tempat duduk sebagai tempat untuk berkumpul bersama keluarga. Jika belum memiliki uang cukup membeli satu set sofa yang harganya relatif mahal, ada alternatif furnitur yang lebih murah dan tidak menghabiskan banyak tempat yaitu dengan menggunakan 2 kursi berlengan (arm chair). Ada berbagai macam corak dan jenis kursi berlengan di pasaran yang bisa kalian pilih, namun harus disesuaikan dengan tema ruang keluarga yang digunakan. Penataan kursi berlengan cukup mudah dengan ditata lurus atau miring kemudian diletakkan menghadap ke rak televisi atau perapian.

GUNAKAN KARPET BERUKURAN BESAR

Tidak banyak orang tahu jika menggunakan karpet yang berukuran besar dan memiliki pola yang berani bisa membuat sebuah ruangan memiliki kesan yang lebih luas. Selain memberikan kesan yang lebih luas, karpet berukuran besar juga dapat melindungi lantai ruang keluarga dari kerusakan ataupun goresan akibat gesekan dengan benda. Maka dari itu pilihlah karpet yang memiliki corak atau pola yang berani, menggunakan bahan yang berkualitas dan cukup tebal.

MANFAATKAN LANGIT-LANGIT YANG TINGGI

Jika ruang keluarga di apartemen di bali masih terasa sempit dan kurang luas, memanfaatkan langit-langit ruang keluarga yang tinggi adalah salah satu solusinya. Agar bisa maksimal memanfaatkan ruang vertikal tersebut, gunakan jendela-jendela yang cukup tinggi ditambahkan dengan gorden atau tirai yang berbahan polos tanpa corak dengan panjang sampai menyentuh lantai sebagai penutup jendela.

MENGGUNAKAN CAT DINDING BERWARNA GELAP

Kombinasi warna yang tepat antara dinding, furnitur dan dekorasi lainnya akan membuat kesan ruangan yang indah dan menawan. Penggunaan warna cat dinding yang gelap dan mengkilap mampu membuat kesan ruangan lebih luas dan menjadi latar belakang yang paling tepat untuk menonjolkan benda-benda atau furnitur yang berwarna-warni sebagai pengisi dekorasi ruang keluarga.

BERIKAN RUANG DI SEKELILING FURNITUR

Banyak orang memiliki persepsi yang salah jika menempelkan furnitur seperti sofa dan rak pada dinding akan membuat ruang menjadi lebih luas. Padahal sebaliknya jika diberikan jarak antara dinding dengan furnitur akan membuat ruangan terlihat lebih luas dari yang sebenarnya. Selain itu pilihlah furnitur yang memiliki ruang pada kaki-kakinya sehingga ruang di area sekitar lantai terkesan lebih lapang.

MENATA RAK PAJANGAN PADA DINDING

Jika kalian membeli atau menyewa apartemen di bali dan melihat ada sudut yang aneh dan kurang menarik di ruang keluarga, kalian bisa menambahkan rak yang menempel di dinding untuk meletakkan buku-buku atau sebagai pajangan barang-barang kesayangan kalian. Berikan ruang yang cukup di bawah rak untuk tempat duduk tambahan.

MENAMBAHKAN SEBUAH KURSI GANTUNG

Memiliki sebuah kursi gantung atau kursi ayun di sebuah ruang tentu sangat menyenangkan dan saat ini sedang menjadi favorit furnitur untuk dekorasi interior. Lebih penting lagi, kursi gantung bisa menjadi penyelamat ruang keluarga yang sempit, karena kursi gantung tidak menghabiskan banyak ruang di lantai sehingga ruang di area sekitar lantai terkesan lebih lapang.

MENJADIKAN RUANGAN MULTIFUNGSI

Tidak semua apartemen di bali memiliki jumlah ruangan yang cukup sebagai wadah aktifitas di dalamnya. Untuk mengatasi kekurangan ruang tersebut diperlukan ide kreatif untuk bisa menggabungkan beberapa fungsi ruang terpisah ke dalam satu ruang keluarga. Secara umum ruang-ruang yang bisa digabungkan dengan ruang keluarga antara lain, ruang tamu, ruang kerja dan ruang belajar.

MAKSIMALKAN CAHAYA MATAHARI

Jika ruang keluarga bisa disinari penuh oleh cahaya matahari jangan halangi dengan tirai gelap karena akan membuat kesan ruangan lebih sempit. Biarkan cahaya matahari masuk dengan maksimal agar bisa membuat ruangan terasa lebih lapang dan nyaman. Meskipun tidak memiliki jendela berukuran besar dapat diatasi dengan menggunakan warna-warna cerah untuk memantulkan cahaya matahari keseluruh ruangan.

Semoga artikel cara menata ruang keluarga yang mungil terasa lebih luas ini bisa menginspirasi buat kalian yang memiliki apartemen di bali.

Leave a Comment

whatsapp Office
whatsapp Rent Apartment