fbpx

Cara Bekerja Bersama yang Baik di Coworking Space

 In Article

Cara Bekerja Bersama yang Baik di Coworking Space – Melakukan aktivitas kerja di ruang kerja bersama merupakan sesuatu hal yang menyenangkan. Hal ini tidak berbeda dengan suasana perkantoran pada umumnya, namun tentunya lebih rileks. Belum lagi, setiap orang di dalam ruangan tersebut belum tentu bekerja di bidang yang sama. Karena itu pengalamannya pasti terasa sangat baru.

Cara Bekerja Bersama yang Baik di Coworking Space

Anda perlu memahami bahwa ruang kerja komunal seperti ini mampu mendorong individu untuk semakin maju di kariernya. Sayangnya ruang semacam ini tidak selalu efektif mendukung kinerja seseorang. Ada juga yang tidak memperoleh keuntungan dari bekerja di setting tersebut.

Bagaimana Cara Bekerja dengan Baik di Coworking Space?

Apakah yang harus Anda lakukan untuk mendapatkan hasil memuaskan dari keputusan untuk menggunakan coworking space? Berikut ini merupakan beberapa cara untuk bekerja dengan baik di ruang ini:

1. Menjaga kebersihan ruang personal Anda

Di sebuah coworking space, setiap orang akan memiliki ruangan tempatnya bekerja sendiri. Sangat penting untuk menjaga kebersihan ruang kerja personal setiap harinya meskipun ada petugas kebersihan yang bertanggung jawab. Kebersihan juga mencakup kerapian dari tempat kerja pribadi Anda. Sebuah meja kerja yang berantakan akan merusak estetika coworking space secara keseluruhan.

Untuk menjaga kebersihan Anda perlu:

● Merapikan meja setiap selesai bekerja.

● Menyiapkan alat kebersihan sederhana seperti tisu basah, tisu, tempat sampah, dan sapu kecil di dekat meja.

● Membersihkan setiap kali ada kotoran.

● Membeli organizer seperti lemari kecil maupun folder untuk menyimpan dokumen.

2. Melaporkan jika kebutuhan kantor semakin menipis

Di sebuah coworking space, kebutuhan kantor menjadi milik bersama. Hal ini termasuk printer dan peralatan lainnya. Ketika kebutuhan kantor menipis, tentunya pekerjaan orang lain akan terhambat. Sebagai pengguna coworking space yang bertanggung jawab, Anda harus melapor ke manajer atau pengelola ketika kebutuhan tersebut mulai terlihat menipis agar orang lain yang menggunakan tidak kesulitan.

3. Berinteraksi dengan individu lain di ruang kerja bersama dengan baik

Sangat disayangkan jika bekerja di sebuah coworking space namun tidak memanfaatkan situasi melting pot tersebut. Di sana ada banyak profesi yang bekerja di satu tempat. Kepribadian dan pengalaman mereka pun beragam. Anda perlu menjalin interaksi baik dengan pekerja lain di kantor tersebut. Interaksi sosial yang baik akan membuat atmosfer bekerja lebih nyaman. Bisa jadi Anda juga akan menemukan teman dekat maupun kolega baru saat bekerja di ruang ini.

4. Meminimalisir suara yang Anda buat

Satu hal yang penting untuk dipahami oleh orang yang bekerja di sebuah ruang kerja bersama: tidak membuat gaduh saat bekerja. Di jam kerja, kebanyakan orang membutuhkan ketenangan untuk dapat berkonsentrasi dengan tugas yang dikerjakannya. Setiap orang harus berusaha untuk tidak menimbulkan suara-suara yang tidak perlu.

Anda dapat melakukan hal-hal berikut:

● Memastikan bahwa smartphone dalam keadaan mute.

● Menggunakan headset untuk mendengarkan musik saat bekerja.

● Menggunakan suara pelan jika berbicara dengan orang lain di dalam ruangan.

● Melakukan conference call di luar coworking space atau menggunakan private room.

5. Menggunakan ruang yang tepat untuk melakukan aktivitas tertentu

Sebuah hal yang membuat bekerja di coworking space nyaman adalah karena di sana orang-orang melakukan hal yang seharusnya dilakukan, yaitu bekerja. Di coworking space, Anda perlu melakukan hal yang tepat di tempat yang disediakan. Sebagai contoh, sangat tidak dianjurkan untuk makan besar di meja kerja Anda. Selain berisiko kotor, baunya juga bisa mengganggu orang lain yang bekerja di dekat Anda.

Coworking Space di The Ambengan Tenten

Di The Ambengan Tenten, coworking space memang didesain hanya untuk bekerja. Namun, ada fasilitas penunjang lain seperti coffee shop, conference room, ruang outdoor, dan ruang rekreasi. Ketika Anda memiliki sebuah coworking space, Anda harus fokus pada fasilitas penunjang tersebut. Tanpa fasilitas yang memadai, mungkin akan sulit untuk mengikuti tips-tips di atas.

Bekerja di sebuah ruang kerja bersama merupakan pengalaman yang menyenangkan, sekaligus menantang. Anda harus beradaptasi di lingkungan tersebut dengan cepat. Anda harus menerapkan etika bekerja yang baik di ruang umum. Selain itu, pemilihan fasilitas ruangan juga penting. Tapi yakinlah jika banyak manfaat yang bisa diperoleh dari bekerja di tempat semacam ini.

Leave a Comment

whatsapp Rent Office Space
whatsapp Rent Office Space