fbpx

Bagi Start Up : Pilih Coworking Space atau Virtual Office

 In Article

Bagi Start Up : Pilih Coworking Space atau Virtual Office – Kantor memang menjadi kebutuhan utama setiap perusahaan sebagai pusat operasi bisnis. Namun tidak semua perusahaan, terutama perusahaan start-up, mampu membeli atau menyewa kantor. Hal ini berkaitan dengan biaya sewa kantor yang tidak murah dan membutuhkan anggaran yang besar. Untuk menyiasati masalah ini, sekarang sudah banyak tersedia coworking space dan virtual office yang cocok untuk perusahaan start-up.

Coworking space dan virtual office adalah layanan sewa kantor dengan biaya efisien namun sama-sama memberikan keuntungan bagi perusahaan start-up. Dua jenis kantor ini mempunyai fasilitas yang berbeda meski secara umum terlihat sama. Lantas, perusahaan start-up sebaiknya memilih coworking space atau virtual office?

Bagi Start Up : Pilih Coworking Space atau Virtual Office

Keuntungan coworking space

Coworking space adalah ruang kantor yang digunakan secara be4x rsama-sama. Ruang kantor ini mempunyai fasilitas kantor seperti meja, kursi, internet, ruang meeting, dan sebagainya. Uniknya coworking space bisa disewa siapa saja dan digunakan secara bersama-sama. Beberapa tahun terakhir, coworking space ini menjadi kantor ideal para freelancer, pelaku start-up, pekerja remote, dan siapa saja yang membutuhkan ruang bekerja ekonomis.
Biasanya coworking space ini disewakan secara individu ataupun berkelompok dengan sistem sewa harian atau bulanan. Berikut ini beberapa keuntungan coworking space.

Memperluas relasi – karena coworking space digunakan secara bersama-sama oleh lintas profesi, peluang mendapatkan relasi yang lebih luas sangat besar. Anda bisa bertemu dengan pekerja dengan profesi yang berbeda untuk membantu mengembangkan bisnis. Intensitas bertemu dan diskusi dengan orang berprofesi berbeda sangat tinggi di coworking space. Sehingga tempat ini cocok bagi anda yang ingin memperluas relasi.

Biaya sewa murah – dibanding dengan menyewa ruang kantor, menyewa coworking space tentu lebih murah. Fasilitas yang didapatpun relatif sama dengan kantor pada umumnya. Anda bisa memilih paket sewa coworking space harian, mingguan, atau bulanan sesuai dengan kebutuhan.

Lingkungan positif – lingkungan kerja di coworking space ini positif. Semua orang berorientasi pada pekerjaan masing-masing. Anda tidak akan menemukan orang yang sekedar datang, duduk, dan bergosip saja karena semuanya pasti sibuk dengan pekerjaan masing-masing. Sehingga anda pun akan lebih termotivasi untuk bekerja dengan baik pula.

Keuntungan virtual office

Serupa tapi tak sama, virtual office juga menawarkan sewa kantor dengan biaya terjangkau. Hanya saja virtual office hanya menyediakan alamat kantor untuk keperluan korespondensi dan pengurusan perizinan perusahaan. Bila menyewa virtual office anda tidak perlu datang ke kantor dan bisa bekerja dari mana saja.

Meski begitu, virtual office tetap mempunyai gedung kantor utama yang bisa digunakan untuk meeting dengan klien. Berikut ini beberapa keuntungan menyewa virtual office.

Biaya lebih hemat – biaya sewa virtual office lebih murah karena anda hanya mendapatkan alamat kantor untuk keperluan korespondensi bisnis. Anda tidak perlu pusing masalah operasional kantor seperti biaya listrik, air, dan sejenisnya. Hal ini tentu lebih menghemat biaya operasional perusahaan.

Lebih produktif – karena anda bisa bekerja dari mana saja, menyewa virtual office akan membuat anda lebih produktif. Anda bisa bekerja dari rumah atau tempat lain yang sesuai dengan pekerjaan. Anda juga tidak perlu lagi pergi ke kantor seperti kebanyakan orang dan bisa menghemat waktu perjalanan.

Lokasi yang strategis – virtual office biasanya beralamatkan di perkantoran yang strategis. Lokasi perusahaan yang strategis tentu akan meningkatkan peluang bisnis anda.

Citra perusahaan – mempunyai perusahaan dengan alamat kantor yang bonafide tentu akan meningkatkan citra perusahaan. Kini klien akan lebih percaya dengan perusahaan anda karena alamat kantor yang strategis.
Coworking space atau virtual office?

Pemilihan coworking space atau virtual office tentu tidak mudah. Namun sebaiknya didasarkan pada kebutuhan bisnis anda. Bila anda hanya butuh alamat kantor bergengsi dan bisa bekerja darimana saja, virtual office bisa menjadi pilihan yang tepat. Namun bila anda ingin memperluas relasi dan bekerja di tempat yang kondusif, tentu coworking space menjadi pilihan yang lebih baik. Baik coworking space dan virtual office mempunyai keuntungan yang berbeda, namun secara umum menyuguhkan fasilitas kantor yang sama.

Leave a Comment

whatsapp Rent Office Space
whatsapp Rent Office Space