fbpx

7 Tips Mendesain Interior Coffee Shop Di Dalam Lingkungan Apartemen

 In Article

7 Tips Mendesain Interior Coffee Shop Di Dalam Lingkungan Apartemen – Kopi menjadi salah satu komponen terpenting dalam kehidupan masyarakat saat ini diberbagai kalangan. Mulai dari yang muda hingga yang tua. Ada yang menikmati kopi untuk bersantai-santai ada juga yang menikmati kopi untuk menghilangkan rasa kantuk dan menemani menjalankan aktifitas masing-masing individu. Evolusi dan modifikasi minuman kopi juga semakin berkembang dan bervariasi, dari yang hanya dikenal dengan rasa yang pahit hingga kini rasa-rasa minuman kopi memiliki banyak varian seperti kopi pandan, kopi caramel, kopi regal, dan lain sebagainya.

Para pebisnis pun melihat hal ini menjadi peluang bisnis yang meraup keuntungan yang besar. Mereka mulai membangun bisnis minuman kopi dengan menyediakan tempat yang berkonsep menarik dan harga kopi yang terjangkau yang biasa. Kita kenal dengan sebutan coffee shop. Coffee shop telah menjamur di berbagai daerah dan sangat mudah dijangkau. Hampir disetiap daerah terdapat coffee shop dengan desain yang menarik perhatian para pengunjung, seperti, perpaduan warna yang cocok, fasilitas yang memadai, dan furniture atau hiasan yang unik dan sesuai konsep.

7 Tips Mendesain Interior Coffee Shop Di Dalam Lingkungan Apartemen

Seiring berkembangnya zaman, coffee shop berkembang menjadi tempat yang multi fungsi, yang awalnya hanya untuk bersantai dan menghabiskan waktu bersama teman-teman hingga kini bisa menyediakan working space untuk meeting dan mengadakan event. Umumnya, kegiatan meeting dan membuat event dilakukan di ballroom dan multi function room pada hotel. Namun, untuk kesan nyaman dan santai acara-acara formal bisa dilakukan di coffee shop, baik itu di dalam coffee shop-nya sendiri atau di dalam coffee shop yang ada di dalam hotel dan apartemen.

Mungkin masih jarang apartemen yang menyediakan coffee shop sebagai fasilitas utamanya, namun pasti tak sedikit para pemilik apartemen yang ingin membuat tamu yang menginap di apartemen di Bali menjadi lebih nyaman dan bisa mengerjakan pekerjaan di coffee shop namun masih bingung untuk mendesain interior coffee shop di dalam lingkungan apartemen yang menarik. Berikut 7 tips untuk mendesain coffee shop di dalam lingkungan apartemen:

7 Tips Mendesain Interior Coffee Shop Di Dalam Lingkungan Apartemen

1. Desain yang minimalis

Desain minimalis artinya desain yang mengutamakan subjek untuk menampilkan elemen esensial dan fungsi objek itu sendiri. Semakin minimalis sebuah desain interior maka semakin menarik dan nyaman pula para pengunjung karena mendapat kesan sederhana dan bersih.

2. Menyesuaikan dengan konsep apartemen

Tips kedua adalah tips terpenting dalam mendesain interior coffee shop dalam apartemen. Selain memberikan kesan estetika, hal ini juga sangat penting dalam memberikan kenyamanan bagi para tamu apartemen yang berkunjung dimana mereka akan merasa konsep apartemen dan coffee shop senada. Misalnya jika apartemen di Bali memiliki konsep summer dan memiliki pemandangan pantai maka konsep coffee shop apartemen di bali akan menyesuaikan dengan konsep summer dan memilih tata letak di apartemen yang menghadap ke pantai agar lebih menarik.

3. Pemilihan furniture

Pemilihan furniture bukan hanya tentang menyesuaikan dengan konsep coffee shop dan apartemen namun juga harus memperhitungkan fungsi dari furniture tersebut. Jika terlalu banyak furniture yang tidak berguna maka hanya akan menambah kesan ramai dan membuat ruangan menjadi sempit.

4. Mempertimbangkan kualitas dan kuantitas

Kualitas dalam memilih furniture sangat penting untuk dipertimbangkan. Seperti pemilihan sofa, kursi, dan meja, perlu diperhatikan kualitasnya yang efektif untuk menjadi komponen paling penting dalam interior coffee shop. Misalnya pada working space di dalam coffee shop, diperlukan meja panjang yang kokoh dan biasanya berbahan kayu. Pemilihan material yang berkualitas dan akan mendukung kenyamanan para pengunjung coffee shop. Begitupun struktur dari penempatan furniture tersebut menjadi hal yang paling utama untuk menciptakan kenyamanan.

5. Pencahayaan

Pencahayaan menjadi salah satu faktor terpenting dalam interior coffee shop karena akan berpengaruh dalam memberikan suasana nyaman di dalam ruangan. Namun, pencahayaan bukan berarti cahaya yang ada di dalam ruangan harus terang, tetapi harus menyesuaikan dengan konsep coffee shop. Misalnya apartemen di Bali yang konsepnya summer harus memiliki pencahayaan yang terang dan akan lebih baik jika sumber cahaya siang hari langsung dari cahaya matahari. Sedangkan ada pula konsep apartemen berkonsep monokrom dan minimalis akan menggunakan pencahayaan lampu kuning untuk menambahkan kesan hangat dan sederhana.

6. Menampilkan ide-ide desain sesuai idealisme pribadi

Pastinya pemilik apatemen dengan coffee shop ingin menuangkan idealismenya ke dalam hal yang ingin ia bangun. Maka dari itu, penuangan ide sesuai idealis seorang individu juga diperlukan untuk memberi ciri khas dalam suatu tempat.

7. Penataan jendela

Tips yang terakhir yaitu penataan jendela yang sangat berpengaruh dalam ruangan. Untuk memberikan kesan luas biasanya pemilihan jendela adalah bentuk yang memanjang keatas sehingga menampilkan kesan luas. Pemilihan jendela seperti ini cukup efektif jika ruangan coffee shop tidak terlalu luas.

Tips-tips diatas adalah suatu strategi untuk meningkatkan fasilitas di apartemen dengan memanfaatkan trend saat ini yaitu membuat coffee shop di dalam lingkungan apartemen dengan konsep yang menarik.

Leave a Comment

whatsapp Rent Office Space
whatsapp Rent Apartment