fbpx

Gaya Interior Scandinavian Yang Indah Dan Bersih

 In Article

Gaya Interior Scandinavian Yang Indah Dan Bersih – Selain konsep gaya interior industrial, satu lagi gaya interior yang saat ini sangat populer dan menjadi favorit bukan hanya di Indonesia tapi juga di negara-negara barat. Gaya interior tersebut adalah gaya interior scandinavian. Kelebihan penampilan ruang yang sederhana, bersih dan rapi menjadikan gaya scandinavian menjadi favorit saat ini untuk dekorasi interior rumah tinggal, restoran, cafe dan juga untuk ruang kerja bagi yang sewa kantor di bali.

Scandinavian merupakan semenanjung di Eropa yang wilayahnya terdiri dari beberapa negara, yaitu Norwegia, Denmark, Islandia, Svalbard, Greenland, Finlandia dan Swedia. Negara-negara ini kemudian disebut dengan negara Nordik. Jadi gaya scandinavian juga sering disebut dengan gaya nordik. Gaya scandinavian ini lebih fokus menghasilkan produk yang fungsional, berkualitas dan tahan lama tanpa menghilangkan nilai keindahan dan estetikanya.

Gaya Interior Scandinavian Yang Indah Dan Bersih

SEJARAH GAYA INTERIOR SCANDINAVIAN

Gaya interior scandinavian mulai populer pada tahun 1950, bermula saat gaya scandinavian diperkenalkan pada pameran-pameran di wilayah Amerika Serikat dan Kanada. Para arsitek scandinavian kala itu memperkenalkan gaya desain yang terinspirasi dari gaya hidup orang-orang scandinavian yang mengutamakan keindahan, kebersihan, kesederhanaan, mudah diakses dan tersedia untuk semua kalangan.

Seringnya gaya interior scandinavian dipamerkan pada ekshibisi-ekshibisi akhirnya membuat gaya interior scandinavian banyak dikenal dan mulai populer di benua Amerika. Selain karena terinspirasi dari gaya hidup orang scandinavian, gaya ini memprioritaskan pada fungsionalitas, tahan lama, efisien, tanpa menghilangkan keindahan dan estetikanya. Prinsip-prinsip gaya interior scandinavian ini memiliki kemiripan dengan prinsip-prinsip gaya minimalis, sehingga gaya interior scandinavian bisa lebih cepat diterima oleh masyarakat. Buat kalian yang berencana sewa kantor di bali dan menyukai gaya hidup orang scandinavian pasti sangat cocok dengan gaya interior ini.

Beberapa tokoh yang berkontribusi mempopulerkan gaya scandinavian ini antara lain Alvar Aalto, Arne Jacobsen, Borge Mogensen, Hans J. Wegner, Verner Panton, Poul Henningsen dan Maija Isola.

KARAKTERISTIK GAYA INTERIOR SCANDINAVIAN

Gaya Interior Scandinavian Banyak Menggunakan Warna-Warna Netral Yang Mendominasi

Bila memasuki ruangan dengan gaya interior scandinavian maka kalian akan disambut hangat oleh warna-warna terang, lembut dan bersifat netral. Warna yang paling dominan digunakan pada gaya scandinavian adalah warna putih, biasanya diaplikasi pada lapisan cat dinding. Selain warna putih, warna-warna netral yang sering digunakan seperti warna abu-abu dan krem. Kemudian warna-warna netral tersebut dikombinasikan dengan warna-warna pastel sebagai aksen. Pilihan warna-warna netral sebagai dominasi bertujuan untuk membuat kesan ruang yang yang lebih luas, cerah dan nyaman. Warna yang bersih dan rapi sangat cocok untuk ruang kerja kalian yang sewa kantor di bali.

Penekanan Pada Fungsi Dan Nilai Estetika

Gaya interior scandinavian mengutamakan fungsi untuk memberikan kenyamanan bagi orang-orang yang beraktivitas di dalamnya, sehingga penataan ruang dan furnitur dibuat agar ada kemudahan sirkulasi orang maupun barang, membuat kesan ruang yang lebih terbuka dan rapi. Gaya interior scandinavian ini sangat sesuai untuk kalian yang sewa kantor di bali dan perlu suasana yang nyaman untuk bekerja.

Identik Dengan Penggunaan Material Kayu

Gaya interior scandinavian tidak bisa lepas dengan penggunaan material kayu. Material kayu biasanya diaplikasikan pada lantai, langit-langit, hingga furnitur. Material kayu pada lantai dan langit-langit lebih sering dibiarkan tanpa finishing untuk mendapatkan kesan natural, namun sering juga diberikan finishing white washed untuk membuat kesan kayu yang sudah lama dan tidak dominan.

Furnitur Yang Sederhana Dan Minim Ornamen

Furnitur gaya interior scandinavian lebih mengutamakan kegunaannya sehingga bentuk-bentuk furniturnya menggunakan geometri sederhana dan minim ornamen atau detail. Bahan-bahan yang digunakan merupakan bahan pilihan yang berkualitas tinggi dan tahan lama. Meski terkesan sederhana dan minimalis, namun furnitur gaya scandinavian termasuk furnitur modern dan memiliki nilai estetika yang tinggi.

Memasukkan Unsur Alam Ke Dalam Ruangan

Gaya interior scandinavian selalu identik dengan adanya unsur alam di dalam ruangan, hal ini terjadi karena orang-orang scandinavian sangat mencintai alam. Awal mula mereka memasukkan unsur alam ke dalam ruangan, karena pada musim dingin mereka tidak bisa menikmati alam di luar rumah. Unsur alam itu bisa berupa tanaman-tanaman hias yang diletakkan di sudut-sudut ruangan, di meja maupun digantung di dinding. Selain dapat menambah kesan alami, penambahan pohon di dalam ruangan juga mampu menciptakan suasana ruangan yang segar dan nyaman.

Gaya Interior Scandinavian Yang Ramah Lingkungan

Gaya interior scandinavian terkenal ramah lingkungan, hal itu terlihat dari penggunaan jendela-jendela yang berukuran besar untuk memanfaatkan cahaya matahari secara maksimal menyinari ruangan-ruangan pada siang hari, sehingga bisa menghemat penggunaan energi listrik.

Semoga artikel gaya interior scandinavian ini bisa menginspirasi buat kalian yang akan memulai bisnis dan berencana untuk sewa kantor di bali. Nantikan artikel-artikel kami selanjutnya yang tentunya akan tetap menarik dan bisa menambah wawasan kalian tentang dunia arsitektur dan interior.

Leave a Comment

whatsapp Office
whatsapp Rent Apartment