Tips Bergaul & Bersosial Di Denpasar Bali

 In Article

Tips Bergaul & Bersosial Di Denpasar Bali | theambengantenten.com – Hidup ini rasanya tidak indah kalau tidak dihiasi dengan sesuatu yang baru. Apalagi ketika kamu sudah memutuskan akan merantau ke Denpasar Bali untuk meraih masa depan tentu saja hidupmu akan dihiasi oleh hal-hal baru, salah satunya adalah lingkungan baru.

Merantau memang adalah proses untuk kamu membenahi diri. Apabila kamu sudah memiliki tekad yang bulat, pantang rasanya jika kamu harus mundur meskipun hanya selangkah.

Kehidupan manusia memang tidak selalu berjalan konstan. Terkadang kamu pun harus bersiap diri untuk menghadapi hal-hal baru yang mungkin sebelumnya belum pernah terpikir di benakmu.

Tentu bukan hal yang mudah untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan baru. Karena adanya perbedaan budaya, bahasa, serta tipe-tipe orangnya. Untuk itu, The Ambengan Tenten kali ini akan membagikan tips untuk memulai pergaulan di Denpasar Bali bagi para perantau. Apa saja tipsnya?

1. Menata Diri

Hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah menata diri. Mengapa demikian? Karena secara fisik, jika lingkungan barumu membutuhkan persiapan ekstra, maka persiapan fisik lah yang terpenting.

Jika lingkungan barumu sangat menghargai intelektualitas, persiapkan pula hal itu. Atau apabila lingkungan barumu terlihat sangat religius, maka ada baiknya kamu juga memilah kembali baju yang akan kamu kenakan di sana agar terlihat lebih sesuai dan dapat diterima oleh masyarakat sekitar.

2. Jangan Asal Memberikan Perspektif

Tak jarang ketika kamu masuk ke sebuah lingkungan baru, tentu kamu akan berpersepsi sendiri. Contohnya ketika kamu baru pertama kali masuk ke sebuah kampus, pasti kamu pernah jadi menebak-nebak bahwa kampus tersebut bagus atau kampus tersebut jelek, dan lainnya.

Hal tersebut tentu dialami oleh semua orang, namun hal yang kamu tebak-tebak sendiri biasanya kenyataannya tidak seperti itu. Karena itu belajarlah untuk tidak langsung berprasangka jika kamu belum mencari tahu tentang lingkungan baru tersebut.

3. Mulai Untuk Beradaptasi

Seniat apapun persiapan yang telah kamu lakukan, tentu niat untuk beradaptasi dengan lingkungan baru adalah hal yang utama. Sebagaimana kata pepatah “dimana ada niat disitulah ada jalan”, begitu pula yang harus kamu lakukan ketika ingin memulai pergaulan di lingkungan baru.

Perlu kamu ingat bahwa lingkungan ini terus berubah, maka kamu pun juga perlu mengikuti perubahan agar tidak terkena seleksi alam. Jangan takut ditolak karena tantangan akan selalu ada di setiap lingkungan baru yang kamu masuki.

4. Biasakan Untuk Memulai Sebuah Percakapan

Salah satu cara agar bisa mengakrabkan diri dengan lingkungan baru tentu dengan sering-sering berbicara antara satu sama lain di lingkungan tersebut bukan? Untuk itu mulailah menjadi pribadi yang ramah meskipun dengan orang yang baru kamu temui sekalipun.

Dengan membuka pembicaraan terlebih dahulu secara tidak langsung menandakan bahwa kamu adalah pribadi yg hangat dan terbuka terhadap lingkungan baru. Dan pastinya biasakan pula untuk rajin tersenyum kepada orang-orang baru, hal ini dilakukan agar orang pun tertarik untuk dekat dan akrab denganmu.

5. Miliki Rasa Ingin Tahu

Rasa ingin tahu ternyata juga cukup penting dalam memulai pergaulan di lingkungan baru. Mengapa demikian? Karena apabila dari awal saja kamu sudah tidak memiliki rasa ingin tahu terhadap suatu hal, bukan tidak mungkin kamu pun juga akan malas untuk mengerjakan apa pun bukan?

Rasa ingin tahu memang secara tidak langsung memotivasi kita untuk mengeksplorasi kemampuan kita lebih dalam.

6. Jangan Malu Untuk Bertanya

Mungkin kamu sudah pernah mendengar pepatah yang mengatakan bahwa “malu bertanya sesat dijalan”, ternyata pepatah yang satu ini cukup benar adanya. Segeralah bertanya jika ada sesuatu yang sekiranya dirasa masih kurang jelas.

7. Persiapkan Mental

Tanamanlah di dalam diri kamu bahwa kamu adalah orang baru yang harus berlaku baik supaya bisa diterima oleh masyarakat. Kamu tak perlu segan untuk menyapa orang baru, kamu pun tak perlu ragu pula untuk bertanya. Jangan merasa rendah diri, ingatlah bahwa kamu juga memiliki kelebihan layaknya manusia lainnya.

8. Pahami Budaya dan Aturan di Lingkungan Baru

Dimana pun kamu berada, tentu kamu akan menemukan yang namanya peraturan bukan? Karena sebebas-bebasnya suatu lingkungan, pastilah terikat oleh yang namanya aturan. Peraturan adalah mutlak dan diperlukan agar kehidupan dalam lingkungan dapat berjalan teratur.

Oleh karena itu, kamu pun harus bisa mengikuti peraturan yang ada di lingkungan baru kamu nantinya. Baik peraturan yang sifatnya tertulis, maupun peraturan tidak tertulis tapi bersifat mengikat. Di awal mungkin kamu akan merasa canggung, namun lama kelamaan kamu akan mulai terbiasa.

9. Open Minded

Sebagai orang baru di suatu lingkungan, tentu kamu membutuhkan banyak bantuan dan informasi dari orang-orang yang ada di lingkungan tersebut. Untuk itu belajarlah untuk menerima kritik dan saran orang lain agar bisa lebih akrab dengan lingkungan baru.

10. Mintalah Penilaian dari Orang-orang di Sekitar Kita

Cobalah untuk belajar meminta penilaian terhadap apa yang sudah kita lakukan. Agar nantinya ketika kamu memiliki kesalahan dalam cara beradaptasi, diskusikanlah dengan orang lain untuk mendapatkan solusinya.

Nah, itu adalah 10 tips memulai pergaulan di Denpasar Bali bagi kamu yang perantau. Semoga bermanfaat bagi kalian yang baru saja memulai kehidupan baru di Denpasar Bali! Jangan lupa untuk selalu berkunjung ke situs The Ambengan Tenten untuk mendapatkan informasi ter-update dan menarik seputar Denpasar Bali.

Sumber: https://mamikos.com/info/tips-memulai-pergaulan-di-lingkungan-baru/

Leave a Comment

Office whatsapp
whatsapp × Apartment