Tips Agar Bekerja Lebih Fokus & Produktif

 In Article

Tips Agar Bekerja Lebih Fokus & Produktif | theambengantenten.com – Dalam dunia yang serba cepat seperti sekarang ini kamu diminta untuk mengerjakan banyak hal dalam waktu yang terbatas dan disaat yang bersamaan. Sementara mesin dapat melakukannya dengan cukup baik, manusia di sisi lain tidak dirancang untuk melakukan hal ini. Otak kita terbatas untuk berfokus kepada beberapa hal saja dalam waktu yang relatif singkat.

Bos, teman kerja dan bahkan diri kamu sendiri akan terus menambahkan tugas ke dalam keranjang kamu. Hanya butuh beberapa waktu saja sampai kamu menemukan diri mengerjakan beberapa hal sekaligus dan saat semuanya menagih, tidak ada yang selesai dan kamu menjadi frustasi. Kefrustrasian ini akan terus bertumpuk baik disadari atau tidak disadari dan dalam perjalanannya energi dan waktu kamu akan terus terkuras.

Kamu perlu menjaga fokus kamu tetap tajam dan menyelesaikan hal-hal terpenting. Tujuan utama dari produktivitas bukanlah mengerjakan semua tugas yang diserahkan kepada kamu, namun menyelesaikan hal yang paling penting dan menjaga energi, fokus dan waktu kamu tetap prima dalam perjalanannya.

1. Blok Semuanya

Setelah kamu memutuskan prioritas kamu dan mulai mengerjakan hal yang terpenting maka blok semuanya. Katakan tidak pada Facebook, YouTube, dan Netflix. Balikkan smartphone kamu sehingga kamu tidak dapat melihat layar, matikan notifikasi email dan smartphone kamu untuk sementara.

Pasang headphone kamu dan mulai mengerjakan. Memasang headphone akan membuat orang lain lebih enggan mengganggu kamu, mereka mungkin akan meninggalkan pesan atau bahkan email yang bisa kamu cek nantinya.

2. Hindari Multitasking

Terdengar keren, terlihat keren, tapi tidak ada hasil yang keren keluar dari multitasking. Buat prioritas kamu di awal hari dan fokus kerjakan. Ketika tugas baru masuk, ukur prioritasnya, jika tidak lebih penting maka taruh untuk dikerjakan nanti. Kamu bertanggung jawab untuk menjaga apa yang sudah kamu rencanakan.

3. Meditasi

Salah satu alasan mengapa kamu tidak dapat fokus adalah karena kamu sudah mempunyai begitu banyak pikiran di otak kamu, baik kamu sadari atau tidak.

Meditasi membantu kamu untuk meredakan ketegangan di otak kamu dan setelahnya akan ada lebih banyak ruang di pikiran kamu untuk membantu fokus. Sejujurnya meditasi ini tidak berfungsi langsung terhadap saya, namun setelah dilakukan 5-6 kali saya mulai bisa merasakan manfaatnya.

Saya suka melakukan meditasi terutama ketika leher dan kepala belakang sudah mulai tegang dan pegal, bagi saya itu tanda bahwa saya sedang stres. Meditasi lima menit secara instan mengurangi ketegangan tersebut. Kamu dapat menggunakan video lima menit di bawah untuk membantu kamu meditasi.

4. Suasana Kantor Yang Nyaman

Suasana ruang dalam kantor yang nyaman juga membantu kamu untuk bisa lebih fokus. Kami The Ambengan Tenten menyediakan Private Office Space yang nyaman untuk mendukung situasi kerja kamu dan tim. Juga terdapat coffee shop dimana kamu bisa refreshing untuk menyegarkan kembali pikiran yang kusut.

5. Lakukan Hal yang Terpenting

Sebelum menaruh tangga untuk memanjat, pastikan bangunannya adalah bangunan yang tepat. Kamu tidak ingin mengerjakan sesuatu dengan fokus tinggi namun ternyata bukan tugas yang signifikan bukan? Selalu lakukan pengaturan prioritas tugas sebelum kamu memulai hari kamu.

Sumber: https://id.techinasia.com/bc/cara-meningkatkan-produktivitas-kerja/cara-fokus-kerja.html

Leave a Comment

Office whatsapp
whatsapp × Apartment